Menjaga Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan menjaga Kesehatan fisik. Kita tidak bisa berfokus pada Kesehatan fisik saja tetapi kesehatan mental juga memiliki peran yang besar dalam kehidupan. Terlebih lagi pada saat pandemi seperti ini, masyarakat dihadapkan dengan aturan new normal yang mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Selain itu, masih banyak keadaan didalam pandemi ini yang masih membutuhkan adaptasi yang cepat.

Kesehatan mental yang tidak dijaga dengan baik, akan mempengaruhi kondisi fisik atau yang disebut piskosomatik. Psikosomatik adalah gangguan jiwa yang berhubungan dengan penyakit. Dalam kondisi ini, seseorang merasakan kondisi badannya sakit karena dipengaruhi kondisi psikisnya yang terganggu, seperti penyakit maag atau mengalami kekacauan asam lambung karena dipengarusi kecemasan yang dialami.

Sebelum mengetahui cara menjaga Kesehatan mental alangkah baiknya jika kita mengenali beberapa ciri-ciri umum dari orang yang terganggu kesehatan mentalnya.

Yang pertama, merasa sedih yang berkepanjangan, kadang tanpa sebab yang jelas. Kedua, merasa tidak sabar dan cepat marah. Ketiga, pola makan yang berubah drastic. Kurangnya konsentrasi, paranoid atau memiliki rasa cemas yang berlebihan terhadap sesuatu yang semestinya tidak perlu dicemaskan.

Lantas, bagaimana sebaiknya menjaga Kesehatan mental?

Kita bisa memulainya dengan cara bijak dalam menerima suatu informasi. Paparan pemberitaan mengenai pandemi secara intens dapat memicu kecemasan berlebih. Pastikan untuk mengurangi dan membatasi informasi mengenai pandemi. Kedua, lakukan olahraga. Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Pastikan pola makan tetap dijaga secara teratur dengan asupan bergizi seimbang. Tubuh yang sehat dapat menjaga kesehatan mental secara langsung maupun tidak langsung. Yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu selalu berkomunikasi dengan orang lain. Carilah teman yang bisa diajak berbicara dengan tenang dan dapat mendengarkanmu dengan baik.

Jadi mulai sekarang, kamu memiliki berbagai cara langkah-langkah positif sederhana untuk menjaga kesehatan mental kamu. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan, kamu hanya memerlukan menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.