Online Webinar: Boost Your CV to Get Your Dream Job

Mungkin para pencari kerja terutama yang baru lulus dari pendidikan SMA atau sedang  kuliah sudah mulai merasakan yang namanya kesulitan untuk mendapatkan  kerja. Perkembangan globalisasi menjadi calon pekerja  semakin kompetitif dalam mendapatkan pekerjaan.

Jangan terlalu khawatir fellow job fighters! Karena kelas LF51 Marketing Communication BINUS mengadakan event, yang bisa membantu meraih pekerjaan yang kamu impikan. Dibimbing oleh dosen Dr. Lidya Wati Evelina, MM yang  expertise dan berpengalaman  di bidang event management, mahasiswa kelas LF51 mengadakan event “World of Work” disingkat “WoW” dengan slogan “boost your CV to get your dream job” yang didasari niatan memberikan informasi tentang proses memasuki dunia kerja.

Event tersebut dilaksanakan melalui Zoom Conference pada Sabtu, 9 Desember 2021 jam 13.00 – 15.00 WIB.  Event WoW ini diawali dengan sambutan hangat MC, Shalshabila Arsya dan Moderator Helma Aria yang memperkenalkan diri mereka dengan antusiasme yang menular ke para  audiens. Mereka  bersemangat untuk mengetahui lebih lanjut agar bisa  mengejar impian karirnya melalui CV dan cara menghadapi interview.

        Welcoming speech untuk event ini disampaikan  langsung dari Head of Communication Department of  Binus University, Maria Anggia W, S.Sos., MM. Kemudian dilanjutkan pembicara pertama yaitu Angelia Novianti seorang human capital practitioners yang memulai pembicaraan dengan topik CV How to Brand Yourself dan cara menghadapi HR, beliau mensharing pengalaman sebagai HR selama 6 tahun.

Key Point  dari topik yang dibawakan  Angelia yaitu memvisualisasikan diri kita seperti sebuah barang /brand,bagaimana cara membangun brand. Lalu masuk ke sesi Q&A (tanya jawab), para audiens memberikan pertanyaan yang sangat menarik seperti “Bagaimana cara Percaya diri?” hingga “Kalau sudah diterima pekerjaan tapi kemudian  tidak cocok karena bisa toxic harus bagaimana”.

Angelia menjawab untuk tampil percaya diri harus melakukan evaluasi diri. Pertama, menganalisa apa yang menyebabkan kita gugup. Kita berusaha untuk  self-confidence  dengan Latihan. Kemudian sell yourself  ke hiring manager. Selain itu, perlu membuat CV yang sesuai dengan value perusahaan.

Kemudian ketika sudah diterima namun tidak merasa cocok, sikap yang  harus diambil adalah melihat self-fulfilment check list untuk melihat  apakah kita puas dengan pekerjaan tersebut.

Dilanjutkan dengan  pembicara ke dua yaitu Alifa Dhea dengan topik behind the skyscraper, dengan backgroundmarketing accommodation di Traveloka. Pertama menceritakan perjalanan Dhea sebagai mahasiswi  Vokasi UI  yang harus berbagi waktunya untuk bekerja di perusahaan perusahaan besar. Hal tersebut membuat para audiens penasaran akan ceritanya dan merasakan bahwa cerita tersebut relatable. Cerita dimulai dengan tema “A glimpse in to working  life”

Kedua pembicara  menceritakan background perjalanan mereka dari sebelum bekerja hingga pengalaman mereka setelah bekerja. Mereka memberikan Informasi, wawasan, dan encouraging words: “Jangan Takut  Mencoba” sangat bermanfaat bagi target audiens  yang  semuanya mahasiswa.

Masuk ke sesi games, panitia memberikan kahoot games dengan total hadiah e-money Rp 300.000 untuk 3 (tiga) pemenang. Panitia juga memberikan e-money untuk 2 (dua) penanya terbaik masing-masing sebesar Rp 100.000.

Hadir dalam webinar tersebut  353 peserta  melalui  Zoom dan YouTube. Event ini merupakan praktik langsung kelas event management pada semester 5 jurusan marketing communication Binus University. Panitia yang diketuai oleh Muhammad Abiyyu Prayoganata ini mempersiapkan event webinar ini dalam waktu sekitar 2 bulan, sejak September 2021.

MC menutup acara ini dengan memberikan challenge kepada audiens untuk memposting  kegiatan webinar WOW di akun Instagram mereka masing-masing  dengan hastag #Worlofwork2021 dan pemenangnya mendapatkan hadiah berupa e-money  Rp 100.000,- Event ini disponsori oleh CV Pelangi, Disol dan airfrezze sebesar Rp 1.600.000,-. Bravo untuk kelas LF51! (Muhamad Railee Saptawinata/Lidya Wati Evelina)

Muhamad Railee Saptawinata dan Lidya Wati Evelina