Pengalaman Internship di perusahaan MRA Broadcast Media, khususnya di Brava Radio. saya menjalankan program 3+1 dari Universitas Bina Nusantara dan mendapatkan tempat magang di perusahaan MRA Broadcast Media, yang mempunyai 5 stasium Radio, yaitu Iradio, TraxFm, Hard Rock FM, Cosmopolitan FM dan Brava Radio.

Kerja di Radio

Awal mula saya bisa magang diperusahaan ini, tentu saja saya mengirim CV ke MRA yang berada di Sarinah Lt.8. 3 hari kemudian saya dihubungi oleh HRD MRA dan melakukan interview, pada saat interview hal yang ditanyakan yaitu seputar radio, bagaimana pengetahuan saya tentang radio dan lain-lain, setelah selesai interview saya dihubungi kembali bahwa saya diterima di perusahaan tersebut. Kerja weekday senin-jumat, masuk jam 9 pagi dan pulang jam 6 sore.

Pada hari pertama saya magang, saya masih dalam pembelajaran atau bisa disebut training bersama anak magang yang lainnya juga. Di sana belajarkan bagaimana menulis yang bagus, bagaimana membuat konten agar mendapatkan insight yang tinggi dan lain-lain. Saya juga diajarkan bagaimana mengupload podcast. Setelah seminggu training, baru saya mendapatkan posisi.

Disana saya mendapatkan posisi menjadi Digital Content untuk Brava Radio, dimana saya mengurus dan juga membuat beberapa konten di social media radio tersebut mulai dari Instagram, Twitter, dan Facebook. tidak hanya mencari ide konten tetapi saya juga mengedit beberapa video konten tersebut. Selain mengurus dan membuat konten, saya juga menulis beberapa artikel untuk radio TraxFm dan menulis script traffic Brava. Ini salah satu konten yang saya buat di Instagram Brava.

Brava Radio

Konten yang saya buat untuk Brava biasanya konten musik tahun 80-90an untuk segment Do You Remember. Karna pengetahuan saya kurang luas di musik 80-90an, mengatasi hal itu saya berkomunikasi dengan Music Director Brava menanyakan lagu apa yang pas dengan kriteria Brava dan saya juga terus mengexplore.

penulisan setiap radio itu memiliki ciri khas atau karakternya yang berbeda-beda. Contohnya untuk BravaRadio, brava memiliki segmentasi pendengar A, A+, dan A++ dengan umur 30 tahun keatas, tentu saja berita yang disiarkan pun berkualitas dan gaya penulisannya yang formal namun tetap fun, berbeda karakter dengan TraxFm bahasa dan gaya penulisan trax santai dan lebih anak muda karena segmentasi pendengarnya juga anak-anak muda.

Ketika kerja di dunia penyiaran atau semacamnya yang terpenting adalah kreativitas dan selalu mengeluarkan ide-ide yang menarik, hal tersebut sangat menambah value kita dimata atasan.

Pengalaman magang pertama saya bisa dibilang seru karena belajar hal baru itu sangat menarik, selama menjalankan magang 4 bulan saya banyak sekali menghadiri event dan premiere-premiere film, dan di perusahaan tempat saya magang karyawannya juga sangat friendly, jadi ketika menanyakan sesuatu pun tidak membuat canggung, dengan pengalaman magang ini saya jadi mengenal hal baru dan juga banyak kenal dengan orang baru.

By: Dinda Praditasya