“Bergayalah sesuai isi dompetmu” adalah kata untuk menyadarkan orang yang masih memiliki gensi yang tinggi. Gaya hidup masyarakat Indonesia dari dulu hingga sekarang sangat mengikuti zaman bahkan tidak salah lagi jika mereka menghabiskan uang untuk membeli yang bukan kebutuhan dan hanya lapar mata saja. Hasrat ingin membeli dan isi dompet pun tidak ada membuat masyarakat Indonesia menjadi gengsi dan tidak memikirkan untuk masa depannya bahwa gengsi itu tidak baik dan mempengharuhi kehidupan. Mereka memiliki gengsi biasanya karena mempunyai teman yang mengikuti perkembangan zaman maka masyarkat Indonesia mengikuti arus tersebut walaupun dompet tidak ada isinya. Berikut adalah cara agar tidak memikirkan gensi yang berlebihan.

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Rasa gengsi biasanya terjadi karena melihat masyarakat atau teman dengan harta,sosial,status dan prestasi yang dimiliki. Dan orang yang memiliki sifat gengsi biasanya tidak takut untuk berbohong demi menunjukan kalau dia ‘lebih’ dari mereka. Menghargai dan tetap menjadi diri sendiri akan lebih tenang dan tidak terbawa oleh gengsi. Hargai apa yang anda miliki dan sudah sampai mana yang kita capai agar lebih merasakan prosesnya dan bahagianya.

Percaya Diri

Jangan merasa kurang agar bisa percaya diri. Percaya diri membuat kita lebih positif dan tidak memikirkan orang lain. Jangan  selalu membandingkan prestasi dan pencapaian yang Anda miliki dengan orang lain itu akan membuat Anda ingin harga diri Anda selalu lebih dari orang lain. Maka percaya diri lah agar anda merasa lebih tenang dan harus beryukur apa yang dikasih oleh Sang Pencipta agar tidak selalu memikirkan gengsi. Percaya diri juga membuat anda menjadi memikirkan masa depan dibandingkan dengan gengsi mengikuti perkembangan zaman yang tidak ada habisnya.

 

Jangan Ikut-Ikutan

Dengan adanya perkembangan zaman, kita pasti pernah mengingkinkan apa yang orang lain miliki,memang itu wajar tetapi jika terpaksa dan mengikuti gengsi akan dilihat anda tidak bergaya sesuai isi dompet. Misalkan anda mempunyai petemanan yang menyukai shopping atau makan di tempat mewah,jika anda tidak mampu katakanlah daripada anda terus tertekan karena gengsi anda. Hal tersebut bisa merugikan anda karena uang yang anda pakai bisa membeli kebutuhan lainnya disbanding mengikuti gengsi anda. Maka dari itu pahamilah bahwa gengsi itu akan membuat anda tertekan dan bergayalah sesuai isi dompet anda.

 

Jangan Malu Mengucapkan Kata Maaf, Terimakasih dan Tolong

Jika anda ingin menghilangkan rasa gengsi tetapi susah,mungkin yang paling mendasar adalah anda harus belajar dan sering mengucapkan kata maaf,terimakasih dan tolong.’Maaf’ berminta maaflah jika anda melakukan kesalahan terhadap orang lain agar hati anda juga tenang. ‘Terimakasih’ kata ini adalah Ketika kita menerima sesuatu atau bantuan dari orang lain agar orang lain merasa dihargai dan terakhir kata ‘Tolong’ kata ini menunjukan bahwa kita memerlukan orang lain dan tidak bisa hidup sendirian. Tiga kata itu sangat bermakna dan bisa menghargai orang sekitar anda.