Seringkali kita mendengar istilah buku adalah jendela dunia, namun tahukah kamu bahwa Indonesia memperingati tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional?

Hari Buku Nasional ini juga bertepatan dengan peringatan pendirian gedung Perpustakaan Nasional atau Perpusnas. Tujuan diciptakan Hari Buku Nasional adalah diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih suka membaca buku, namun mirisnya kemajuan teknologi membuat kita semakin malas untuk membaca buku, padahal membaca buku mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk otak kita. Di antaranya meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi, serta menurunkan resiko stres dan depresi. Buku memiliki sejuta manfaat selain menjadi sumber ilmu dan informasi buku juga dapat menjadi salah satu pilihan hiburan yang murah. Dengan mengunjungi perpustakaan terdekat kita dapat memilih berbagai macam buku dan bacaan yang dapat kita baca untuk mengisi waktu luang.

Salah satu cara agar kita dapat memulai gemar membaca adalah dengan membaca buku dari jenis bacaan yang ringan dan seringkali kita gemari. Seperti membaca kisah fiksi dalam sebuah novel. Membaca kisah fiksi dapat membuat kita beberapa saat melarikan diri dari dunia nyata dan asik tenggelam dalam imajiner para tokoh dalam kisah yang kita baca dan membuat kita ingin terus membaca kelanjutan kisahnya. Dimulai dari bacaan ringan dan menghibur kita dapat menumbuhkan rasa gemar membaca. Jadi mari teman-teman kita mulai membaca buku!