Dibuat oleh Muhammad Shann Alma –  2301945635

Siapa sih yang tidak tau Hong Kong? Hong Kong merupakan sebuah daerah otonomi yang terletak di bagian Tenggara Tiongkok di estuari Sungai Mutiara dan Laut Tiongkok Selatan. Di akhir 1970-an, Hong Kong berkembang menjadi penghubung perdagangan utama dan pusat keuangan dunia, loh! Nah, salah satu tonggak utama perekonomian Hong Kong adalah pariwisatanya. Meskipun negara kecil, tetapi Hong Kong memiliki banyak destinasi wisata yang populer di kalangan turis di Asia, salah satunya Indonesia. Selain itu, tiket pesawat yang murah, kemudahan berbahasa, dan tentunya kebijakan bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia, memberikan daya tarik tersendiri yang menjadikan Hong Kong sebagai destinasi liburan bagi wisatawan Indonesia. Meskipun perkembangan negara yang dijuluki Mutiara dari Timur ini terbilang ekspansif, negara tersebut tetap menjaga kebudayaannya walaupun terdapat pengaruh dari barat ketika menjadi koloni Inggris.

Pada tahun 2018, tepatnya di bulan Mei, saya berkesempatan untuk mengunjungi Hong Kong bersama keluarga selama 5 hari 4 malam. Walaupun pada saat itu cuaca sedang memasuki musim hujan, tetapi tidak mengurangi keantusiasan saya untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang berada di Hong Kong. Melalui tulisan ini, saya ingin memberikan referensi kepada travelers beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi nih, ketika pata travelers ke Hong Kong.

  1. Berburu Buah Tangan di Wan Chai Market.

Wan Chai Market merupakan sebuah pasar yang terletak di jalan Queen’s Road East 264, Wan Chai, Hong Kong. Bangunan dari Wan Chai Market sendiri dibuat pada tahun 1937 dan merupakan salah satu bangunan yang memiliki sejarah yang panjang di Hong Kong. Untuk menuju ke Wan Chai Market, para travelers hanya perlu naik MTR menuju Wan Chai Station lalu turun di exit A3. Setelah turun dari stasiun tersebut, para travelers hanya perlu berjalan selama dua menit. Sangat dekat, bukan? Di dalam Wan Chai Market, terdapat barang-barang yang menarik dan oleh-oleh khas Hong Kong yang dapat dibeli oleh travelers dengan harga yang sangat murah.

Wan Chai Market juga dikenal sebagai surganya mainan anak. Maka dari itu, market ini sangat cocok untuk para kolektor  mainan seperti Hot Wheels, diorama, diecast, gundam, dan lain-lain karena memiliki banyak pilihan yang beragam serta harga yang murah. Banyak travelers yang datang ke Wan Chai Market untuk mencari dan melengkapi berbagai macam koleksi mereka. Market ini juga menjual berbagai macam oleh-oleh khas Hong Kong seperti pakaian, souvenir atau aksesoris, dan camilan yang wajib dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu, terdapat berbagai macam kuliner yang dapat dicicipi oleh para travelers seperti kue kering serta coklat yang menarik perhatian.

2. Pemandangan Terindah dari Ngong Ping Cable Car 360.

Destinasi selanjutnya merupakan Ngong Ping Cable Car 360 yang terletak di Pulau Lantau, Hong Kong. Untuk sampai kesana, travelers harus menempuh perjalanan yang terbilang cukup jauh dan memakan waktu. Dari stasiun MTR Jordan, travelers dapat menaiki MTR Tsuen Wan Line atau jalur merah sampai ke Central, lalu transit ke Tung Chung Line atau jalur coklat dan akan turun di stasiun MTR Tung Chung. Tidak sampai di situ, travelers harus berjalan beberapa puluh meter sampai tiba di sebuah jembatan pejalan kaki yang jika kita sudah menyeberangi jembatan tersebut, maka kita sudah sampai di depan Stasiun Kereta Gantung Ngong Ping. Travelers juga tidak perlu takut nyasar atau bingung, karena di depan Stasiun Tung Chung sudah terdapat peta berukuran besar yang akan menunjukan jalan ke arah Stasiun Kereta Gantung Ngong Ping.

