Makanan khas Indonesia ini banyak sekali diminati oleh seluruh kalangan warga lokal ataupun asing yang terbuat dari sayuran utuh dengan saus kacang dan telur rebus apalagi kalo bukan gado – gado. Tak hanya itu saja gado – gado memiliki cita rasa yang sangat enak dan menyehatkan untuk para kalangan yang sangat suka sekali dengan sayur – sayuran ( Vegetarian).

Gado – gado yang biasa dijuluki sebagai saladnya Indonesia, memiliki khasiat yang besar dan baik untuk kesehatan, Karena menu gado – gado tersebut dengan teknik memasak dengan cara direbus ( steam) sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Tetapi sayangnya makanan khas Indonesia ini dengan bahan sayir – sayuran yang telah direbus justru sebagian masyarakat masih ada yang salah dalam penggunaannya baik komposisinya, maupun Teknik dalam pembuatannya. Padahal makanan khas Indonesia ini jangan sampai asal untuk disajikan dalam bentuk dish, karena banyak sekali persamaan dan perbedaan menu gado – gado dengan menu lainnya yang sama seperti pecel ataupun lotek, Ada beberapa perbedaan gado – gado dengan menu lainnya.

Gado – gado biasanya memiliki bumbu yang jauh lebih beda dengan bumbu pecel atau lotek, gado – gado umumnya menggunakan bumbu – bumbu pecel yang dimasak bersama menggunakan santan, sayuran yang harus direbus nggak semuanya untuk direbus terlebih dahulu, jadi gado – gado adalah sayuran mentah yang telah dikombinasikan yang telah direbus. Berbeda dengan pecel dan lotek, pecel biasanya menggunakan bahan – bahan bumbu saus kacang dengan sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, kecipir, dan sayuran lain – lain. Sementara untuk lotek makanan khas Jawa Barat ini biasanya berisi sayuran sama persis seperti pecel tetapi menggunakan sayur seperti kol, dan tidak menggunakan kecipir, dan teknik dalam penyajian lotek sangat berbeda dengan pecel ataupun gado – gado.

Nah udah kebayang kan yang mana gado – gado, pecel, atau lotek, jadi menu cermati dulu menu yang  benar jangan sampai asal.