Musik merupakan hal yang disukai semua orang, hampir tidak mungkin seseorang tidak mendengarkan musik selama hidupnya. Dan uniknya musik sendiri memiliki beberapa manfaat bagi para pendengarnya, dari hasil penelitian para dokter, mendengarkan musik memiliki dampak terhadap kesehatan, dampak tersebut bisa merupakan dampak positif maupun negatif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada beragam manfaat musik untuk kesehatan, seperti menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit. Selain itu, mendengarkan musik yang lembut juga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah hingga melancarkan pernapasan. Sebaliknya bila kita mendengarkan musik yang “keras” ataupun musik yang memiliki lirik negatif, itu akan membuat pikiran kita menjadi semakin kacau, maupun semakin stress, bahkan ada lagu-lagu yang mampu membuat pendengarnya melakukan bunuh diri. Dan kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai dampak positif mendengarkan musik di masa pandemic Covid-19.

Berikut adalah dampak positif mendegarkan musik dari beberapa hasil penelitian:

  1. Musik mampu meningkatkan mood:

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa dengan mendengarkan musik dengan nada yang ceria atau uplifting dapat meningkatkan suasana hati/mood seseorang.

  1. Mengurangi depresi:

Dari penelitian mengenai musik, dikatakan bahwa jika mendengarkan musik bergenre jazz atau klasik, itu memiliki dampak terhadap mengurangi depresi.

  1. Memperkuat daya ingat:

Dalam sebuah tulisan “The cognitive effects of listening to background music on older adults” peneliti menemukan bahwa music membantu dapat membantu orang-orang tua untuk mempertahankan daya ingat mereka.

  1. Mengurangi tingkat stress dan menjaga kesehatan mental:

Para Peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental, seperti dopamine, hormone stress, serotonin dan oksitosin.

Oleh karena itu apabila kita jarang mendengarkan musik entah karena tidak suka atau hal lainnya, mulailah ubah pandangan tersebut karena mendengarkan musik tidak ada salahnya selain banyak pilihan yang enak didengar atau easy listening, musik juga memiliki dampak baik terhadap kesehatan seseorang terutama dari segi psikologis atau mental. Terutama di masa pandemi Covid-19 dimana keadaan dimana-mana semakin sulit, karena lewat mendengarkan musik itu dapat membantu kita dalam melewati beban kehidupan sehari-hari.