Ngong Ping Cable Car 360 merupakan kereta gantung yang menghubungkan antara daratan tinggi Ngong Ping dengan kota Tung Chung. Perjalanannya memakan waktu sekitar 25 menit dengan jarak tempuh sepanjang 5,7 km. Waktu 25 menit pun tidak akan terasa lama dan membosankan, karena selama perjalanan, travelers akan disuguhi dengan pemandangan indah yang memanjakan mata. Dari cable car tersebut, travelers dapat melihat pegunungan di Pulau Lantau, bandara, hamparan laut, Tian Tan Buddha, dan Ngong Ping Village secara keseluruhan. Terdapat dua tipe cable car yaitu crystal cable car–yang dinding dan lantainya semua terbuat dari kaca, dan cable car biasa. Tidak perlu takut berhimpit himpitan, kapasitas maksimal dari satu cable car hanya terdiri dari 6 orang. Sebelum naik ke keretanya, terdapat satu petugas yang bertugas untuk mengambil foto para pengunjung, akan menyenangkan jika datang kesini dengan berkelompok karena pastinya akan memiliki kenang-kenangan berupa foto bersama.

Pada saat cable car mulai berjalan, pemandangan yang disuguhkan pertama kali adalah Bandara Internasional Hong Kong, karena lokasi Stasiun Tung Chung yang dapat dikatakan dekat dengan bandara. Lalu dilanjutkan dengan pemandangan lautan dan perbukitan hijau. Dari cable car ini juga kita dapat melihat jembatan Hong Kong – Zhuhai – Macao Bridge, yaitu jembatan yang menghubungkan antara Hong Kong dan Macau. Sungguh pemandangan indah yang tidak bisa dilewatkan dan hanya dapat dinikmati dengan menaiki Ngong Ping Cable Car 360. Beberapa saat sebelum tiba di stasiun akhir, kita dapat melihat Tian Tan Buddha dari kejauhan. Pada saat sudah sampai di stasiun kereta gantung Ngong Ping 360 dan menuju pintu keluar, terdapat toko yang menjual souvenir resmi Ngong Ping 360 dan hasil foto yang diambil sebelum naik kereta gantung tadi.

3. Ocean Park Hong Kong, Bermain sambil belajar

Destinasi terakhir yang dapat dikunjungi ketika ke Hong Kong adalah Ocean Park Hong Kong. Ocean Park Hong Kong merupakan salah satu tempat wisata yang sangat luas dan cocok untuk keluarga ketika sedang berlibur. Untuk masuk ke tempat wisata ini juga sangat mudah, tiket masuk dapat dibeli di berbagai toko yang ada di Hongkong seperti 7-eleven atau melalui website Ocean Park sendiri. Akses untuk menuju tempat wisata ini juga terbilang mudah, salah satu caranya adalah travelers dapat menggunakan MTR yang berada di jalur South Island di stasiun Admiralty, lalu turun di stasiun Ocean Park dalam 6 menit, sangat mudah dan cepat bukan?

Di Ocean Park sendiri, terdapat berbagai macam wahana dan aktivitas yang dapat dilakukan bersama keluarga, khususnya anak-anak. Wisata ini memiliki banyak wahana bermain seperti roller coaster, bouncer house, komidi putar, frog hopper dan lain-lain. Tempat wisata ini juga dapat dijadikan tempat belajar dan menambah pengetahuan anak tentang berbagai hewan yang ada di berbagai negara seperti panda, penguin, koala dan masih banyak lagi. Ocean Park juga menyediakan atraksi berbagai binatang, salah satu contohnya adalah lumba-lumba. Travelers dapat menyaksikan atraksi menakjubkan yang dilakukan oleh lumba-lumba sekaligus mengedukasi penonton mengenai lumba-lumba. Salah satu pengetahuan yang didapat dari atraksi ini yaitu; lumba-lumba dapat melompat melewati sebuah hulahoop atau ring dengan jarak yang cukup tinggi, lalu diiringi penampilan pada saat lumba-lumba mendemonstrasikan hal tersebut. Untuk para travelers yang mendapatkan bangku paling depan pada saat menonton atraksi, harap membawa baju ganti ya, karena kalian bisa terkena cipratan air dari lumba-lumba yang melompat kesana kemari.

Tidak hanya itu saja, di samping Ocean Park juga terdapat fasilitas penginapan yang bernama Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel. Hotel ini merupakan hotel berbintang lima dengan harga permalam yang dapat dikatakan cukup mahal, tetapi juga setimpal dengan fasilitas yang diberikan untuk menjamin kenyamanan travelers. Terdapat tiga ruangan bertema keluarga yang berada di Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel dan tentunya dengan jarak yang dekat dengan Ocean Park, menjadikan hotel tersebut tempat menginap yang ideal bagi keluarga. Berdasarkan cuplikan di atas, membuat Ocean Park Hong Kong sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk para travelers yang mungkin akan membawa keluarganya.

Selain beberapa destinasi wisata di atas, masih banyak banget loh, yang bisa travelers kunjungi pada saat berlibur ke Hong Kong. Beberapa destinasi di atas hanya segelintir referensi jika travelers bingung, semoga membantu!