Tahun baru 2022 akan segera tiba. Hal yang penting dilakukan untuk menyambut tahun baru adalah membuat resolusi. Resolusi tahun baru adalah hal yang ingin kita capai di tahun tersebut, misalnya mendapatkan nilai bagus, mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat, traveling ke luar negeri, atau hanya hal sederhana seperti tidur tepat waktu. Namun kebanyakan resolusi tahun baru hanyalah sebuah wacana dan akhirnya tidak terlaksana. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian Journal of Clinic Psychology, University of Scranton yang menunjukkan bahwa 92% orang tidak mampu mencapai resolusi tahun barunya. Nah, gak maukan resolusi tahun baru kalian hanya jadi angan-angan? Oleh sebab itulah penulis punya tips agar resolusi kita bisa terwujud di tahun 2022!

  1. Tulis Resolusi Tahun Baru Kalian!

Meski tampak sederhana, namun menuliskan resolusi tahun baru sebenarnya adalah hal yang sangat penting. Dengan menulis resolusi tahun baru di note book atau post it dan menempelkannya di tempat yang mudah terlihat (misalnya pintu kamar, dinding kamar, dibingkai foto) dapat membuat kita lebih termotivasi untuk mencapai resolusi tersebut. Nah, tapi bukan sembarangan menulis, ya! Kalian bisa menulis resolusi beserta alasan dan tujuan kenapa resolusi tersebut harus terlaksana. Selain itu resolusi paling penting harus ditulis dengan warna mencolok dan font size yang besar. Hal ini akan membantu kita terus mengingat resolusi tersebut dan secara tidak sadar, otak akan memproses dan menyimpannya di memori jangka panjang kita!

  1. Buat Jadwal dan Hapus Kata “Nanti”!

Hal penting selanjutnya agar resolusi tahun baru bisa terwujud adalah dengan membuat jadwal! Yep, membuat jadwal! Dengan membuat jadwal, kita dipaksa untuk mengikuti jadwal tersebut. Jadwal yang dibuat tidak perlu terlalu rinci namun harus dilakukan secepatnya. Agar jadwal bisa diikuti maka “nanti” jadi kata yang haram diucapkan sebab jika kita menunda-nunda melakukan sesuatu maka akan terus berlanjut dan akhirnya tidak terlaksana. Jadi, segera lakukan jadwal tersebut. Misalnya, kita memiliki resolusi tahun 2022 tidak akan begadang dan tidur tepat waktu. Sudah membuat jadwal bahwa pukul 21.00 adalah waktu tidur. Biasanya jika sudah membuat jadwal, otak akan memperingatkan kita sebelum jam tersebut, jadi ketika kalian sudah teringat untuk tidur meski waktu belum menunjukan pukul 21. 00, cepat-cepat menutup ponsel, matikan lampu, dan pejamkan mata!

  1. Ingat Alasan Kenapa Kita Harus Mencapai Resolusi Tahun Baru!

Sering terlupakan, namun sebenarnya mengingat alasan mengapa ingin mencapai resolusi tahun baru itu sama pentingnya dengan membuat jadwal. Kenapa? Karena dengan mengingat alasan awal kenapa resolusi kita harus mencapai resolusi tersebut akan menambah motivasi. Kalau diibaratkan, kita jadi tahu alasan kenapa kita berlari, alasan tersebut akan menjadi bahan bakar supaya kita tidak menyerah di tengah jalan! Jadi alasannya harus kuat.

  1. Lakukan dengan Konsisten!

Kalau sudah menulis resolusi dan membuat jadwal tapi tidak konsisten, maka semuanya akan sia-sia! Konsisten itu adalah kunci dari segala kesuksesan. Ingat kata Rhon Jims, “Disiplin dan konsisten adalah jembatan antara tujuan dan pencapaian.”. Kalau jembatannya tidak kokoh, maka besar kemungkinan kita akan terjatuh dan bisa mencapai tujuan kita! Lakukanlah jadwal dengan konsisten, meski terlihat sepele dan tidak terlihat hasilnya secara instan tapi jika konsisten, di akhir tahun kalian akan lihat perubahan yang besar!

  1. Evaluasi dan Perbaiki!

Evaluasi adalah tahap menilai kinerja yang sudah kita lakukan dalam kurun waktu tertentu. Jadi, kita bisa nih menentukan ingin mengevaluasi aktivitas dalam kurun waktu berapa lama, mingguan atau bulanan. Setelah mengevaluasi aktivitas kita, breakdown menjadi hal yang harus dipertahankan dan hal yang perlu kita perbaiki. Nah, hal yang perlu diperbaiki inilah yang harus dicari solusinya.

 

Itulah 5 tips agar resolusi tahun baru kita bisa terwujud! Selamat tahun baru dan selamat menjadi manusia yang lebih baik di tahun 2022!