Media sosial saat ini sudah menjadi suatu alat yang hampir semua orang punya, dulu yang jika kita ingin membuat akun di media sosial yang rumit sekarang menjadi mudah. Hanya diperlukan smartphone atau laptop dengan jaringan internet dan Anda sudah bisa membuat dan menjelajahi media sosial.

Media sosial saat ini juga memiliki berbagai macam fitur yang beragam. Pada tahun 2012, media sosial bernama youtube, facebook dan Whatsapp mulai populer digunakan oleh banyak orang. Di youtube pengguna bisa membuat video dan mencari video yang sedang tren di dunia. Facebook berbeda dengan youtube, dimana facebook lebih fokus dalam foto. Whatsapp sendiri lebih fokus pada sistem mengirim pesan, foto dan video secara langsung yang fokus utamanya untuk menggantikan SMS.

Dapat kita lihat mulai dari tahun 2012 ini, mulai banyak orang yang mulai berubah bagaimana mereka berkomunikasi dan bermain. Mulai banyak orang yang jarang berkomunikasi secara langsung, karena memilih untuk menggunakan Whatsapp. Anak – anak juga mulai jarang bermain di luar rumah, karena game online mulai berkembang dan semakin banyak yang berada di dalam media sosial ini.

Hasil dari pengaruh media sosial ini menurut saya memberikan beberapa dampak positif, tetapi juga dampak negatif yang seharusnya kita bisa kurangi. Dampak positif dari pengaruh media sosial ini bahwa masyarakat sekarang menjadi lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain dan juga bermain dengan orang lain. tidak ada lagi batasan tempat dan waktu. Seseorang bisa saling berbincang, cerita dan saling bertukar foto atau video walau dia di luar kota atau bahkan di luar negeri.

Dampak negatif pengaruh media sosial ini menurut saya semakin berkurangnya interaksi tatap muka yang menurut saya masih diperlukan, terutama bagi anak kecil dan remaja. Banyak sekali saya lihat anak remaja yang menjadi takut atau gugup ketika bertemu dengan orang lain secara langsung. Anak – anak juga semakin hilang rasa persaudaraannya karena permainan yang dia mainkan tidak melibatkan orang – orang yang dia kenal atau berteman di dunia nyata.

Beberapa solusi yang bisa diterapkan adalah dibutuhkan kesadaran diri dari diri masing – masing saat menggunakan media sosial. Khusus para anak dan remaja, peran orang tua sangat penting dalam mengatur bagaimana anaknya menggunakan media sosial. Coba berikan waktu di mana dia diperbolehkan bermain dengan media sosial dan waktu dimana dia harus berinteraksi secara langsung di dunia nyata dengan teman, keluarga atau saudara.