Berani berbicara di depan umum adalah kemampuan yang harus dapat dimiliki oleh setiap orang saat ini dengan kemampuan public speaking. Apa itu public speaking? Public speaking adalah presentasi atau pidato yang di berikan langsung kepada audiensi yang mencakup berbagai macam topik yang diberikan dengan tujuan memberikan edukasi, informasi, dan hiburan yang dapat mempengaruhi kepada pendengar yang di sertakan dalam presentasi menggunakan alat bantu visual dalam bentuk slideshow elektronik untuk melengkapi saat proses presentasi agar dapat menarik bagi kepada para pendengar.

Menelusuri asal-usul public speaking, public speaking sebenarnya bukanlah aktivitas baru yang hanya dilakukan oleh manusia-manusia pada zaman modern saja. Bahkan sejarah telah menunjukan bahwa alat tradisi kegiatan public speaking ini telah telah ada sejak zaman peradaban Yunani kuno, yaitu pada tradisi politiknya. Seni berbicara didepan publik ini biasanya disebut dengan “retorika” dari bahasa Yunani “rhetorikos”, yang berarti “pidato” atau dari kata “rhetor” yang berarti “pembicara publik”.

Public speaking telah sorotan yang begitu sering diperbincangkan bagi semua kalangan sebab public speaking bukan hanya ilmu yang berbentuk teori sehingga tampak membosankan tetapi lebih kepada praktek. Presentasi merupakan salah satu bentuk public speaking. Menurut King (2007:119) banyak presentasi yang tidak cukup dengan hanya bicara. Pada zaman modern saat ini, visual sangat membantuk untuk menambahkan apa yang ada katakan dengan apa yang dapat dilihat oleh audiensi melalui gambar visual yaitu diagram, grafik dan gambar yang ada di slideshow.

Saat ini banyak orang yang melakukan presentasi tidak memberikan penjelasan secara lugas dalam sebuah presentasi. Kondisi ini menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi banyak orang sehingga apa yang terlihat dalam slideshow hanya membekas dikepala dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan karena kurangnya penjelasan dari setiap slide yang ditampilkan. Untuk itu di perlukan pemahaman yang mendalam terhadap public speaking dengan menguasi empat fkator penting dalam public speaking, yakni kata-kata, nada suara, bahasa tubuh, dan arti yang di tangkap. Setelah memahami dan menguasinya, latihan harus dilakukan agar menciptakan keberanian dan kepercayaan diri sehingga dalam penyampaian nantinya saat melakukan presentasi yang akan anda lakukan dapat menarik bagi audiensi.

Pada dasarnya semua manusia memiliki percaya diri, tapi karena lingkungan, keadaan, kondisi dan lain sebagainya bisa membuat kita semakin percaya diri atau sebaliknya malah menjadi kurang percaya diri atau sebaliknya malah menjadi kurang percaya diri. Percaya diri sangat dibutuhkan percaya diri sangat dibutuhkan pada saat anda bekerja atau dalam bisnis. Apalagi disaat anda harus mempresentasikan sesuatu di depan pimpinan atau klien anda, maka tampil percaya diri menjadi keharusan bagi anda.

Berikut ini beberapa tips penting untuk membantu Anda meningkatkan percaya diri pada saat public speaking di depan pendengar.

Rileks & Tenang

Ya benar. Rileks dan ketenangan diri bisa membantu kita menurunkan rasa grogi dan gugup. Hal ini harus dilatih agar bisa menjadi kebiasaan bahkan disaat mendadak anda harus presentasi di depan orang lain. Cara termudah untuk merilekskan pikiran dan tubuh anda adalah dengan duduk tegap, tutup mata anda serta atur nafas dengan tenang. Tarik nafas dengan hidung lalu keluarkan perlahan melalui mulut. Rasakan denyut jantung anda yang sebelumnya berdetak kencang, secara perlahan juga akan semakin normal. Lakukan ini berulang setiap hari.

Senyum

Cara berikutnya untuk menghilangkan grogi agar bisa tampil berani percaya diri saat tampil di depan umum adalah dengan melatih senyuman anda. Ingatlah bahwa senyuman adalah senjata mematikan yang bisa menaklukkan “lawan” bicara anda dimanapun kapanpun. Energi positif yang muncul dari sebuah senyuman akan meredakan stress dalam diri kita. Sehingga bagi seorang yang suka tersenyum maka percaya diri nya akan selalu tinggi. Coba deh anda latih untuk tersenyum di depan cermin sebelum tampil. Tentu saja anda harus memberikan senyuman termanis disaat tampil nanti.

Persiapan Materi

Bagaimanapun juga, jika anda akan tampil dalam sebuah presentasi, maka anda butuh persiapan yang baik agar materi presentasi anda mendapatkan pujian dari pimpinan atau klien bisnis anda. Usahakan agar materi yang anda buat memiliki data yang lengkap, akurat, informatif dan desain slide yang indah (jika menggunakan slide) serta terstruktur dengan baik dari pembukaan, isi dan penutup. Pastikan juga anda siap dengan pertanyaan yang mungkin muncul dari presentasi anda, sehingga saat tampil anda sudah siap juga dengan jawaban yang terbaik. Persiapan yang baik akan membuat anda semakin percaya diri.

Latihan

Seseorang yang belum bisa berenang, tidak akan bisa berenang hanya dengan teori karena berenang butuh latihan yang berulang. Sama dengan berbicara di depan umum, anda butuh latihan berulang – ulang agar hasilnya semakin baik. Coba deh untuk latihan pertama kali di depan cermin, kemudian coba latihan di depan orang terdekat anda dan minta masukkan dari dia, kira – kira apa yang kurang dari penampilan anda. Jika anda mau, cobalah latihan menampilkan presentasi anda di depan lebih banyak orang misalnya 5 – 10 orang, bisa keluarga atau teman kerja anda. Hal ini untuk melatih mental anda ketika berbicara di depan banyak orang.

Visualisasi

Cara nya untuk melatih percaya diri adalah seringlah anda melakukan visualisasi. Visualisasi disini adalah kita mencoba membayangkan penampilan kita saat presentasi nanti namun dengan cara yang positif. Misalnya besok adalah hari dimana anda akan presentasi, maka anda bisa melakukan visualisasi dengan membayangkan anda masuk ruangan presentasi, lalu anda menyalami audiens yang hadir, anda mulai berbicara dengan gagah, lalu anda bayangkan presentasi anda mendapatkan pujian dan tepuk tangan yang meriah dari audiens. Lakukan hal ini berulang kali dalam pikiran anda agar otak anda akan merasa bahwa anda sudah sering melakukan presentasi. Ini akan menjadikan anda seorang pembicara yang percaya diri.

Semakin baik cara kita dalam menyapaian pesan saat presentasi, maka semakin yakin kita berani dan percaya diri melalui kemampuan public speaking dengan cara mengekpresikan gagasan komunikasi yang efektif untuk memengaruhi, mengubah opini, memberikan edukasi serta memberikan informasi dihadapan publik sehingga kemampuan dalam public speaking yang berani dan percaya diri dapat dilaksanakan dalam bentuk tindakan sehingga akan mengasah ketermpilan diri menjadi lebih baik. Bagi teman-teman yang ingin mengasah kemampuan public speakingnya, Communication Department Binus University selalu menyediakan berbagai workshop maupun seminar yang bisa diikut. Simak jadwalnya di website atau Instagram Jurusan ya.