Siapa dari kalian yang tidak mengenal ikan tawar ini? Ya, ikan Lele merupakan ikan yang cukup dikenal dikalangan masyarakat, selain dikenal dengan harga yang ekonomis, cara menernakannya juga dikenal lebih mudah dibandingkan ikan-ikan pada umumnya. Selain itu olahan ikan ini juga banyak kita temui di kalangan masyarakat dari mulai warung-warung dipinggir jalan hingga restoran mewah yang mencerminkan sebagai salah satu bisnis ikan yang cukup menguntukan.   

Dalam membudidayakannya ataupun memberi perawatan pada ikan tawar ini, Anda tidak perlu repot, karena dari observasi yang dilakukan oleh para petani, masa panen ikan lele berlangsung secara berkesinambungan setiap hari sehingga dapat dipercaya ketersediaanya dari waktu ke waktu. Bahkan pembudidayaannya bisa dilakukan hanya dengan memakai ember, damber (dalam ember) yang membuktikan mudahnya menernak ikan tersebut. Masa tunggu panennya yang singkat juga memudahkan Anda dalam memutar keuntungannya, maka dari itu sangat memungkinkan untuk berternak ikan lele walaupun dengan skala yang kecil.

Peluang-peluang dari bisnis ikan lele, 

1.    Ternak ikan Lele

Dengan modal yang sedikit Anda bisa membangun perternakan ikan ini. Dalam memulai bisnis ini, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan benih ikan lele. Anda tidak perlu bingung dalam mendapatkan benih ikan lele, karena benihnya dapat ditemukan dengan mudah dipasaran dengan harga yang sangat ekonomis. Perputaran uang dari menernakan lele ini juga tergolong cepat, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menambah kolam dan mengembangkan bisnis ini.

 2.    Membangun Usaha Makanan

Jika anda sudah memiliki ternak lele akan lebih mudah lagi dalam membangun anak bisnisnya, seperti tempat makan dari skala warung di pinggir jalan hingga restoran mewah. Pengolahan dari ikan ini sangat mudah dan beragam. Di mulai dari hanya menggoreng biasa hingga membuat hidangan penutup seperti bolu.

3.    Membangun vendor produk lele kesebuah perusahaan

Dari Ternak ikan lele, kita dapat menjembatani produk agar sampai keperushaan lain. Perusahaan pada umumnya akan membutuhkan sebuah produk dengan kualitas yang baik tetapi tetap ekonomis. Ikan lele merupakan salah satu dari produk tersebut, ikan lele sekarang banyak dijadikan sebagai olahan frozen food, selai, hingga abon yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar.

  4.    Penjualan melalui media sosial atau E-commerce

Dengan maraknya penggunaan media sosial dan belanja online, membuat peluang penjualan ikan lele ini semakin luas dan mudah, Anda dapat menjual dari benih, kebutuhan ternak lele, hingga olahan-olahan lele lainnya, dengan modal yang sedikit, Anda dapat menghasilkan keuntungan yang stabil.  

Menurut Tatang Supriatna dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, usaha ternak lele merupakan bisnis yang berpotensial di kalangan pandemi, bermacam keuntungan yang dapat dihasilakan hanya dari berternak ikan lele. “Terjangkaunya itu, yang menjadikan keuntungan untuk keluarga. Jadi jangan sepelekan lagi pofesi ternak lele apalagi sampai menertawakannya,” ucap Tatang Supriatna dalam seminar daring Minggu (24/1).

Dengan ternak lele Anda dapat merauk keuntungaan Rp1,5 juta – Rp 2,5juta, per kolamnya. Jadi bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ternak lele?