Vespa, terdengar klasik dikalangan orang awan. Sebagian orang menganggap bahwa vespa identik dengan pandangan klasik, antik, dan ketinggalan jaman. Skuter asal Italia ini mulai ada pada tahun 1884, lalu mulai masuk ke Indonesia di tahun 1960-an, vespa klasik ini langsung menjadi popular dan menarik minat banyak orang. Namun, popularitas vespa mulai menurun karena banyaknya kendaraan modern yang lebih canggih dan unggul mulai bermunculan dan membuat vespa ditinggalkan oleh peminatnya.

Vespa ini akhirnya hanya diminati oleh kalangan dewasa akhir, seperti bapak-bapak yang memang memiliki minat tinggi terhadap vespa. Vespa sendiri memiliki ciri khas yang unik yakni bentuk body belakang menyerupai bokong lebah, dan bagian depan tidak seperti kendaraan bermotor pada umumnya. Warna pada body vespa terlihat lebih dominan dengan satu warna tanpa embel-embel stiker atau hiasan lainnya, tapi tetap terlihat kharismatik dan elegan.

Seiring berjalannya waktu, vespa kini mulai berevolusi, hadir kembali kepermukaan dengan bentuk yang lebih modern dan teknologi yang lebih canggih dengan transmisi automatic membuat cara mengendarai vespa menjadi lebih mudah dibanding generasi sebelumnya yang menggunakan transmisi manual. Pada 2005, vespa tipe LX mulai dilirik banyak peminat, tidak hanyak peminat vespa, namun orang awan yang menilai vespa sebagai kendaraan antik-pun tertarik dengan vespa tipe terbaru ini.

Kini, mulai banyak orang menaruh minat pada vespa, dan menanti keluaran vespa modern tipe terbaru. Puncaknya ada di 10 tahun terakhir, peminat vespa naik secara drastis, vespa mulai sering terlihat dan banyak dijumpai dijalanan. Sampai saat ini, peminat vespa semakin tinggi. Sebagian dari pengguna vespa modern di dominasi oleh kalangan milenials. Vespa modern lebih memiliki desain modern-klasik, dengan bentuk yang lebih ramping dan ringan. Pilihan warna pada vespa tipe terbaru juga disesuaikan dengan ciri khas vespa, yakni warna-warna netral dan mendominan, sehingga tidak memiliki corak seperti kendaran bermotor lainnya.

Kalangan milenials tertarik menggunakan vespa selain karena minat, mereka menganggap vespa sebagai “art” berjalan, karena memiliki historical yang panjang sebagai kendaraan bermotor, selain itu vespa juga menjadi lifestyle mereka. Selain mengangkat kembali popularitas vespa, vespa dapat menjadi alternatif pilihan kendaraan yang mendukung gaya fashionable di era sekarang.