Berlibur ke pantai merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bagi kamu yang tidak suka berlibur ke gunung. Indonesia memiliki banyak sekali pantai eksotis yang masih jarang diketahui orang banyak. Pantai – pantai menakjubkan di Indonesia yang akan kita bahas kali ini, adalah pantai yang mempunyai pemandangan serta warna biru laut yang menakjubkan.

Mungkin 5 daftar pantai di Indonesia ini bisa kamu jadikan rekomendasi jika ingin berlibur ke pantai. Kira-kira pantai mana saja ya? Berikut daftar 5 pantai yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk liburan!

  1. Pantai Ngurbloat, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara

Pantai Ngurbloat di Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara ini merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi karena pantai ini menyimpan berbagai potensi.

Konon kabarnya, pasir Pantai Ngurbloat ini merupakan pasir putih terhalus didunia. “Pantai ini sangat unik karena memiliki pasir putih yang sangat halus seperti tepung sepanjang 3-5 kilometer,” kata anggota manajemen Desa Ngilngof Ronald Tethool dalam acara konferensi pers Virtual Indonesia: Surga yang Tersembunyi, Rabu (28/1/2021).

Mengutip situs resmi Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, Pantai Ngurbloat ini juga sering disebut sebagai Pantai Pasir Panjang. Kata ‘Ngurbloat’ sendiri berasal dari Bahasa Kei yang artinya Pasir Panjang.

Banyak pengunjung yang sengaja berkunjung ke Kepulauan Kei demi menikmati halusnya pasir Pantai Ngurbloat. Nah buat kamu yang ingin berlibur ke pantai, Pantai Ngurbloat bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasi nih!

  1. Pantai Pasir Panjang Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Utara

Pantai Pasir Panjang Labengki merupakan salah satu destinasi wisata di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara yang dikelilingi hamparan pasir putih yang halus.

Dinamakan Pasir Panjang karena pantainya yang memanjang sejauh kurang lebih 700 meter. Pantai penuh pesona ini merupakan salah satu spot andalan dari sekian banyak spot di Pulau Labengki.

Suasana Pantai Pasir Panjang pun tidak begitu ramai, tidak seperti pantai pada umumnya. Sangat cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan dan ingin melepaskan penat.

Bagi kamu yang suka melakukan aktivitas snorkeling, Pantai Pasir Panjang ini juga menyimpan pesona bawah laut yang memukau. Dengan air laut yang jernih dan ombak yang tenang, memungkinkan kamu untuk melakukan aktivitas snorkeling.

 

  1. Pink Beach, Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur

Pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna pink ini merupakan destinasi yang cukup banyak dikunjungi turis karena keindahannya.

Pantai ini berada di Flores Barat, Nusa Tenggara Timur atau lebih tepatnya berada di Pulau Komodo.

Pantai yang berwarna pink ini berasal dari hewan yang berukuran sangat kecil bernama Foramenifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Kemudian, koral – koral tersebut terbawa oleh ombak menuju ke pesisir pantai.

Lalu hancur menjadi serpihan dan butiran – butiran yang halus yang kini menjadi pasir pantai yang berwarna pink.

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Pink Beach, kamu memerlukan waktu sekitar 3, 5 jam perjalanan dari Labuan Bajo. Walaupun memakan waktu yang lumayan lama, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan pantainya.

Disini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain di tepi pantai, snorkeling dan diving. Berbagai karang dan hewan laut yang bisa kamu lihat langsung dibalik air laut yang begitu jernih.

  1. Pantai Balbulol, Misool, Raja Ampat

Pantai Balbulol adalah salah satu dari sekian banyaknya kekayaan bahari yang dimiliki Indonesia. Keindahan Balbulol dari atas maupun bawah lautnya selalu membuat penikmatnya kagum akan kekayaan alam yang Indonesia punya.

Pantai Balbulol berasal dari kata ‘Balbul’ yang artinya sejenis gurita, sedangkan ‘Lol’ artinya berlimpah. Konon katanya, Pantai Balbulol ini dahulu terdapat banyak gurita, maka dari itu dinamakan Pantai Balbulol.

Di Pantai Balbulol sendiri, terdapat Karst – Karst nya yang besar dan sangat unik. Karst – karst ini terlihat seperti melayang karena bagian bawah karst tersebut sedikit terkikis oleh air laut.

Jika kamu mengunjungi Balbulol, kamu juga wajib melakukan aktivitas renang. Air laut yang dangkal serta batu – batu koral yang sangat cantik, membuat kamu seakan  berada di laut surga dunia. Rugi banget deh kalau ga berenang!