Pada 8 Maret 2021 perempuan dari seluruh penjuru dunia merayakan Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day (IWD) dengan mengangkat tema #ChooseToChallenge. Melansir pada laman resmi International Women’s Day (IWD) tema ini tentang perempuan dapat memilih untuk menyeruakan bias dan ketidaksetaraan gender dengan pose mengangkat satu tangan tinggi-tinggi menjadi simbol komitmen perempuan menantang setiap bentuk ketidaksetaraan, bias gender, dan membantu dunia yang inklusif.

Perempuan sering kali disebut sebagai ancaman bagi laki-laki dengan menilai bahwa wanita karir tidak akan dapat mengurus keluarga dengan baik. Namun, sudut pandang laki-laki saat ini tidak selamanya benar kepada wanita karir. Banyak pasangan yang sama-sama bekerja dan mampu bersama-sama mempertahankan keluarga yang bahagia dengan kesuksesan berkeluarga secara bersama laki-laki dan perempuan bukan hanya bergantung pada laki-laki saja. Justru menjadi pasangan yang ideal untuk membagun keluarga.

Di era emansipasi saat ini pendidikan tinggi hingga kesempatan jenjang karir yang baik yang diberikan kaum perempuan membuat banyak perempuan yang fokus untuk mencapai karir yang tinggi sehingga kaum perempuan memiliki identitas diri yang penting bagi hidupnya untuk mengembangkan diri dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi. Pada saat ini sudah banyak perempuan yang memiliki pekerjaan, karir, dan jabatan yang setara dengan kaum laki-laki, maka perempuan yang berkarir bukanlah salah satu ancaman bagi kaum laki-laki. Oleh karena itu, saat ini adalah sudah tidak masanya lagi bagi laki-laki terancam dengan perempuan untuk menjalankan karirnya. Justru itu adalah salah satu yang berharga dan kebanggaan bagi laki-laki terhadap perempuan yang menjalankan karir karena banyak hal yang menunjang hubungan jangka panjang. Serta menjadi cerminan diri bagi laki-laki di mata lingkungan sosial saat menjalin hubungan dengan wanita karir saat ini.

By: Agung Supriyadi