Jika kulit terlihat lebih sehat, bersih dan lebih kenyal, itu tandanya kulit kita sehat. Ternyata memiliki wajah yang sehat dan cantik, kamu tidak perlu perawatan kulit yang mahal, lho! Cukup gunakan produk perawatan kulit secara rutin setiap hari dan dalam urutan yang benar maka, dapat menjaga kulit wajah agar tampak lebih bersih, cerah, serta terhindar dari penuaan dini. Kali ini, saya akan membahas tips dan cara perawatan wajah yang benar.

Perawatan kulit di malam hari dapat membantu memulihkan kerusakan sel kulit akibat polusi, sinar UV, dan stres akibat aktivitas sehari-hari. Menerapkan perawatan kulit di malam hari dapat membantu menghidrasi kulit di wajah kamu.

Taukah kamu jika skincare untuk kulit wajah itu harus benar urutannya? Nah, karena saat menggunakan skincare, bahan aktifnya akan saling berinteraksi. Jadi, jika kita menerapkan produk perawatan kulit dalam urutan yang benar, maka kulit akan mendapatkan manfaat penuh dari setiap produk dan meningkatkan efektivitasnya. Kira-kira apa saja ya urutan yang tepat untuk perawatan wajah? Yuk simak 5 langkah perawatan malam serta tips dan urutannya.

  1. Cleanser

Sebelum mencuci wajah, sebaiknya membalurkan cleanser terlebih dahulu. Apalagi jika kamu habis memakai riasan sepanjang hari. Membersihkan wajah dengan cleansing oil, cleansing milk, cleansing balm, atau micellar water adalah pilihan yang tepat untuk membersihkan wajah. Pemakaiannya juga gampang, kamu hanya perlu basuh kapas dengan beberapa tetes cleansing oil. Kemudian, dengan menggunakan kapas basah, bersihkan make-up sampai wajah kamu benar-benar bersih.

  1. Facial wash

Selanjutnya setelah menggunakan cleanser, kamu dapat mencuci muka menggunakan facial wash. Ini tujuannya untuk menghilangkan cleanser yang sebelumnya kamu gunakan. Namun, perlu diketahui sebelum mencuci muka biasakan mencuci tangan terlebih dahulu. Tujuannya agar tangan terbebas dari debu/kotoran yang menempel. Baru dilanjut cuci muka mengguakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Setelah itu, saya meringkan wajah menggunakan handuk khusus wajah atau tisu dengan cara di taptap. Selanjutnya adalah tips penting agar tetap menjaga tangan tetap bersih yaitu pastikan tidak menyentuh apapun setelah mengeringkan wajah. Karena bakteri dari benda yang disentuh akan menempel di tangan yang baru dicuci. Maka, pastikan untuk lanjut ke langkah pemakaian skincare berikutnya dahulu ya!

  1. Toner

Perlu diketahui toner dapat memberikan efek melembapkan dan menghaluskan pada permukaan kulit serta membantu mencapai keseimbangan pH kulit. Selain itu, pemakaian toner juga dapat membantu menyerap produk perawatan kulit berikutnya pada wajah. Cara pemakaiannya juga gampang, cukup teteskan toner di kamu di kapas, lalu usapkan pada permukaan wajah. Namun, jika toner kamu bertekstur lebih kental, dapat di aplikasikan langsung ke wajah lalu di tap tap tanpa perlu kapas. Setelah itu saya biarkan toner menyerap di wajah terlebih dahulu agar dapat lanjut untuk step berikutnya.

  1. Serum

Bahan aktif pada serum memiliki dampak yang lebih besar pada masalah kulit tertentu. Fungsi utama serum dapat melembapkan, menghaluskan, serta membantu menjaga elastisitas kulit serta membuat kulit bercahaya. Namun, perlu diketahui produk ini bisa terlalu kuat untuk kulit kamu yang sensitif. Jika muka kamu lebih sensitif, solusinya dapat diganti menggunakan essence yang memiliki fungsi tidak jauh dari serum yang dosisnya lebih rendah.

Caranya juga gampang. Cukup teteskan serum/essence secara menyeluruh pada wajah. Sebenarnya penggunaan serum merupakan hal yang opsional. Bagi kamu yang pemula dan masih ragu untuk menggunakan serum. Maka langkah ini dapat dilewatkan atau diganti menggunakan masker wajah seperti sheet mask.

  1. Moisturizer

Nah, urutan terakhir yang wajib saya gunakan untuk memastikan kulit tetap lembab dan sehat saat bangun tidur tentu saja moisturizer. Karena kulit saya termasuk kering jadi moisturizer bisa dibilang sebuah kunci untuk menjaga kelembaban pada kulit kita terutama bagi yang kulitnya sensitif dan kering. Biasa nya cara saya menggunakannya cukup oleskan pada permukaan wajah secara merata.

Itulah beberapa tahapan skincare yang wajib bagi pemula. Perawatan kulit itu ternyata cukup sederhana, lho! Jika perawatan kulit kita lakukan secara rutin dan sesuai dengan urutannya, dapat menjamin muka akan jauh lebih bersih serta terhindar dari jerawat yang membandel.

Namun harus diketahui juga, wajah yang sehat bukan semata-mata dari skincare juga. Tetapi bagaimana pola hidup kita seperti, pola makan, tingkat stress yang dialami, jam tidur malam dan yang terpenting adalah kebersihan dalam diri kita juga di rawat ya! Semoga membantu.