Halo teman – teman semua.. pasti diantara kalian suka sekali mengabadikan moment – moment tertentu yang menurut kalian bagus diabadikan, entah itu kehidupan kalian sehari – hari, moment bersama teman, keluarga, pacar, moment pernikahan, dan sebagainya. Dalam sebuah karya yang bagus dan menarik, atau kalian buat sekedar moment – moment kehidupan  yang kalian abadikan, pasti ada sentuhan editing videonya yang membuat itu lebih sempurna.

Sudah banyak aplikasi software editing yang mempunyai kelebihannya masing – masing, nah disini saya memakai software aplikasi bernama Adobe premier pro untuk editing video. Mengapa Adobe premier pro? Karna menurut saya aplikasi ini sangat simple tetapi mempunyai fitur – fitur yang lengkap untuk editing video, dan mudah untuk digunakan, baik itu profesional editor maupun pemula.

Disini saya akan menjelaskan 5 tips dasar editing video di Adobe premier pro.. semoga membantu.

  1. Gambaran

Kalian harus mempunyai gambaran terlebih dahulu tentang video yang kaliann mau edit. Seperti contoh kalian ingin membuat cinematic video, maka kalian mengambil gambar terlebih dahulu dengan angle yang cinematic.

  1. FootageNah selanjutnya ini kalian harus memilih terlebih dahulu footage – footage yang kalian sudah ambil dan tentunya pilih yang paling bagus menurut kalian, dan dijadikan didalam 1 folder sehingga kalian tidak bingung ketika ingin kalian edit. Sebelum itu kalian juga harus memahami angle – angle kamera yang bagus untuk footage kalian dan sesuai dengan gambaran tentang video yang kalian ingin buat.  Nah ini adalah sedikit pembelajaran mengenai angle dan movement kamera, sehingga menambah kesan cinematic jikalau kalian memahaminya.

  2.  

    3. Backsound

    Nah menurut saya backsound adalah hal yang krusial atau sangat penting dalam sebuah video. Karna menurut saya backsound adalah rasa atau feel atau bisa dibilang jantung dari sebuah alur video. Karna ketika kalian ingin membuat video yang sedih pasti kalian harus memilih backsound yang sedih juga tidak mungkin kan kalian memilih backsound senang di adegan sedih? . Nah karna itu menurut saya pemilihan backsound sangatlah penting dalam sebuah video.

    4. EditingNah kita masuk di proses editing videonya, sebelum itu kalian juga harus memahami proses dan cara edit video di Adobe premier pro. Langkah pertama yang kalian harus lakukan adalah

     

    1. Ya pasti kalian harus punya dulu aplikasi Adobe premier pro ;D
    2. Buka aplikasinya dan ke new project-berikan judul dan ingin save dimana-kemudian oke

    Kemudian kalian masukan ke Adobenya dan biar lebih mudah kalian pisahkan menggunakan Bin atau folder didalam Adobenya itu sendiri, pisahkan mana video, bakcsound, soundeffect, dll 

    1. Kemudian kalian juga harus tools yang dipakai ketika sedang editing video. V(selections tool), A(Track select foward tool), B(Riple edit tool), C(Cut), Y(Slip tool), P(Pen tool), H(Hand tool), dan yang terakhir T(Type tool). Kegunaan tools tersebut berbagai macam tergantung kebutuhannya, tetapi saya hanya sering memakai tools V untuk Selection dan C untuk Cut.

    1. Cutting video

    Setelah kita memilih footage dan memasukan ke Adobe premier pro kita, kita drag langsung videonya ke sequence dan kita cut. Teknik cutting disini sangat diperlukan saya sarankan ketika kalian membuat cinematic video, usahakan cut videonya sesuai nada bakcsound yang kalian pilih sehingga menjadikan video dengan backsound kalian menyatu. Kurang lebih gambarannya seperti ini.

    1. Color grading

    Setelah kalian cut dan menurut kalian hasilnya sudah bagus jangan lupa satu hal yaitu color grading. Color grading ini adalah taknik dimana kita memperbaiki warna dari video yang kita buat untuk menambahkan efek lebih dan feel yang lebih dapat.

    Preview

    Ini adalah tahap terkahir dari tips dasar editing yang saya berikan, yaitu preview. Setelah kalian tau gambaran apa yang kalian ingin buat dalam video kalian, kalian sudah memilih footage yang bagus, backsound yang tepat, dan kalian edit. Tahap terakhir yaitu kalian harus preview terlebih dahulu video yang kalian sudah buat itu. Jika masih ada kekurangan misal kalian ingin menambahkan sound efek / warnanya kurang bagus / teknik cut kalian masih belum sempurna, kalian harus menyelesaikannya hingga menjadi hasil yang kalian ingin kan sebelum kalian render atau save video jadi kalian. Inilah kegunaan preview terlebih dahulu baru kalian selesaikan videonya dengan di render.

    Itulah tips dasar editing video melalui aplikasi Adobe premier pro versi saya. Semoga ini membantu kalian yang masih bingung ingin edit videonya seperti apa dan mempunyai gambaran alur cara edit video yang benar menurut saya.  Karna bagus atau engganya video bukan karna kamera apa yang kita pakai tapi bagaimana kreativitas kita untuk mengedit video menjadi lebih sempurna