BINUS UNIVERSITY menawarkan program 3 + 1 Enrichment Program. Program ini merupakan terobosan baru yang berfungsi untuk mempersiapkan mahasiswa untuk terjun langsung di dunia industri & masyarakat. Pada semester 6 & 7, Mahasiswa diberikan pilihan untuk memilih 5 program enrichment yang tersedia, antara lain:

  • Internship (Magang)
  • Entrepreneur (Merintis Usaha)
  • Research (Penelitian)
  • Study Aboard (Pertukaran Pelajar)
  • Community Service (Pengabdian Sosial)

Pada artikel ini, saya ingin membagikan pengalaman saya sebagai mahasiswa semester 6 yang memilih track internship.

Sebelumnya, Perkenalkan nama saya Hans Andrew. Saya merupakan salah satu mahasiswa Universitas Bina Nusantara jurusan Marketing Communication. Saya ingin menceritakan asiknya program internship yang telah saya jalani selama 1 semester ini. Saya memilih program internship karena saya ingin mengenal dunia kerja secara langsung. Selain itu, saya yakin dengan program ini, saya bisa lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Saya bekerja di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang E-Commerce, PT. Jakmall Digital Niaga atau yang lebih dikenal sebagai Jakmall.com.

Jakmall.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan online di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT.Jakmall Digital Niaga. Jakmall.com didirikan pada 1 Agustus 2016. Jakmall.com menghubungkan langsung penjual dengan pembeli tanpa melalui tangan kedua, sehingga barang yang dijual merupakan harga yang terbaik di pasaran. Jakmall.com memiliki visi & misi yang mengutamakan kepuasan antara penjual dan pembeli. Keamanan & transaparansi data serta pembayaran transaksi terjamin.

Setelah melakukan test psikologis & teknikal, saya diterima sebagai karyawan intern di perusahaan PT. Jakmall Digital Niaga. Saya belum pernah bekerja secara langsung di perusahaan. Maka dari itu, tantangan utama yang saya rasakan adalah beradaptasi di lingkungan kerja yang baru. Di dalam perusahaan, saya bekerja bersama tim marketing strategic yang berkolaborasi dengan tim lain, salah satunya tim desain. Tantangan kedua adalah manajemen waktu. Pekerjaan yang diberikan menuntut saya untuk pandai mengatur waktu. Ada pekerjaan yang butuh diselesaikan dengan cepat, ada yang bisa ditunda. Tantangan ketiga adalah tanggung jawab. Selama menjalani program ini, saya diberikan tanggung jawab penuh terhadap tugas yang diberikan oleh atasan – atasan saya.

Apa Saja Yang Saya Dapatkan Selama Internship?

Setelah 6 bulan berlalu, saya mengalami banyak perubahan dalam diri saya. Karakter saya mulai berubah ke arah yang lebih baik lagi. Saya lebih bertanggung jawab & pandai mengatur waktu. Selain itu, saya belajar apa itu marketing. Marketing bukan sekedar berfokus untuk meningkatkan penjualan & pendapatan suatu perusahaan, melainkan membangun brand / awareness perusahaan terhadap publik. Saya melakukan riset produk apa yang sedang trend melalui digital monitoring. Saya membantu tim marketing dalam menjalankan suatu event tertentu. Melakukan press release & promosi di sosial media. Membuat e-banner website perusahaan & membantu menarik data dari traffic yang didapatkan sebuah banner. Saya juga belajar pentingnya kerjasama dalam suatu perusahaan. Tim marketing selalu berkolaborasi dengan tim lainnya dalam mengeksekusi suatu event.

Menurut pendapat saya, Internship program di Universitas Bina Nusantara memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Saya belajar untuk terjun langsung ke dunia kerja yang sebenarnya. Bertemu dan bekerja sama dengan orang – orang baru. Membangun komunikasi & memperluas channel. Mengubah diri ke arah yang lebih baik & positif. Saya berharap, 3+1 Enrichment Program dari Universitas Bina Nusantara akan terus berlanjut & memberikan dampak yang besar dalam industri Indonesia di masa mendatang.