Berdasarkan data yang dilansir melalui datareportal.com pada tahun 2016, tercatat pengguna media sosial mencapai angka 79 Juta pengguna aktif kemudian ditahun 2020 penggunanya kian bertambah dengan sangat pesat yaitu, mencapai 160 Juta pengguna aktif.

Media sosial saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Terutama platform Instagram, dengan memiliki minimal 10.000 followers anda dapat mempromosikan barang atau jasa di akun anda. Saya merasakan sekali perkembangan dan fitur-fitur yang diberikan oleh Instagram. Instagram yang awalnya hanya dapat mengunggah foto dan video singkat berdurasi 15 detik, kini telah berkembang dan memberikan fitur-fitur yang menarik dan patut untuk dicoba.

Namun, fitur-fitur yang diberikan oleh media sosial seperti Instagram saat ini, ternyata sudah pernah ada sebelumnya, lho! Hanya saja platformnya yang berbeda, kira-kira platform apa saja ya yang memiliki fitur yang mirip-mirip ? yuk simak.

INSTAGRAM DAN SNAPCHAT

Siapa yang tidak mengenal platfrom ini?

Snapchat pertama kali dirilis pada bulan September tahun 2011. Snapchat adalah platform untuk berbagi foto dan video yang berbentuk pesan gambar, Snapchat ini diciptakan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown. Platform tersebut diciptakan dengan berbentuk aplikasi yang dapat di download di Appstore untuk pengguna ios dan Playstore untuk para pengguna Android. Snapchat memiliki 3 fitur utama yang menjadi inti dari platform ini, yaitu Snaps, Story, dan Chat. Serta, memiliki beberapa fitur tambahan lainnya seperti Lensa, Filter, Snap Map, Snapchat Ads dan lainnya. Selanjutnya, kita akan membahas ketiga fitur utama dari snapchat.

  1. Snaps sendiri, simplenya adalah sebuah fitur yang digunakan dengan cara di Click untuk mengambil gambar dan Hold untuk mengambil video, lalu anda dapat bagikan kepada khalayak. Karena aplikasi ini basicnya terhubung dengan kamera smartphone anda, maka fitur ini berada dihalaman paling depan saat pertama kali anda membuka aplikasi ini.
  2. Story yang fungsinya untuk memposting foto atau video singkat kalian dan dapat dilihat oleh para teman dan pengikut kalian. Foto dan video yang anda unggah pada Story akan hilang kurun waktu 24 jam setelahnya. Fitur ini berada di halaman kanan setelah fitur Snaps.
  3. Chat memiliki fungsi yang sama seperti fitur percakapan pada sosial media lainnya, untuk berkirim pesan. Fitur ini berada di sebelah kiri halaman setelah fitur

Pada tahun 2016, tepatnya bulan Agustus. Platform Instagram meluncurkan fitur terbarunya yang bernama Instagram Stories, fiturnya mirip dengan Snapchat yaitu dimana kita bisa mengirimkan Snaps dan dibagikan di Story lalu hilang dalam kurun waktu 24 Jam, Instagram Stories juga memiliki fitur Reply Story lalu diarahkan kedalam fitur Direct Message yang ada di Instagram, fiturnya mirip dengan fitur Chat yang ada padan Snapchat. Pada tahun 2019 Instagram menambahkan fitur Filter pada Instagram Stories, jadi mirip sekali yaa fitur-fiturnya dengan yang disediakan oleh Snapchat. Menurut kalian bagaimana? kalian lebih suka menggunakan Snapchat atau Instagram Stories, Atau bahkan keduanya?

INSTAGRAM DAN TIKTOK

Pada bulan November 2016, Instagram menambahkan fitur Live Video. Live Video atau Siaran Langsung berupa real-time video, seperti pada acara televisi yang bertanda LIVE / Siaran Langsung. Cara menggunakannya adalah dengan membuka fitur stories lalu pilih Live, anda dapat mengkliknya lalu tunggu beberapa saat untuk mengecek apakah koneksi anda memungkinkan untuk melakukan siaran langsung, setelah koneksi stabil anda dapat melakukan siaran langsung.

Pada akhir 2019 ini aplikasi TikTok telah menjadi aplikasi yang paling digemari hingga saat ini, Aplikasi tiktok sendiri adalah platform untuk mengirim video berdurasi 15 hingga 60 detik, TikTok juga memiliki fitur Live seperti di Instagram. Namun, ada syarat agar kita dapat menggunakan fitur ini, yaitu memiliki followers minimal 1000 orang.

FITUR FLEETS DI TWITTER

Platfrom media sosial bernama Twitter ini telah digunakan sejak lama. Didirikan pada Maret 2006 dan dirilis pada 15 Juli 2006. Twitter adalah platform yang mewadahi kita untuk menuangkan opini kita melalui tulisan, mirip dengan fitur status pada facebook dimana kita menuliskan apa yang tengah menggangu pikiran kita. Namun, twitter dikemas dengan lebih compact dan efisien dibandingkan facebook. Twitter sempat menjadi sepi dan dilupakan karena orang-orang beralih kepada Instagram, orang-orang yang lebih senang mengunggah statusnya dengan foto dan video membuat Instagram menjadi platform yang paling digemari pada saat itu.

Pada tahun 2019, Twitter Kembali ramai karena menjadi platform yang dianggap paling aman untuk bercerita menggunakan tulisan, pengguna setia Twitter pun dianggap sebagai orang-orang yang memiliki pemikiran terbuka serta cara menyampaikan sesuatu yang sangat berbeda dan lebih sopan, berbeda dengan di Instagram dimana seseorang lebih mudah mendapatkan hate-comment dibanding di Twitter. Hal tersebut membuat Twitter menjadi media sosial yang dianggap sangat milenial karena isinya yang jauh lebih positif dan cara pandangnya luas. Pada tahun 2020 ini semakin meningkatnya pengguna, Twitter menambahkan fitur Fleets. Fitur ini mirip dengan Snapchat dan Instagram Stories dimana kita bisa membagikan cerita berupa foto atau video, lalu hilang dalam kurun waktu 24 jam. Bedanya Fleets tidak dapat melakukan siara langsung dan tidak memiliki fitur filter seperti Snapchat dan Instagram.

Nah, itu tadi beberapa platform yang memiliki fitur yang mirip dan sudah banyak yang mengenalnya, bahkan ada yang memiliki fungsi serta cara kerja yang sama persis. Menurut kalian bagaimana? Apakah fitur-fitur lainnya yang saat ini baru bermunculan, sudah kalian kenali sebelumnya?