Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe.Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Lidah buaya atau Aloe vera merupakan tanaman yang mengandung beragam nutrisi.

 

Memiliki kulit wajah yang sehat, tentu menjadi idaman bagi semua orang. Sayangnya, ada banyak hal yang tanpa disadari justru bisa merusak kulit wajah kalian, mulai dari factor lingkungan seperti tidak memakai Sunscreen pada saat keluar rumah, tidak memakai Sunscreen keluar rumah akan membuat kulit kita cepat sekali memiliki noda hitam. Sejak dahulu, tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada rambut dan kulit. Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan Kesehatan.

 

Dari banyaknya khasiat yang dimiliki lidah buaya, beberapa orang menjadikannya sebagai bahan produk kecantikan dan Kesehatan seperti sabun, sampo, pelembab badan ataupun krim yang bisa digunakan untuk wajah dan badan. Mari kita mencari tahu lebih lanjut beberapa kandungan Nutrisi yang ada pada lidah buaya :

 

  1. Zat Polisakarida dan Sterol

Lidah buaya memiliki kandungan zat ini yang dapat membantu mempertahankan kelembapan yang ada dikulit kalian. Memiliki kulit yang lembab adalah idaman bagi semua orang, karena memiliki kulit lembab akan mengurangi terjadinya kerutan pada wajah yang disebabkan kurangnya kelembapan.

 

  1. Mineral

Tanaman Lidah Buaya memiliki banyak sekali kandungan mineral di antaranya, Natrium, Kalium, Magnesium, Kalsium, Selenium, Seng, dan Tembaga. Banyak sekali khasiat yang dapat dihasilkan oleh Mineral salah satunya adalah mineral dapat melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV.

 

  1. Vitamin

Selain mineral, ternyata Lidah Buaya juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kulit dan tubuh di antaranya, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin A. Vitamin sangat dibutuhkan untuk kulit kita, vitamin bisa mencegah penuaan dini, mengurangi kulit kering, dan membantu menyamarkan noda hitam di kulit.

 

  1. Enzim

Selain mengandung mineral dan vitamin, lidah buaya juga mengandung enzim yang sangat bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan. Beberapa manfaat yang dihasilkan enzim untuk muka yaitu dapat meningkatkan sirkulasi oksigen, memicu pertumbuhan kolagen pada wajah agar kulit menjadi lebih elastis serta lebih lembab dibandingan sebelumnya.

 

Setelah kita mengetahui beberapa nutrisi yang terkandung pada lidah buaya, selanjutnya kita akan membahas beberapa manfaat yang terkandung pada lidah buaya untuk Kesehatan serta kecantikan kulit. Kalian pasti ingin wajah dan kulit badan yang sehat bukan? Mari kita cari tahu apa saja manfaat lidah buaya, yaitu :

 

  1. Melembabkan Kulit

Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit serta mengurangi kerutan pada wajah yang diakibatkan oleh wajah yang kurang lembab.

 

  1. Membantu Menghaluskan Permukaan Kulit

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat yang membuat kulit terasa lebih sehat.

 

  1. Manfaat Lidah Buaya pada Berbagai Jenis Kulit Wajah

Jenis kulit wajah bermacam-macam, ada jenis kulit normal, kering, berminyak, dan sensitif. Masing-masing jenis kulit memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda, sehingga perlu dirawat dengan cara yang berbeda pula, seperti :

 

  1. Kulit Kering

Orang dengan kulit kering wajib menggunakan pelembap sebagai bagian dari rangkaian perawatan wajah, untuk menghindari iritasi, gatal, perih, atau bahkan jerawat. Gunakan gel lidah buaya ataupun pelembap dengan ekstrak lidah buaya setelah mencuci wajah. Spray wajah yang mengandung gel lidah buaya juga dapat digunakan di tengah hari atau ketika wajah terasa sangat kering.

 

  1. Kulit Normal

Kulit normal memang jarang bermasalah, namun tetap perlu dirawat untuk mencegah kekusaman dan penuaan dini, serta jerawat. Gunakan gel lidah buaya sebagai pelembap. Masker dan serum wajah yang mengandung ekstrak lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kulit normal, agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

 

  1. Kulit Berminyak

Orang yang mempunyai permasalahan kulit berminyak biasanya juga mempunyai permasalahan kulit berjerawat. Hal itu disebabkan karena produksi minyak yang terlalu banyak sehingga menyebabkan tersumbatnya pori pori dan timbulah jerawat pada kulit. Lidah buaya tentunya sangat bisa untuk meredakan jerawat yang ada di wajah kita. Selain meredakan, lidah buaya juga dapat mencegah timbulnya jerawat lainnya.

  1. Kulit Sensitif

Orang yang mempunyai kulit sensitif memang sangat susah untuk merawatnya, mereka dilarang untuk menggunakan produk yang mengandung alcohol atau parfum. Menggunakan produk yang mengandung dua bahan tersebut akan membuat kulit mereka terasa sangat perih dan menyebabkan merah merah pada kulit. Dengan menggunakan lidah buaya secara alami akan membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat penggunaan alcohol ataupun parfum yang terkandung pada skincarenya.

 

Kesehatan wajah adalah hal utama yang harus diperhatikan bagi beberapa orang. Kita dapat memanfaatkan tanaman Lidah Buaya untuk merawat kecantikan. Lidah Buaya memiliki banyak manfaat yang berguna bagi wajah. Tidak hanya Kesehatan wajah, Lidah Buaya pun bisa digunakan untuk Kesehatan rambut dan badan.

 

Selain memiliki kulit wajah yang sehat adalah idaman semua orang, ternyata memiliki rambut yang tebal dan bersinar juga idaman semua orang. Tidak hanya manfaat lidah buaya untuk kulit saja yang banyak, manfaat untuk rambutnya tidak kalah banyak. Beberapa adalah manfaat lidah buaya untuk rambut, di antaranya :

 

  1. Mengurangi Minyak Berlebih Pada Rambut

Bagi orang yang memiliki kulit kepala yang berminyak, lidah buaya sangat cocok untuk digunakan dikulit kepala anda. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit perasan jeruk lemon dengan beberapa sendok gel lidah buaya. Cara itu akan membuat rambut terlihat berkilau serta mengurangi minyak berlebih.

 

  1. Meredakan Gatal Pada Kepala

Kulit kepala yang gatal biasanya disebabkan oleh menumpuknya ketombe pada kulit kepala. Lidah buaya dapat membantu untuk mengurangi permasalahan gatal pada kulit kepala serta dapat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala juga. Caranya dengan cara menggunakan lidah buaya mentah yang baru saja dipotong dan langsung dioleskan ke akar sampai ujung rambut.

 

  1. Mencegah Rambut Rusak Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari di Indonesia terbilang cukup ekstrim, hal ini menyebabkan rambut para orang Indonesia kehilangan warna aslinya akibat paparan sinar matahari. Rambut yang terlalu sering terkena sinar matahari akan terlihat lebih kusam dibandingkan ra,but orang yang jarang terkena matahari. Itu sebabnya para masyarakat berbondong bonding untuk memakai lidah buaya agar warna alami rambut mereka Kembali seperti semula.