Apa sih itu hobi? Hobi adalah suatu kegiatan yang kita suka atau kita gemari. Dimana hobi itu dapat bisa didapat dari suatu ketertarikan kita akan kegiatan sehari-hari.

Hampir semua orang memiliki hobi, begitu juga halnya dengan kamu. Akan tetapi saat kita dewasa banyak orang yang menganggap bahwa melakukan kegiatan yang kita suka hanyalah membuang-buang waktu saja. Hal itu dikarenakan pada saat kita sudah mulai bekerja waktu untuk istirahat pun hampir tidak ada apalagi menjalankan hobi. Efeknya kita menjadi jenuh, stres, dan otak kita seakan tidak berkembang menyerap ide-de baru.

Menjalankan hobi ternyata mampu menstimulus otak kita agar tetap berkembang. Bukan hanya berkembang terkait dengan pekerjaan tetapi juga berkembang dalam menyeimbangkan pola hidup kita. Hobi yang kita lakukan ternyata membawa dampak yang cukup besar, bukan? Orang dewasa juga perlu menjalankan hobinya masing-masing. Kapasitas kinerja otak kita apabila dipakai secara terus menerus akan memengaruhi kemampuan mengingat kita.

Selain membuat tubuh kita sehat dan terlihat bugar, menjalankan hobi yang satu ini bisa membuatmu menjadi lebih cerdas. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa dan pikiran yang sehat juga bukan? Apalagi kamu menjalankan olahraga yang sifatnya fun seperti zumba. Perpaduan kardio dengan tarian modern yang diiringi musik yang ceria dan upbeat, zumba dapat melatih kemampuan kognitifmu. Selain itu, tentu saja zumba dapat mengurangi kadar stres dan menjaga memori jangka panjang dalam dirimu. Tapi, apabila kamu lebih suka olahraga yang sifatnya menenangkan kamu juga dapat memilih yoga atau balet yang juga mampu meningkatkan kecerdasan dan ketangkasanmu. Olahraga setiap hari dapat menjadikan tubuh dan otak kamu berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain olahraga kardio dengan tarian modern terdapat juga olahraga-olahraga lain seperti badminton, futsal, basket, dan masih banyak lagi. Saya sendiri menekunkan olahraga badminton atau yang kita kenal dengan bulu tangkis dan saya menekuni hobi dari olahraga ini sehingga membuat saya mendapatkan prestasi yang cukup lumayan yang bagi saya hanya bermain sekedar hobi saya tetapi, hobi kita bisa kita salurkan dengan bakat terpendam dan menjadikannya prestasi bagi setiap orang yang memiliki hobi di berbagai bidang contohnya seperti dalam bidang musik, menulis, memasak, nonton, dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan didalamnya.

Hobi yang satu ini juga bisa menambah kecerdasanmu. Seperti bermain catur, mengisi teka-teki silang hingga bermain permainan digital yang membutuhkan strategi dan manajemen. Selain untuk menghilangkan stres bermain suatu permainan itu dapat juga dikategorikan sebagai olahraga otak. Bermain juga dapat melatih otak kita supaya lebih berpikiran strategis.

Sangat disayangkan jika bila hobi hanya menjadi sekedar hobi pribadi saja yang hanya mementingkan kesenangan untuk diri kita sendiri saat kita melakukan hobi kita tersebut. Mengapa kita tidak mengembangkan hobi dan bakat kita dalam menjadikannya prestasi? Tidak ada yang mustahil jika hobi dan bakat bisa berprestasi dan ternyata semua hobi itu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari dan banyak sekali manfaatnya untuk kita.