Datangnya tahun baru 2021 memberikan kita banyak waktu untuk bersenang senang dan mencoba hal baru. Terutama untuk para pembaca yang baru saja melakukan Ujian Akhir di sekolah atau di kuliah masing masing. Tetapi, meskipun liburan yang akan datang membawa rasa gembira, perasaan cemas untuk berjalan jalan keluar rumah masih membekas karena masih maraknya pandemi Covid – 19. Nah, buat kalian yang ingin mencoba bermain games untuk mengisi waktu luang tapi bingung mau main apa, berikut adalah list games atau permainan yang bisa kalian coba di rumah.

  1. Sims 

     

     

     

     

Sims 4 sudah dikenali banyak orang orang, terutama bagi para gamers. Tetapi untuk non – gamers, kalian mesti coba yang satu ini! Sims 4 adalah sebuah permainan simulasi dimana kalian bisa membuat karakter kalian sendiri dan mengontrol karakter buatan kalian sesuai apapun yang kalian mau. Fitur fitur nya seperti kustomisasi pakaian, memilih sifat karaktermu, membuat rumah, dan membuat keluarga idaman, adalah hal yang membuat Sims 4 sangat seru untuk dimainkan!

Game Electronic Arts (EA) ini sudah keluar semenjak tahun 2014, dengan tambahan update dan konten konten barunya di setiap DLC, membuat Sims 4 banyak sekali kegiatan untuk dilakukan didalam game tersebut. Seperti salah satu DLC nya yang bernama Discover University. DLC ini memberikan konten dan fitur untuk para pemain mengontrol karakter nya untuk mengikuti kegiatan kampus atau universitas. Kalian bisa membuat karakter kalian pintar dengan belajar, atau bermalas malasan di asrama bersama teman teman. Kalian bisa berfokus ke seni, atau mengikuti kegiatan olahraga bola sepak. Semua itu bisa kalian lakukan hanya dengan satu konten DLC, bayangkan bila kalian memiliki semua DLC nya, yang bertotal 9 DLC, Wow!

2. Stardew Valley

Serupa, tapi tak sama! Stardew Valley adalah game roleplaying simulation yang dirilis oleh ConcernedApe pada tahun 2016. Berbeda dengan Sims 4, game ini adalah simulasi pertanian dan peternakan yang bertempat di desa. Meskipun bertani dan beternak kedengarannya membosankan, tetapi permainan ini sangatlah menyenangkan. Dengan visualnya yang 2D dan berwarna, game ini sangat rileks dan santai untuk dimainkan. Awal mula permainan kalian akan disuruh untuk belajar beternak dan bertani sebagai mata pencaharian kalian agar mendapatkan uang dalam game tersebut. Menanam biji bijian, beternak sapi atau ayam, memancing, menambang bijih langka, berbicara kepada penduduk, adalah hal yang akan kalian temui dalam game ini.

3. Rocket league

Bosan dengan bermain bola atau basket dengan begitu – begitu saja? Rocket League adalah jawabanmu! Meskipun Rocket League adalah game yang cukup sulit untuk dikuasai, game ini memiliki gameplay yang sangat simpel dan gampang untuk dipahami; ini adalah permainan bola, tetapi dengan mengendarai mobil.

              Tujuan dari permainan ini hampir serupa dengan permainan bola yang kalian ketahui. Kedua tim saling berlawanan untuk mencetak bola ke dalam lawang gol lawan. Bila waktu habis, maka poin yang terbanyak yang akan menjadi penentu siapa yang akan menang. Kedengerannya seru, bukan?. Rocket League juga menjadi salah satu game yang sangat cocok untuk dimainkan bersama teman teman kalian, karena kerja sama tim dalam permainan ini menjadi salah satu kunci penting dalam memenangkan permainan. Selain itu mereka juga punya fitur permainan Hoops dimana kalian bermain mode layaknya bermain basket, dimana lawang gol diganti menjadi ring basket. Ditambah dengan fitur kustomisasi mobil kalian yang seru untuk ditunjukkan ke teman teman kalian.

              Tapi sayangnya, untuk memainkan permainan ini lebih efektif, kalian membutuhkan controller untuk menjalankan mobil kalian. Bermain menggunakan keyboard di game ini sangatlah sulit untuk dilakukan, karena kontrol nya yang tidak supportive untuk dimainkan di keyboard membuat mengendalikan mobil kalian menjadi sulit dan tidak akurat untuk dijalankan.

              Game ini dirilis semenjak tahun 2015, di kembangkan dan dirilis oleh Psyonix. Awalnya dirilis oleh Microsoft dan Playstation, yang kemudian ports nya dirilis untuk Xbox One dan Nintendo Switch.

4. Worms Franchise

Dikembangan dan dirilis oleh Team17Digital Ltd. Worms adalah game yang dimana kalian dan teman teman kalian bermain sebagai Worms kecil dengan berbagai macam senjata di perlengkapan dan mengalahkan tim lawan dengan senjata yang kalian miliki. Game turn-based 2D  ini sangat seru untuk dimainkan sendirian, bahkan makin seru bila bersama teman teman. Dengan kontrolnya yang simpel dan tiap giliran memiliki waktu terbatas, membuat game ini menjadi sedikit tegang dan seru. Ditambah dengan reaksi dan kegagalan yang bakalan kalian alami saat bermain game ini, akan membuat kalian tertawa terbahak bahak bersama teman kalian.

5. Minecraft

Siapa yang nggak kenal dengan title yang satu ini? Minecraft sudah rilis semenjak tahun 2009 oleh Mojang Studios, yang kemudian dibeli oleh Microsoft pada tahun 2014 dan Mojang Studios menjadi hak milik mereka. Minecraft adalah game survival adventure yang bertujuan untuk menyiapkan perlengkapan kalian untuk bertarung dan mengalahkan boss terakhir, Ender Dragon. Itu bila kalian ingin bermain survival. Dalam mode Creative, kalian bisa membangun apa saja yang kalian inginkan sesuai imajinasi menggunakan blok blok yang tersedia di Minecraft.

Banyak sekali yang bisa kalian lakukan didalam game ini selain mencoba untuk melawan Ender Dragon. Salah satunya adalah membangun rumah, bercocok tanam, berternak, berburu monster monster dan mobs, bertambang di bawah tanah dan mendapatkan bijih yang langka, dan kalian dapat melakukan itu semua bersama teman teman kalian! Ditambah fitur dunia nya yang open world, membuat dunia yang kalian eksplor tidak ada habisnya untuk dijajah.

Selain bermain di dunia Survival dan Creative, kalian juga bisa bergabung didalam server online minecraft yang memiliki berbagai macam fitur minigame didalamnya. Seperti hunger games, prison, Skyblock, PvP, PvE, dan masih banyak lagi yang dapat kalian lakukan!