Seperti yang kita ketahui, di masa pandemic seperti sekarang ini sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga dapat terlindung dari virus covid-19.  Virus covid 19 telah menelan banyak korban di dunia terutama orang-orang yang sudah lanjut usia. Masih banyak orang-orang yang meremehkan keganasan virus covid 19 ini dengan tidak menaati anjuran dari pemerintah dan tidak mengikuti protokol-protokol yang sudah di uji coba ke efektifisannya oleh badan kesehatan dunia yaitu WHO. Virus covid 19 ini dapat menyerang semua kalangan umur namun resiko tertinggi dari terkenanya  virus ini yaitu terletak pada orang yang memiliki komplikasi penyakit lain terutama seperti penyakit paru-paru,jantung dan organ-organ lain yang berhubungan dengan system pernapasan.

     Dari berbagai macam protokol-protokol yang dianjurkan oleh pemerintah seperti menggunakan masker,memakai hand sanitizer,social distancing, pemerintah sepertinya mengabaikan ha l yang terpenting untuk dapat menghindari virus corona, yaitu menjaga system kekebalan tubuh dengan cara berolahraga dan menjalani pola hidup sehat. Pada dasarnya tubuh manusia memiliki system imun tubuh untuk melawan segala jenis virus dan bakteri penyebab penyakit. Namun terdapat berbagai macam faktor yang dapat membuat system kekebalan tubuh seseorang melemah yaitu dikarenakan faktor usia, faktor gizi buruk, faktor kurangnya olahraga secara rutin dan faktor kurangnya jam tidur.

      Berikut adalah tips untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemic covid 19:

  1. Rutin berolahragaRajin berolahraga dapat merangsang kinerja antibody dan sel-sel darah putih sehingga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Olahraga berjenis kardio ataupun angkat beban yang dapat memompa alat pernapasan dan juga jantung lebih cepat dapat melancarkan peredaran darah di organ-organ yang berpengaruh dalam system pernapasan. Lakukan olahraga secara rutin dan intens dengan durasi minimal 60 menit saja sudah terhitung cukup untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh seseorang.
  2.  Makan makanan bergizi

Makanan merupakan salah satu faktor terpenting dalam menjaga system kekebalan tubuh seseorang. Pola makan sehat dan bergizi seimbang 4 sehat 5 sempurna dapat membuat seseorang memiliki kinerja tubuh yang optimal dalam menjalani kehidupan sehari-harinya serta dapat menangkal virus-virus yang dapat menyebabkan penyakit. Alangkah pentingnya seseorang untuk mengontrol berat badan,menjalani pola diet sehat, serta menjaga kebersihan makanan yang dkonsumsi agar mengurangi resiko tertularnya virus covid19.

    3.  Sering berjemur

Banyak orang awam yang belum mengetaui betapa pentingnya asupan vitamin D untuk meningkatkan imun tubuh selama pandemic. Menurut salah satu dokter spesialis kulit dari RSUD Dr.Moewardi, seseorang akan mengalami peningkatan system kekebalan tubuh jika terkena paparan sinar matahari terutama pada jam 08.00-10.00. Cukup berjemur dengan intensitas waktu sekitar 10-15 menit secara rutin kurang lebih 2-3 kali seminggu.

Melakukan pola hidup sehat bukan hanya dapat mencegah kita tertular dari virus covid19, namun jika jika melakukannya secara rutin akan banyak manfaat lain yang akan kita dapatkan dalam menjalani kehidupan antara lain

1.Meningkatkan produktivitas

Seseorang yang menjalani gaya hidup sehat otomatis akan memiliki banyak energy dan pikiran yang lebih terbuka. Hal tersebut membuat seseorang yang memiliki badan sehat akan dapat menjalani aktivitas sehari-harinya dengan lebih optimal tanpa adanya hambatan

2.Meningkatkan kepercayaan diri

Jika seseorang menjalani gaya hidup sehat, makan badan otomatis akan terlihat lebih ideal dan pastinya hal tersebut membuat kepercayaan diri seseorang meningkat

3.Kesehatan mental terjaga

Dengan melakukan rutinitas yang positif bagi jiwa dan raga akan membuat kesehatan mental seseorang menjadi lebih stabil dan terhindar dari stress.

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal terpenting yang harus dilakukan semua orang tanpa memandang umur disaat pandemic virus covid19 ini sedang berlangsung. Namun, melakukan pola hidup sehat  tidak hanya wajib dilakukan pada saat pandemic ini sedang berlangsung saja, menjalani pola hidup sehat sangat dianjurkan untuk dilakukan sepanjang umur manusia untuk mencegah seseorang terkena penyakit lainnya. Jadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup atau kebiasaan tanpa adanya paksaan dari faktor internal ataupun eksternal karena menjalani hidup dengan kesehatan yang optimal akan mendatangkan keuntungan-keuntungan lainnya bagi diri sendiri dan juga orang lain.