Tahukah kamu?
Menjadi atlet sekaligus pelajar merupakan suatu hal yang berat dikarenakan seseorang harus fokus pada satu potensi dan mengorbankan hal yang lain. Para student athlete ini mengorbankan segala kesenangan masa muda, seperti main-main tanpa tujuan bersama teman. Apabila setengah-setangah, setengah dalam menjalani latihan maupun setengah dalam belajar maka tidak akan mencapai hasil yang diinginkan. Atlet yang berhasil berkancah hingga tingkat internasional telah berhasil melewati tempaan yang keras dari usia dini. Kita dapat merasakan banyak manfaat, jika kita mampu berkomitmen dengan segala tuntutan dalam menjadi student athlete. Berikut lima manfaat menjadi student athlete:

  1. Mempermudah dalam mendapatkan SMA ataupun perguruan tinggi favorit.

Salah satu jalur dalam menempuh pendidikan adalah beasiswa. Jika dijabarkan lebih dalam, tentu banyak sekali jenis-jenis beasiswa, salah satunya adalah beasiswa atlet. Student athlete mempunyai sebuah kelebihan yang memudahkan mereka untuk mendapatkan beasiswa atlet dalam ranah pendidikan, hal ini tentu sangat membantu dalam kehidupan perokonomian dari atlet tersebut, pasalnya tidak semua atlet pelajar mempunyai latar belakang ekonomi yang baik, dengan menjadi atlet pada tingkat pendidikan, hal ini tentu sangat membantu untuk terus dapat merajut tingkat pendidikan yang lebih baik lagi. Terlepas dari kemudahan tersebut, atlet pelajar juga harus dapat mempertahankan dan terus meningkatkan performa belajarnya, atlet harus bisa mendapatkan nilai pada mata pelajaran/kuliah sesuai dengan standar yang telah diberikan oleh pihak institusi agar terus mendapatkan beasiswa, hal ini tentu juga melatih kedisiplinan dari atlet tersebut dalam belajar.

  1. Membuat kita menjadi lebih bertanggung jawab.

Berkelanjutan dari poin pertama, seorang atlet pelajar tentu mempunyai dua kepentingan dalam satu waktu, yaitu tugas utamanya adalah belajar dan hal lainnya adalah menjadi atlet, kedisiplinan dan tanggung jawab sangat berperan penting bagi para atlet pelajar untuk terus dapat mempertahankan kedua tanggung jawab mereka. Cara membagi waktu untuk belajar dan latihan harus diatur secara baik agar tidak terjadi bentrok jadwal antara kedua hal tersebut, hal ini tampak mudah namun sangat sering terjadi kesalahan-kesalahan seperti ini. Hal positif yang dapat diambil adalah atlet pelajar dapat belajar lebih baik dalam time management dan bersikap bertanggung jawab atas pekerjaannya sejak usia muda. Kesalahan yang sering terjadi adalah atlet pelajar biasanya sering meninggalkan sisi akademisnya, padahal mereka bisa menjadi atlet karena didukung oleh institusi pendidikan tersebut dan tugas utama dari pelajar adalah belajar.

  1. Menjadi role model bagi teman-teman yang lainnya.

Atlet pelajar juga tentu dapat menjadi role model bagi teman-teman yang ada di sekitarnya, tentu dengan bersikap baik dan ingin belajar maka kita dapat merangkul teman-teman yang mempunyai mimpi ataupun tujuan yang sama dengan atlet pelajar lainnya, sebagai atlet kita juga harus rendah hati dan berperilaku sopan dan ramah kepada orang-orang sekitar kita, jika kita dapat bersikap dan bertata krama baik, maka orang-orang di sekitar kita dapat melihat kita sebagai sebuah panutan ataupun motivasi yang tentunya untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

  1. Memberikan sebuah modal atau batu loncatan untuk menjadi pemain profesional di masa depan.

Sebagai atlet pelajar, hal ini tentu merupakan sebuah tahapan awal untuk para atlet dapat bisa meraih mimpi mereka lebih tinggi lagi, yaitu menjadi atlet profesional, melalui pengalaman-pengalaman semasa sekolah hingga kuliah, hal ini tentu menjadi sorotan bagi para profesional untuk melihat prospek para atlet pelajar untuk masa depan tim mereka. Para atlet juga harus tetap meningkatkan performa permainan mereka agar tidak stagnan dan dapat meningkat lebih profesional lagi, jika para atlet dapat memberikan performa yang selalu meningkat dan dapat bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai pelajar, hal ini menjadi sebuah nilai tambahan bagi para tim profesional untuk mengambil keputusan dalam merekrut para atlet-atlet pelajar.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Hal yang paling umum yang dapat diperoleh dari olahraga adalah kesehatan. Contoh dari olahraga yang sangat mudah adalah basket, dengan berlatih bermain basket, kita juga dituntut untuk berlari dalam permainannya, latihan ini juga disebut kardio yaitu kegiatan fisik untuk melatih jantung dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Pada usia muda ini, pola hidup sehat merupakan sebuah tantangan yang sangat menyulitkan, hal ini dikarenakan pola hidup yang cenderung kurang baik pada anak muda seperti merokok, meminum alkohol, tidur larut malam, dan lain sebagainya. Salah satu tuntutan bagi para atlet pelajar adalah untuk menjaga pola hidup sehat untuk terus meningkatkan performa, hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi para atlet yang terus melakukan pola hidup yang baik.