5 Hal viral yang terjadi di Indonesia selama masa pandemi

Tinggal menghitung hari, pergantian tahun akan segera kita rasakan. Setiap tahun nya, bisa dijamin bahwa akan ada hal-hal baru yang menarik nan inovatif.

Namun tidak untuk tahun 2020 ini. mengapa? Mewabahnya Virus Covid-19 menjadi permasalahan di seluruh dunia termasuk juga Indonesia.  Penyebaran virus yang terbilang cepat ini, memaksa kita untuk membatasi aktivitas diluar rumah. Banyak ketentuan serta peraturan yang dibuat secara terpaksa dikarenakan pandemi virus ini. contohnya, Work and Study from home, diwajibkan nya penggunaan masker serta diterapkan nya peraturan Social Distancing jika berada di ruang umum.

Namun, pandemi ini tidak membatasi pemikiran kreatif banyak orang. Justru, banyak pemikiran dan hal-hal kreatif yang muncul dan bahkan menjadi trending topic di berbagai media sosial.

Berikut adalah 5 hal viral yang terjadi selama masa Pandemi.

  1. Aplikasi TikTok

Di tahun 2020 ini, siapa yang tidak mengenal aplikasi Tiktok? Sebuah aplikasi media sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang dluncurkan pada September tahun 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi ini membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek versi mereka sendiri. Mengapa Aplikasi ini menjadi populer dikalangan masyarakat banyak? Aplikasi ini dibekali dengan berbagai macam fitur menarik nan interaktif. Sehingga, banyak penggunanya yang dapat meng-ekspresikan diri sekaligus mengasah kreativitas mereka. Selain itu, menurut firma analitik aplikasi mobile App Annie, Tiktok juga menjadi aplikasi yang paling banyak di unduh di tahun ini. mengalahkan para aplikasi pendahulunya seperti, Facebook, WhatsApp Messenger, Instagram dan lainnya.

2. Dalgona Coffee / Kopi Dalgona

Hal viral selanjutnya datang dari dunia kuliner, Khususnya minuman. Kopi dalgona atau Dalgona Coffee ini berasal dari negara india. Lebih tepatnya dari daerah Rajasthan. Kopi ini menjadi viral ketika seorang aktor asal korea selatan,  Jung Il-woo mengunjungi sebuah restoran di Makau dan di sana ia disajikan sebuah minuman yang membuat nya teringat pada “permen dalgona“, salah satu jenis permen yang ada di Korea. Nama Kopi dalgona berasal dari tekstur kopi nya sendiri yang lembut dan seperti toffee. Yang ketika dikocok akan menjadi busa. Kopi dalgona buatan rumah mulai menyebar di banyak channel YouTube negara Korea Selatan dengan menggunakan tagar #dalgonacoffeechallenge. sebelum akhirnya menjadi viral juga di aplikasi TikTok. Selain di negara korea, Indonesia termasuk salah satu negara yang terpengaruh dengan adanya trend kopi dalgona ini. bisa kita lihat pada awal maret 2020 ini, banyak masyarakat Indonesia yang membuat kopi dalgona. sampai-sampai, banyak pedagang kaki lima pun yang memanfaatkan kepopuleran trend ini dengan berjualan Kopi Dalgona dengan harga yang terbilang cukup murah.

3. Aplikasi konferensi/meeting online ZOOM

Aplikasi ZOOM merupakan sebuah aplikasi komunikasi yang mengandalkan penggunaan video dan audio sebagai fitur utamanya. Secara tidak langsung, Fitur yang di sediakan oleh zoom mirip dengan berbagai aplikasi media sosial lainnya. Seperti Fitur Video call dan Voice Call dari aplikasi WhatsApp Messenger. Namun, aplikasi Zoom memiliki fitur yang memperbolehkan penggunanya untuk melakukan panggilan video dengan jumlah orang yang banyak. Kelebihan ini lah yang dimanfaatkan banyak perusahaan serta Instansi Pendidikan untuk melaksanakan kegiatannya selama masa pandemi ini. selain itu, banyak juga Event atau Festival yang menyelenggarakan acaranya secara Virtual menggunakan aplikasi Zoom ini. seperti Virtual Concert, Webinar, dan lainnya. Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan aplikasi ini dalam berbagai hal. Seperti proses belajar mengajar, rapat perusahaan, Konser Virtual dan lain-nya.

4. Virtual Photoshoot

Hal viral selanjutnya adalah Virtual Photoshoot. Banyak orang yang merasa bosan dan juga bingung untuk melakukan sesuatu selama di dalam masa pandemi ini. Terutama untuk para pecinta fotografi. dikarenakan situasi dan kondisi saat ini, banyak pecinta fotografi yang memutar otak mereka untuk tetap dapat menjalankan hobi mereka selama pandemi ini. munculah sebuah ide yang bernama Virtual Photoshoot atau proses foto secara Virtual/online. Ide ini berasal dari seorang Photographer asal italia, Alessio Albi. Prosesi Photoshoot ini dilakukan melalui aplikasi Video call atau facetime dan kemudian menggunakan Teknik double exposure atau multi exposure karena melibatkan lebih dari 2 objek untuk menimbulkan kesan dinamis dan dramatis.

5. Viralnya Odading mang oleh

Pertengahan bulan September lalu, kita di hebohkan dengan viralnya sebuah video seorang bapak-bapak yang melakukan promosi terhadap makanan khas daerah bandung yaitu odading. Lebih tepatnya, Odading mang oleh. Video ini di rekam oleh seorang bernama Ade Londok (30) yang mempromosikan Odading mang oleh menggunakan bahasa sunda kasar, misalnya, Ade londok menggunakan kata “Aing” yang artinya “Saya” namun kata-kata itu termasuk Bahasa sunda kasar yang kurang pantas jika digunakan kepada orang lain. Selain itu, hal yang membuat video ini semakin viral adalah cara Ade Londok dalam mendeskripsikan rasa dari Odading ini. Ade londok menggunakan berbagai macam perumpamaan seperti “Rasanya seperti Anda menjadi Iron Man” dan juga pantun “Ikan Hiu makan Tomat” yang memang membuat para netizen cukup terhibur.

Ari Muhammad