Dibuat oleh Frederick Lamuel Martin

Mengunjungi suatu tempat yang indah memang dapat menjadi sebuah kepuasan tersendiri. Tetapi pernahkah kalian melihat tempat yang begitu indah, dengan melihat keajaiban sang pencipta dapat menciptakan suatu tempat yang dapat dikatakan seperti surga di Bumi. Kalian tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk dapat menikmati hal-hal indah tersebut. Keindahan tersebut tersebut terdapat di Tanah Indonesia, Tanah Sumba merupakan tanah ajaib tersebut. Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur, banyak menyimpan keajaiban dan keindahan yang diciptakan oleh sang Pencipta.

Padang rumput yang luas serta disambut perbukitan yang asri seakan menjadi pemandangan yang sangat Indah, dan pemandangan tersebut yang akan seringkali ditemui saat bepergian ke tanah ajaib tersebut. Tidak hanya dataran rumput atau lading yang luas atau bahkan bukit-bukit seperti yang terdapat dalam serial anak-anak teletubies, terdapat juga sumber air yang sering menjadi spot menarik seperti air terjun yang dapat menjadi tempat berwisata, melepas penat. Sumba dapat menjauhkan kita dari rutinitas yang kerap kali merenggut kesenangan kita, Sumba dapat lebih mendekatkan kita dengan alam, mengenal alam ini lebih dekat dan dapat menikmati keindahan sang pencipta. Setibanya di Tanah Sumba, kalian akan sulit mendapatkan sinyal untuk berkomunikasi menggunakan handphone, provider yang bisa mencukupi kebutuhan digital kalian hanyalah telkomsel selain daripada itu akan sulit mendapatkan sinyal. Hal tersebut dapat menjadi sebuah keuntungan kalian dapat menikmati liburan dengan lebih meresapi keindahan alam dan meninggalkan seluruh penat untuk waktu yang sementara, sehingga Ketika Kembali dari liburan dapat menjadi sebuah dampak yang baik tentunya untuk diri sendiri, karena berhasil menikmati liburan dengan rasa yang terpenuhi dan tanpa beban.

Menikmati keindahan alam Sumba tidak membutuhkan pengeluaran uang yang sangat banyak, beberapa tempat wisata dapat diakses dengan gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser-pun namun dapat menikmati keindahan dan keajaiban sang pencipta dengan pemangdangan yang sangat indah. Adat tradisi penduduk masih sangatlah kental, jika kalian berniat untuk mengunjungi sumba dimohon dengan sangat untuk dapat menjadi tamu yang sopan dan santun, jangan sampai mengeluarkan statement atau perkataan yang kiranya dapat menyerang atau menyakiti hati penduduk Sumba. Tradisi yang masih sangat kental, membuat kita juga akan melihat keunikan warga-warga Sumba yang jarang kalian temui di daerah lain. Seperti contoh kalian akan sering menemukan sebuah gapura-gapura unik didepan rumah penduduk, Gapura tersebut bukanlah gapura yang dipakai untuk berkumpul, nongkrong seperti yang sering kita temui. Gapura tersebut merupakan sebuah makam milik keluarga yang sudah meninggal terlebih dahulu. Tradisi-tradisi unik tersebut yang membuat mata kita dapat semakin terbuka akan budaya-budaya baru dan membuat kita semakin kenal dengan budaya-budaya masyarakat Indonesia lainnya.

