Teman-teman tau gak sih apa itu  communication outreach? Nah, pada artikel ini kita akan kenalan dengan communication outreach dan hal-hal penting di dalamnya. Komunikasi pada dasarnya adalah penyampaian pesan dari satu orang kepada orang lain. Adapun prinsip dari outreach adalah bagaimana kita bisa menjangkau audience atau bahkan orang yang belum peduli dengan pesan yang akan kita berikan. Bisa lewat metode konvensional atau pun yang lebih modern. Namun tentunya, pemilihan metode ini harus disesuaikan dengan siapa audience yang akan kita hadapi. Maka dari itu, sebagai komunikator kita harus bisa mengobservasi dengan baik target audience kita, biar gak salah ketika melakukan communication outreach.

Di dalam communication outreach, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Seperti berpartisipasi, mendengar, dan juga kolaborasi. Dalam melakukan outreach, kita ikut berpatisipasi. Maksudnya adalah kita ikut ke dalam apa yang sedang dibicarakan, dan juga meresponnya dengan baik. Juga harus berpartisipasi dengan memberikan suara yang kredibel, yang bisa dipercaya sehingga konteksnya jelas. Dengan berpartisipasi, kita akan dapatkan insight, informasi yang dapat menjadi opportunityuntuk kita kembangkan lagi.

Di dalam melakukan outreach, juga dibutuhkan untuk benar-benar mendengar dan memahami. Karena ketika kita coba mendengarkan, berarti kita mencoba berempati dan menghargai. Kita tidak bisa memaksakan sebuah pesan, ketika kita tidak memahami konteksnya. Tetapi, kita juga harus punya selective learning. Artinya, kita menyaring kembali apa hal-hal yang penting yang kita dengar.

Hal terakhir adalah berkolaborasi dengan orang lain, sehingga pesan yang mau disampaikan tersalurkan dengan baik, tentu artinya kita tidak hanya bekerja sendirian. Di dalam berkolaborasi sendiri, yang penting adalah partner, organisasi yang setara dalam artian berbagi masalah yang sama, memiliki porsi yang sama sehingga ketika melakukan suatu komunikasi kalian akan berada dalam frekuensi yang sama pula.

Maka dari itu, untuk melakukan communication outreach ini, kalian harus menantang diri kalian sendiri untuk berani keluar dari zona nyaman kalian. Mungkin memang di awal akan terasa sulit dan tidak bisa berdapatasi, tetapi dengan begitu kalian akan lebih banyak insight atau peluang dari luar untuk kalian kembangkan dalam metode komunikasi kalian. Dari situlah, kalian akan bisa belajar banyak tentang komunikasi.

Sumber: Materi Communication Outreach yang dibawakan oleh Bapak Gandabhaskara Saputra dari IESR pada 27 November 2020.

Ditulis oleh: Sherine

Diedit oleh: YS