Golf sebenarnya sudah lama menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup dikenal di dunia. Namun dikala Pandemic Covid – 19 ini sedang berlangsung, Olahraga Golf malah menjadi sebuah trend dan sedang disukai oleh banyak masyarakat. Golf biasa dimainkan di lapangan rumput yang memiliki luas kisaran 20 sampai dengan 250 hektar. Objektif olahraga golf adalah memasukkan bola ke lubang dengan jumlah pukulan sesedikit mungkin dengan menggunakan stik golf.

Kita semua pasti sudah tahu jika semua olahraga tentunya memiliki sebuah manfaat, salah satunya adalah Kesehatan jasmani. Olahraga seringkali berkaitan dengan menggerakan anggota badan secara dinamis. Semakin banyak pergerakan anggota badan yang dilakukan, maka semakin baik manfaatnya bagi tubuh kita, namun apakah begitu ?

Ternyata olahraga golf yang hanya memukul bola dan mengarahkannya ke lubang saja memiliki banyak manfaatnya bagi Kesehatan kita . Dilansir dari penelitian terbitan British Journal of Sport, bermain golf secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit untuk jantung dan strok. Selain itu, menurut BT News, bermain golf dapat memberikan aktivitas fisik aerobic yang memiliki potensi untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh bagi orang dewasa. Para ahli internasional menilai saat ini banyak orang yang belum mengetahui benar manfaat dari bermain golf. Menurut penelitian, setidaknya untuk menggapai hasil maksimal, bermain golf dianjurkan dilakukan rutin setidaknya selama 150 menit tiap minggunya. Rekomendasi ini adalah hasil dari tinjauan sistematis 342 studi mengenai golf disertai diskusi antar kelompok kerja internasional yang melibatkan 25 ahli kebijakan Kesehatan dan pelaku industry golf. Meskipun intensitas permainannya rendah, namun golf memiliki manfaat yang besar jika dilakukan secara rutin.

Dikutip dari Healthline, Para peneliti mengutip hotline kesehatan yang mengatakan bahwa orang tua yang sering bermain golf memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1989-1999. Partisipan dalam penelitian ini menjalani pemeriksaan fisik secara rutin dan kunjungan klinis. Sepuluh tahun kemudian, setiap kejadian kardiovaskular (seperti serangan jantung atau stroke) dievaluasi, dan penelitian tersebut melibatkan sekitar 5.900 orang, 384 di antaranya bermain golf. Studi tersebut menemukan bahwa selama masa tindak lanjut, 8,1% pegolf mengalami stroke, sedangkan 9,8% menderita penyakit jantung. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah pertandingan kardiovaskular antara pegolf dan lainnya. Namun, dibandingkan dengan statistik, para peneliti menemukan temuan yang menarik. Di antara pegolf biasa, angka kematian adalah 15,1%, dibandingkan dengan 24,6% untuk non-pegolf.

Olahraga golf ternyata juga memiliki manfaat lain bagi efek Kesehatan mental. Menurut Andrew Murray, salah satu peneliti mengatakan bahwa bermain golf dapat memberikan efek Kesehatan mental yang baik serta meningkatkan aura positif secara keseluruhan. Permainan golf merupakan jenis olah raga yang sangat ramah bagi orang – orang yang memiliki keterbatasan fisik dan memiliki tingkat resiko yang tidak terlalu besar.

Selain Kesehatan jasmani dan rohani, ternyata olahraga golf juga memiliki manfaat dalam sisi lain salah satunya adalah mempermulus proses negosiasi dalam suatu bisnis. Dilansir dari fourhillscc, olahraga golf memiliki banyak manfaat dalam memuluskan proses negosisasi pada sebuah bisnis antara lain yaitu dapat membuka peluang bisnis lewat obrolan santai dan mengarah ke perbincangan bisnis yang dilakukan selama permainan golf berlangsung, membaca situasi bisnis yang sedang berlangsung, mengambil keputusan strategi bisnis, dan juga menangani berbagai macam karakter rekan bisnis.