Taukah Anda apa itu Human Papillomavirus (HPV) ? HPV ini merupakan penyakit menular seks yang paling umum.Banyak sekali orang yang mengidap human papillomavirus ini dengan tidak menunjukkan gejala apapun,akan tetapi masih bisa menulari orang lain melalui kontak seksual. Human papillomavirus (HPV) merupakan virus yang dapat menyebabkan infeksi di permukaan kulit, serta berpotensi menyebabkan kanker serviks atau Virus ini dapat menyerang bagian sel epitel pada kulit dan membran mukosa, yang salah satunya terletak pada area kelamin.Setelah virus menyerang, sel akan rusak dan mulai tumbuh secara abnormal. Akibatnya, perkembangan virus HPV berisiko menyebabkan kanker.Infeksi virus ini ditandai dengan tumbuhnya kutil pada kulit di berbagai area tubuh, seperti lengan, tungkai, mulut, serta area kelamin dan ada sekitar 100 jenis HPV ini yang menyerang berbagai bagian tubuh, Sekitar 30 jenis HPV dapat menyerang alat kelamin termasuk seperti vulva, vagina, leher rahim, serta anus.Virus ini tentunya sangat berbahaya bagi manusia jika disepelekan karena dapat bertumbuh menjadi tumor yang ganas. Selain rentan menjadi tumor ganas, papilloma virus yang tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat dan benar juga dapat mengancam Kesehatan manusia juga komplikasi papiloma juga dapat menyebabkan penurunan fungsi organ, gangguan saluran pernapasan, saluran kencing, leher rahim.

Bagaimana cara agar dapat terhindar dari virus ini?

Vaksin HPV adalah salah satu cara dan jenis vaksin yang bertujuan untuk mencegah penyakit human papillomavirus ini. vaksin HPV ini hanya berfungsi untuk mencegah infeksi HPV, yang dimana bisa berupa kanker serviks atau kutil kelamin. Vaksin HPV tidak dapat mencegah jenis-jenis penyakit kelamin lain bila penyebabnya:

  • Bakteri (klamidia, gonorea, dan sipilis)
  • Parasit (trikomoniasis)
  • ┬áVirus lainnya (hepatitis B, herpes genital, HIV, zika)

Kapan sebaiknya vaksin HPV diberikan?

Vaksinasi HPV direkomendasikan bagi teman-teman yang belum pernah mendapatkan vaksinasi tersebut hingga batas usia 26 tahun. Vaksin HPV tidak dianjurkan bagi orang yang sudah di atas 26 tahun. Namun, pada beberapa kasus, orang dewasa yang berusia 27-45 tahun yang belum divaksinasi juga bisa mendapatkan vaksin HPV bila berisiko terkena infeksi kelamin tersebut dan setelah membicarakannya dengan dokter. Meski dimaksudkan untuk mencegah infeksi, pada beberapa kasus, HPV juga berfungsi sebagai pengobatan yang bertujuan membersihkan virus kutil kelamin pada pengidap.

Peringatan Vaksin HPV

Vaksin HPV umumnya tidak direkomendasikan atau ditunda pemberiannya pada orang dengan kondisi berikut:

  • Memiliki atau pernah mengalami reaksi alergi yang parah terhadap vaksin HPV
  • Memiliki alergi terhadap lateks atau ragi
  • Bagi Ibu yang Sedang hamil, meskipun vaksin ini tidak memberikan efek yang buruk terhadap ibu hamil dan janin. Akan tetapi kita harus berwaspada terlebih dahulu
  • Menderita penyakit berat atau penyakit Parah.

 

Setelah pemberian vaksin HPV ,Penerima dianjurkan untuk menerapkan perilaku seksual yang aman guna mencegah penyakit tersebut.Semoga Bermanfaat!