Udara yang begitu baik, belum tercemar limbah udara atau polusi membuat langit sumba di siang hari sangatlah indah dan jelas, kita dapat melihat kejelasan bentuk awan yang begitu indah menggumpal putih seperti bulu domba dan langit biru muda yang menjadi warna latar untuk awan. Waktu malam hari, kita dapat menyaksikan bintang-bintang yang bahkan sudah tak dapat dihitung jumlanyanya menghiasi malam disumba dengan galaxy-galaxy lainnya, hingga tak ingin melewati indahnya setiap malam. Setiap malam kalian dapat melihat keajaiban luar angkasa dengan bantuan kamera DSLR dengan lensa yang memadai untuk menangkap sebuah gambar yang akan jarang sekali kalian lihat seperti milkyway sebuah keajaiban sang pencipta membuat kita dapat tercengan seketika melihatnya, seaakan sebuah hal yang hanya dapat dilihat di buku-buku ilmiah namun kini dapat menjadi kenyataan dapat terlihat langsung secara jelas dengan mata kepala kita sendiri. Alam yang masih terawat serta belum tercemanya polusi-polusi yang dapat merusak lingkungan, membuat Sumba masih menjadi Tempat yang asri, subur, dan bahkan setiap tarikan nafas dapat menjadi sebuah tanda syukur kepada Sang Pencipta terlah menciptakan keindahan yang tiada tara ini. Tumbuhan yang tumbuh ditanah Sumba dapat menjadi saksi akan Kesuburan Surga yang ada di bumi ini.

Setelah beberapa keindahan dari tradisi adat istiadat atau keindahan alamnya, masih ada keindahan lainnya yang disuguhkan dari Tanah sumba. Kali ini keindahan tersebut berasal dari kekreatifan dan kemampuan yang tidak banyak orang miliki dan sebuah keistimewaan warga Sumba yang dapat melakukan. Keistimewaan berikut merupakan sebuah kain tenun, mungkin Ketika mendengar kain tenun kalian akan berpikir biasa saja sama seperti kain tenun dari daerah lainnya seperti bali atau daerah apapun tetapi kain tenun khas Sumba sangatlah unik karena kain tenun tersebut ditenun dengan tangan warga Sumba sendiri dengan kesabaran dan keuletan untuk membuat satu bentuk karya seni yang sangatlah indah, yang membuat kain tersebut istimewa setiap kain tenun yang dibuat memiliki makna dan artinya masing-masing atau bahkan. menjelaskan sebuah cerita yang unik dan terkadang juga dapat merupakan sebuah cerita sejarah tentang suatu daerah di Sumba. Setiap warna yang dipakai untuk menghiasi kain tenun tersebut bukan berasal dari pewarna apapun melainkan warna yang dihasilkan berasal dari tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di daerah sumba sehingg membuah warna berasal dari bahan yang natural dan tentunya organik. 1 kain tenun Sumba dapat didapatkan dengan harga yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan dalam 1 kain tenun terdapat banyak hal yang terkandung dan proses pembuatan satu kain tenun membutuhkan waktu yang sangat lama dikarenakan bahan pewarna yang natural dan tenunan masih menggunakan tangan dan alat yang sangat tradisional untuk tetap menjaga keorisinilan dan ciri khas kain Tenun Sumba, satu kain Sumba dapat dipatok harga mulai dari jutaan sampai ratusan juta tergantung ukuran kain dan sejarah atau cerita yang terkandung salam satu kain tenun tersebut.

Dalam satu kali perjalanan liburan di tanah Sumba akan mengenalkan kita kepada Surga dibumi sesungguhya, tanpa harus melakukan perjalanan ke luar negeri. Bahkan banyak juga wisatawan dari mancanegara yang dating untuk menikmati Surga di bumi yang berada di atas tanah Sumba. Melakukan perjalanan juga tidak hanya untuk menikmati keindahan alam tetapi juga terdapat keindahan lainnya seperti kain tenun Sumba yang merupakan keindahan dari rakyat Sumba. Satu kali perjalanan akan medapatkan paket komplit yang dapat memuaskan liburan. Bersyukur Tuhan menciptakan sebuah Keajaiban dan menaruhnya di negara kami tercinta Indonesia, dengan kekayaan alam, kekayaan budaya, dan kekayaan yang dapat dinikmati oleh setiap orang dan inilah Surga ditanah Sumba.