Dibuat oleh Muhammad Afif Fatur Rachman Meylala – 2301936214

Menikmati hidup tidak ada artinya tanpa Kesehatan lhoo, terlebih kemerdekaan masyarakat global, khususnya Indonesia sekarang ini sedang terbelenggu oleh pandemi COVID-19 dan beragam penyakit menular lainnya. Kata Dr. Hilna Khairunissa M. Gizi Sp.Gk menyampaikan kesehatan itu adalah kemerdekaan mutlak setiap individu. Dengan tubuh yang sehat maka akan bisa menikmati indahnya hidup “Banyak cara untuk mendapatkan kesehatan, salah satunya yang utama adalah melalui pola makan bergizi seimbang, termasuk rutin mengonsumsi buah & sayur,” ujarnya dalam siaran pers Fibrefirst.

Dr. Hilna Khairunissa M pun memberikan beberapa langkah menikmati hidup dengan tubuh yang sehat di tengah pandemi covid-19.

  1. Konsumsi Cukup Buah & Sayur Setiap Harinya

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah dan sayur adalah kunci dasar kesehatan karena dapat memberikan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Serat dengan kualitas yang baik akan membuat pencernaan sehat, dan dengan pencernaan sehat maka imun tubuh pun jadi kuat. Menurut penelitian menunjukan 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan.

Selain itu, dengan pencernaan sehat maka penyerapan nutrisi pun akan lebih optimal. Suplemen seperti FibreFirst bisa menjadi alternatif untuk memenuhi asupan serat dan nutrisi harianmu jika dalam sehari-harinya belum dapat memenuhi kebutuhan serat yang cukup.

2. Berolahraga Secara Rutin

Bagi sebagian orang, olahraga masih menjadi aktivitas yang bolong-bolong. Taukah kamu? dengan mulai merutinkan olahraga maka tubuh sehat, bugar, dan ideal bukan lagi impian. Banyak jenis olahraga, pilih beberapa yang memang sesuai dan kamu sukai dengan durasi minimal 30 menit, dengan frekuensi 5 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga kamu akan meningkatkan imunitas dalam tubuhmu yang dimana akan mencegah kamu dari penyakit penyakit yang ada termasuk Covid 19 ini!

3. Berpikir Positif

Pola pikir dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Berpikir positif adalah kunci utama dalam mengelola stress, yang selanjutnya akan berperan mendatangkan banyak manfaat kesehatan seperti: tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, dan kemampuan memori serta daya konsentrasi yang lebih tinggi. Berpikir positif juga akan menambah wawasan seseorang dan meminimalisir penyakit stress.

4. Tidur Cukup

Tidur termasuk dalam aktivitas yang memiliki banyak manfaat seperti meningkatnya imun tubuh, meningkatnya daya ingat, dan pengendalian nafsu makan. Bagi orang dewasa, tidur selama tujuh hingga delapan jam sangat dianjurkan. Namun, perhatikan juga kualitas tidurmu seperti dengan set suhu pendingin dan mematikan lampu untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman. Dengan memiliki tidur yang cukup maka akan menstabilkan metabolisme yang baik dan mencegah dirimu dari penyakit!.

Ditengah pandemi Covid 19 ini kita perlu meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Jika fisik kita sudah menghasilkan yang optimal maka kita juga harus meningkatkan mental kita. Menurut hasil survei, sementara 89 persen negara melaporkan bahwa kesehatan mental dan dukungan psikososial adalah bagian dari rencana tanggapan Covid-19 nasional mereka, hanya 17 persen di antara mereka yang melaporkan memiliki dana tambahan penuh untuk menutupi kegiatan ini. Oleh karena itu, lifestyle seseorang akan merubah pola hidup seseorang apalagi ketika pandemi ini. Stay safe yall!