Seperti yang kita ketahui, masa kuliah adalah waktu-waktu tersibuk yang dialami remaja berumur 19 tahun. Kehidupan mahasiswa berputar dengan kelas, organisasi, himpunan, club, kerja kelompok, hingga waktu hiburan untuk diri sendiri. Pastinya kita tidak mau masa-masa remaja kita sibuk dengan dunia perkuliahan saja. Untuk itu, penting sekali manajemen waktu bagi mahasiswa.

Apa saja yang kita dapat lakukan untuk mengelola manajemen waktu?. Yang pertama, kita dapat mentukan skala prioritas, hal apa yang paling wajib kita utamakan lebih dulu. Contohnya, kelas dan mengerjakan tugas-tugas. Setelah kita menentukan skala prioritas, alangkah lebih baiknya kita tidak lupa untuk bersosialisasi. Alangkah lebih baiknya, kita bersosialisasi bukan di lingkungan kampus saja melainkan di lingkungan rumah, bersama dengan teman-teman lama, dan sesekali memulai percakapan dengan orang baru. Sosialisasi ini salah satu hal yang penting agar kita tidak terisolasi dan kudet dari peradaban yang sedang berjalan. Banyak teman-teman saya yang sangat sibuk di organisasi sampai lupa untuk bersosialisasi dengan sekitar sehingga ketika dia sudah menyelesaikan pekerjaannya dia menjadi tidak tahu apa-apa yang sedang terjadi sekarang.

Hal yang patut diingat selanjutnya adalah menjaga Kesehatan. Dalam manajemen waktu, tak luput Kesehatan adalah hal yang paling utama dalam kehidupan. Karna apabila sudah sakit karna lupa waktu, hal-hal lain juga bisa ikut terbengkalai. Selanjutnya adalah menyempatkan waktu untuk diri sendiri. Hal ini dapat berupa pergi ke salon, melakukan hobi yang kita suka (baca buku, nonton film, atau mendengarkan music), olahraga, dll. Hal ini sering kita sebut me time. Me time tidak kalah pentingnya dengan hal-hal yang sudah dulu disebutkan karna kita lebih menghargai diri sendiri dan menyempatkan diri kita di kala kesibukan yang ada.

Hal-hal yang sudah disebutkan tersebut penting sekali diingat oleh mahasiswa agar tidak terbengkalai melakukan pekerjaan yang sedang mereka kerjakan. Karna apabila tidak dapat melakukan manajemen waktu dengan baik, maka hal-hal lain yang sama pentingnya dapat terabaikan.