Untuk para wanita bra bukan lagi hal yang asing melainkan suatu kebutuhan pribadi,tetapi beberapa wanita masih asing dan masih menyepelekan sport bra. Sebenernya apa itu sport bra? Sport bra adalah jenis bra yang digunakan saat sedang olah raga. Bra ini dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat,Bra jenis ini didesain untuk menutup dan menyangga payudara dengan baik ketika sedang berolahraga. Pentingnya penggunaan sport bra saat berolahraga memang sangat jarang dibicarakan padahal sport bra memiliki pengaruh besar ketika wanita sedang berolahraga.

     Perbedaan sport bra dengan bra biasa jelas terlihat dari sisi fungsionalitas nya.Bra biasa tidak akan maksimal dan mampu ketika dipakai. Lain hal dengan sport bra,desain khusus dari sport bra,seperti tali dari sport bra lebih lebar,bra lebih lentur,menyerap keringat dan cepat kering,itu membuat sport bra menjadikan bra yang wajib digunakan ketika berolahraga.Sport bra juga dapat mengurangi cidera punggung ketika olahraga dibanding ketika anda menggunakan bra biasa saat berolahraga.

Saat berolahraga tentu yang berada di pikiran adalah bagaimana melakukan olahraga yang baik, tanpa memikirkan pakaian yang harus anda pakai.Berikut tipe-tipe dari sport bra :

 ➢ Encapsulation bra

Jenis bra ini cocok digunakan untuk ukuran payudara cup D.

➢ Compression bra

Jenis bra ini cocok digunakan untuk ukuran payudara A dan B.

➢ Compression/encapsulation bra

Lebih populer dengan nama “combination bra”. Bra ini cocok digunakan untuk payudara berukuran cup C atau D.

Bagaimanapun, memakai sport bra sangat penting pada wanita saat melakukan olahraga, Karena sport bra yang baik akan mampu menyangga payudara anda secara maksimal saat anda melakukan aktifitas fisik.Ternyata masih banyak manfaat dari sport bra yang belum anda ketahui loh! Yuk cek point-point diabawah ini :

  1. Sport bra memiliki peregangan terbatas

Tidak seperti bra normal yang memiliki lebih banyak bahan lycra di dalamnya,sport bra memiliki peregangan yang sangat terbatas di bagian cup, tali, dan punggungnya. Hal ini guna membatasi pergerakan payudara saat olahraga.

  1. Dibuat dari bahan khusus

Sports bra terbuat dari bahan khusus sehingga sport bra tidak gerah, dan lebih cepat kering, sehingga bra tidak dalam kondisi lembab terlalu lama karena keringat yang dihasilkan dari aktifitas olahraga.

  1. Mengurangi pantulan payudara

lebih baik daripada bra biasa

Riset yang di lakukan oleh The University of Portsmouth menemukan bahwa bra normal mengurangi pantulan payudara yang biasa terjadi saat berolahraga hanya 38%, sementara sports bra bisa melakukannya hingga 78%.

  1. Sport bra dapat menjaga kesehatan tulang punggung

Bra yang baik adalah bra yang bisa menopang payudara kamu tanpa membuat bahu dan punggung pegal-pegal. Bentuk dan desain sport bra yang besar dapat mencegah anda mengalami gangguan pada daerah punggung.

  1. Sport bra dapat menjaga bentuk payudara

 Saat berolahraga, tanpa sport bra yang tepat dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. kulit dan ligamen pun dapat melebar yang bisa menyebabkan payudara mengendur.

Bra sport sangat penting digunakan saat berolahraga karena dapat mencegah terjadinya kerusakan jaringan payudara saat berolahraga. Pilihlah bra sport yang sesuai dengan ukuran payudara anda. Gunakan sport bra yang pas dengan tubuh anda sehingga menungkinkan anda untuk bergerak dengan bebas saat berolahraga dan jangan gunakan bra sport yang terlalu ketat karena akan menghalangi pernafasan Anda.Yuk jangan sepelekan sport bra lagi! kenyamanan dan kesehatan nomor 1 bukan?