Selama masa pandemic Covid-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan self quarantine dirumah dan membuat kebijakan Work From Home serta Learn From Home. Selama dirumah kita memiliki waktu 24 jam untuk melakukan kegiatan. Dan dalam waktu 24 jam tersebut kita harus melakukan berbagai macam kegiatan secara bersamaan seperti bekerja, kuliah, bisnis, mengurus rumah, istirahat, dan keperluan lainnya. Belum lagi terkadang kamu sering kekurangan waktu untuk istirahat atau mungkin sebagian waktumu dirumah tersita untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah yang belum selesai. Hal tersebut terjadi karna kamu belum maksimal dalam mengatur waktumu agar tidak terbuang sia-sia.  Dan biasanya saat hal itu terjadi, kamu akan kebingungan untuk menghadapi hal tersebut. Dan tidak jarang, kamu akan mengalami stres.

Untuk menghindari hal tersebut , berikut cara untuk memaksimalkan waktu saat self quarantine. