Tanggal 8 Maret lalu merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi wanita di seluruh dunia, karena pada tanggal tersebut dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day (IWD). Dilansir dari laman IWD (internationalwomensday.com), di tahun 2021 ini Hari Perempuan Internasional memiliki tema #ChooseToChallenge. Tema ini dipilih tentunya sebagai harapan agar para wanita dapat menjawab tantangan dunia saat ini maupun yang akan datang. Sejatinya wanita memiliki kapasitas yang sama dengan kaum pria. Wanita berhak menempuh pendidikan setinggi mungkin, wanita juga berhak untuk meniti karier, bahkan wanita juga mempunyai hak yang sama untuk menjadi seorang pemimpin. Di Indonesia sendiri kita mengenal ibu R.A Kartini sebagai pelopor emansipasi wanita. Berkat perjuangan beliau dalam menyetarakan hak kaum wanita, masa kelam wanita Indonesia yang hanya dianggap sebagai budak pada jaman penjajahan, kini telah berakhir. Kaum wanita kini bebas menentukan arah kehidupannya sendiri. Memiliki hak yang sama dengan kaum lelaki dalam berbicara dan menyampaikan pendapat.

            Hal ini telah dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peminat wanita untuk berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Salah satu cabang dari Ilmu Kounikasi yang banyak diminati kaum wanita adalah Public Relations. Public Relationssangat berkaitan dengan publik, karena salah satu fugsinya yaitu menjadi sebuah jembatan komunikasi antara perusahaan dan publiknya. Berdasarkanjurnal yang berjudul Perempuan Dalam Dunia Public Relations, disebutkan bahwa terdapatstigma yang beranggapanPublic Relationslebih cocok di dudukioleh kaum wanitakarena wanita dinilai lebih mempunyai sifat yang ramah, luwes dan fleksibel dalam bergaul dan mungkin juga bisa lebih mudah dalam memberi persuasi pada orang lain atau konsumen. Di lihat dariperkembanganinilah banyak perusahaan yang mulai lebih tertarik menempatkanperempuan sebagaiwajah perusahaannya karena dinilai dapat lebih menguntungkan perusahaan itu sendirimelalui daya tarik yang tinggi.

            Alasan wanita bekerja salah satunya adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan juga sarana untuk menjalin komunikasi mereka dengan dunia luar. Semakin baik tingkat pendidikan yang wanita capai tentumengakibatkansemakinbesarnyajugajumlah wanita yang bekerja. Selain itu keinginan wanita untuk bekerja salah satunya disebabkanolehanggapan bahwa wanita bekerja adalahsebagai bentuk partisipasi nyata dari emansipasi wanita.Tema #ChooseToChallenge yang dipilih sebagai tema International Women’s Day tahun 2021 tentulah sangat cocok dengan keadaan saat ini dan diharapkan menjadi sebuah pacuan untuk wanita di seluruh dunia, khususnya di Indonesia bahwa mereka tidak hanyabisabekerja menjalankan tugas kerumahtanggaan semata, tetapi juga bisa dan berhak bekerja untuk dunia luar.

By: Ilma Geniarahmah