Dunia perkuliahan merupakan langkah awal bagi seorang anak untuk menjadi lebih mandiri dan semakin fokus kepada cita-cita serta impian mereka. Seorang mahasiswa tidak lagi dikekang seperti layaknya di sekolah dan mulai lepas dari pengawasan orang tua. Sementara sekolah membangun kemampuan akademik dasar seseorang, dunia perkuliahan mempersiapkan mahasiswa secara mental dan skill untuk siap menghadapi dunia kerja.

            Selain itu, pengalaman juga dibutuhkan mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi dan soft skill mereka. Dengan ini, mahasiswa juga dapat menjelajahi passion mereka dan menjadi lebih kreatif, serta kompeten di era digital ini. Saat ini, banyak sekali startup business, entrepreneur, creative project yang dikelola oleh para pemuda yang sukses merintis karier mereka. Memiliki karier selagi muda melatih seorang mahasiswa untuk mandiri dan berpenghasilan sendiri, sehingga tidak lagi bergantung oleh orang tua dengan belajar untuk memenuhi kebutuhan hidup sendiri.

            Apabila tidak tertarik dengan bisnis pribadi, mahasiswa juga dapat bekerja part time sambil kuliah. Bidang pekerjaan dapat disesuaikan oleh minat ataupun passion yang dimiliki. Semakin dekat dengan passion, semakin baik. Namun, bekerja dalam bidang yang diluar zona nyaman juga dapat menciptakan banyak pengalaman dan perspektif baru. Bekerja juga dapat melatih disiplin dan tepat waktu, karena kebanyakan perusahaan menuntut standar dan profesionalitas. Mahasiswa perlu memanfaatkan waktu dengan maksimal, sehingga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan.

             Berita baiknya, banyak perusahaan atau bisnis pribadi saat ini yang membuka lowongan kerja bagi mahasiswa yang sedang kuliah. Jadwal kerja yang diberikan umumnya dapat fleksibel mengikuti jadwal perkuliahan, sehingga ini merupakan peluang bagi mahasiswa yang ingin mencari penghasilan tambahan. Anda dapat mencari informasi lowongan pekerjaan dari instagram, websites, kerabat, ataupun survey langsung ke lokasi dan memberikan CV ke perusahaan. Beberapa contoh bidang pekerjaan untuk mahasiswa diantaranya adalah:

  1. Bisnis online shop

            Pekerjaan ini merupakan salah satu cara menghasilkan uang yang efektif, karena bisa dilakukan dirumah dan jenis barang yang dijual dapat disesuaikan dengan minat pribadi. Saat ini banyak orang yang justru lebih tertarik untuk belanja online, karena kemudahan dan kelengkapan yang ada. Anda hanya perlu kreatif dalam membuat konten/ post yang menarik konsumen, serta pandai mencari supplier dengan harga termurah dan kualitas terjangkau.

  1. Guru Les

            Bagi mahasiswa yang telah tamat pendidikan di sekolah tentu mempunyai kemampuan dasar akademik. Sekalipun ilmu tersebut tidak dipakai dalam jurusan perkuliahan, namun dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi guru les private/ reguler untuk siswa SD-SMA, disesuaikan dengan kemampuan akademis. Pekerjaan ini cocok bagi anda yang senang dengan anak kecil dan tertarik untuk mengajar mereka. Hal ini juga sangat positif, karena dengan mengajar kita bisa me-refresh kembali ilmu tersebut supaya kita tetap mengingatnya, sekaligus melatih logika kita juga.

  1. Penulis Blog/ Artikel

           Bidang pekerjaan ini cocok bagi kalian yang senang berekspresi lewat tulisan. Beberapa situs/ blog fashion, kuliner, dsb pasti membutuhkan full time ataupun part time writer yang bersedia untuk bekerjasama dengan mengirimkan konten serta menulis blog artikel di situs mereka. Apabila tidak mau terikat kontrak kerja, anda juga bisa berkarya dan mengirimkan tulisan anda ke situs blog artikel tertentu. Jika anda beruntung dan tulisan anda dimuat dalam blog mereka, maka anda akan dibayar oleh situs tersebut atau sesuai perjanjian yang berlaku.

  1. Event Organizer

            Apakah anda tertarik untuk menjadi bagian dari sebuah acara? Bidang ini sangat cocok bagi kalian yang senang untuk bersosialisasi. Didalam dunia EO dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu: table decorator, manager, mc, dan lain sebagainya. Saat ini event organizer merupakan pekerjaan yang marak dicari orang untuk berbagai acara seperti sweet 17, engangement, ataupun wedding.

  1. Photographer/ videographer

            Mempunyai bakat photography? Anda dapat membuat portfolio pribadi sendiri di akun facebook atau instagram, agar orang lain tertarik untuk menggunakan jasa anda. Semakin kreatif dan professional anda, maka anda akan semakin dicari orang untuk bekerjasama dan berkreasi dalam berbagai bidang ataupun bisnis.

  1. Coffee Shop/ Artisan

            Tentu anda sudah tidak asing dengan hal ini. Bisnis kopi telah berjalan bertahun-tahun dan artisan telah naik daun sejak sekitar tahun 2017 hingga saat ini. Mahasiswa dapat bekerja part time sebagai barista ataupun chef assistant di coffee shop terdekat. Ada beberapa coffee shop yang menerima pekerja part time. Khusus mahasiswa yang sedang kuliah, umumnya jadwal kerja yang diberikan fleksibel dengan jadwal kuliah. Bekerja part time di coffee shop biasanya dibayar per jam atau sesuai shift yang ditentukan, kemudian gaji diberikan setiap bulannya.

            Selain contoh-contoh pekerjaan yang disebutkan diatas, masih banyak pekerjaan lainnya yang dapat anda temui. Segala sesuatu dapat menghasilkan apabila diusahakan dengan maksimal. Bekerja semasa muda itu menyenangkan, karena kita berada di usia produktif, banyak hal yang dapat di explore dan menambah pengalaman baru diluar aktivitas kuliah. Namun, bekerja sambil kuliah membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Selalu ingat bahwa pendidikan harus tetap menjadi prioritas dan jangan sampai perkuliahan anda terabaikan. Selamat berkarya!