Bagi beberapa orang tren kamera analog ini sudah tidak asing lagi di dengar di lingkungan sekitarnya. Hari ini tren kamera analog menjadi booming lagi di kalangan masyarakat yang dominannya sudah menggunakan peralatan elektronik serba digital. Kira-kira apa sih yang bisa membuat kamera analog ini booming lagi? Seperti yang kita ketahui kehidupan kita sekarang sudah dikelilingi dengan hal-hal serba digital, ini dapat menjadi sedikit membosankan bagi beberapa orang, hingga akhirnya mereka memilih untuk mencoba suatu hal yang belum pernah mereka coba sebelumnya, salah satu nya adalah kamera analog. Saya sebagai salah satu pengguna kamera analog, merasa bahwa kegiatan ini merupakan sesuatu yang baru dan menarik untuk dilakukan.

Mengapa menarik? Menurut saya pribadi tren ini sangat menarik karena hasil foto yang di kita ambil tentunya sangat jauh berbeda dengan foto yang kita ambil melalui smartphone yang normal nya kita gunakan di abad ini, selain itu untuk mendapatkan hasil foto nya kita harus menunggu sampai roll film yang kita gunakan habis, lalu mencucinya di tempat film developing yang sekarang pun sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, proses film developing terkenal dengan durasinya yang lumayan memakan waktu, tapi pada abad ini proses film developing sudah jauh lebih singkat dibandingkan dengan jaman dulu, menunggu proses ini lah yang membuat banyak orang menjadi ketagihan bermain kamera analog, dan hasil foto nya yang terkadang dapat melebihi ekspektasi kita, tetapi tidak jarang juga mengecewakan.

Melihat hasil foto yang berbeda, menarik banyak anak muda hari ini untuk ikut mencoba dan mempelajari penggunaan kamera analog ini. Maraknya pengguna kamera analog sekarang juga berdampak pada munculnya lahan pekerjaan baru bagi orang-orang yang tertarik pada kegiatan ini. Contohnya seperti banyaknya penjual kamera, penjual film, bahkan lab tempat untuk mencuci film pun sekarang sudah semakin banyak di berbagai kota di Indonesia.