Apakah kalian pernah merasa tidak puas dengan bentuk tubuh yang dimiliki? Pernahkah kalian berpikir untuk mengubah bentuk tubuh kalian menjadi badan ideal yang kalian impikan?  Memang, definisi badan ideal pada setiap orang tentunya berbeda. Ada yang menyukai bentuk tubuh yang berisi, ada juga yang menyukai bentuk tubuh langsing. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan badan ideal yang mereka inginkan. Bahkan ada juga yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkan hal tersebut.

Memiliki badan langsing merupakan impian sebagian orang. Terdapat berbagai cara untuk menurunkan berat badan, yaitu olahraga, diet, minum the herbal, atau dengan obat pelangsing. Namun, obat pelangsing tidak begitu bagus untuk tubuh. Oleh karena itu banyak orang memilih cara yang alami untuk menurunkan berat badan, yaitu olahraga dan diet. Ada orang yang memilih salah satu dari cara tersebut, namun ada juga yang melakukan semua hal tersebut sekaligus. Sebenarnya tidak salah, namun tidak boleh terlalu ekstrim.

Olahraga dan diet harus dijalankan secara seimbang agar baik untuk kesehatan tubuh. Melakukan olahraga secara berlebihan tidak baik karena akan menyebabkan otot menjadi cedera. Begitu pula dengan diet jika dilakukan secara berlebihan dapat berbahaya, bahkan dapat menjadi fatal seperti penyakit lambung dan eating disorder. Hal tersebut merupakan hal yang serius dan tidak dapat disepelekan.

Oleh karena itu kita harus mengetahui mana yang bagus untuk tubuh kita. Tubuh setiap orang tentunya berbeda-beda sehingga metode untuk menurunkan berat badan tidak sama pada setiap orang. Waktu yang dibutuhkan setiap orang juga berbeda. Ada yang cepat, ada pula yang lambat. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor, yaitu metabolisme, faktor genetik, dan juga gaya hidup.

Walaupun olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, namun banyak orang yang tidak dapat melakukannya. Banyak alasan seperti tidak ada waktu, gampang lelah, ataupun malas. Karena itu banyak orang yang memilih cara yang lain, yaitu diet. Berikut tips diet yang dapat anda ikuti dan lakukan jika malas berolahraga namun ingin tetap menurunkan berat badan secara sehat.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Walaupun terdengar sepele, namun mengatur jadwal makan sangatlah penting. Jadwal makan dapat membuat kita konsisten dalam mengatur pola makan sehingga terhindar dari makan yang berlebihan. Mulailah atur jadwal sarapan, makan siang, serta makan malam pada pukul berapa. Jika kita rutin dan teratur makan, maka kita tidak akan kelaparan dan terkena penyakit maag atau asam lambung.

  1. Membuat Target

Membuat target dapat membuat kita dapat mengetahui bagaimana pola makan yang akan kita terapkan. Kita tidak boleh melakukan diet yang menyiksa karena itu adalah pola makan yang akan kita lakukan dalam jangka panjang. Cobalah mulai untuk membuat target, ingin menurunkan berat badan berapa dalam waktu berapa. Jika sudah mengetahuinya maka kita dapat mengatur berapa kalori makanan yang akan kita konsumsi dalam sehari. Kita harus menyesuaikan juga dengan usia serta berat  badan kita. Dengan target, kita dapat lebih konsisten dalam menjalankan diet karena kita teringat akan tujuan atau target kita.

  1. Mengatur Kalori

Setiap manusia memerlukan asupan kalori yang cukup untuk tubuh mereka. Kalori yang dibutuhkan setiap orang tentunya berbeda-beda, bisa dari usia, berat dan tinggi badan, serta kebutuhkan masing-masing orang tersebut. Oleh karena itu kita harus mengkonsumsi kalori yang pas untuk tubuh kita, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Mungkin beberapa orang ada yang berpendapat bahwa jika ingin menurunkan berat badan maka harus mengkonsumsi kalori yang sedikit. Hal tersebut salah besar karena jika mengkonsumi kalori yang sedikit, itu dapat berdampak buruk pada tubuh kita. Kita dapat kekurangan gizi, tubuh menjadi lemas, serta bisa terkena penyakit lambung dan yang lebih parah lagi dapat terkena eating disorder. Mengkonsumsi kalori yang sedikit juga tidak baik untuk jangka panjang, karena jika kita sudah terbiasa mengkonsumsi kalori yang sedikit, maka saat kita mengkonsumsi kalori yang banyak, berat badan kita akan cepat naik. Fenomena tersebut dapat disebut dengan fenomena yo-yo­. Memang, berat badan dapat turun dengan cepat, namun dapat naik dengan sangat cepat juga.

Lantas, bagaimana kita dapat mengatur kalori yang cukup untuk tubuh kita? Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, pria dewasa rata-rata membutuhkan 2625 kkal per hari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan 2150 kkal per hari. Kita bisa mengatur berapa kalori yang kita butuhkan dalam sehari berdasarkan kondisi tubuh kita. Kita juga harus konsisten mempertahankan kalori yang kita konsumsi dalam sehari-hari agar tubuh kita juga sehat.

  1. Mengatur Jatah Makan

Tidak ada pantangan dalam diet yang baik dan sehat. Kita dapat mengkonsumsi apapun yang kita mau. Namun, kita harus ingat. Kita harus bisa mengatur limit untuk makanan yang kita konsumsi. Kita boleh makan snack, asal tidak berlebihan dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena kandungan yang terdapat dalam camilan seperti kripik mengandung kalori yang besar dan minyak yang tentunya kurang baik untuk tubuh. Lebih baik kita menggantinya dengan menkonsumsi buah-buahan yang tentunya lebih sehat. Namun ingat, jangan berlebihan juga karena buah juga mengandung gula. Tentu saja kita boleh mengkonsumsi snack atau junk food namun kita harus membatasi seperti hanya mengkonsumsi makanan tersebut seminggu sekali.

Begitulah tips diet yang dapat dengan mudah kalian ikuti. Mudah bukan? Kuncinya ada di konsistensi serta pola hidup yang kita jalani. Diet yang baik dan sehat dapat membuat kita tidak terbebani untuk menjalaninya. Walaupun kita bisa mengkonsumsi apapun yang kita mau, kita tetap harus dapat membatasi diri kita. Tentu saja kita ingin menjalankan diet yang santai bukan? Jangan khawatir jika berat badan turun dengan lama, karena jika ingin memiliki hasil yang tidak sementara, maka kita harus sabar melakukannya. Jika kita mengalami penurunan berat badan secara drastis, maka akan naik secara cepat juga. Selamat mencoba!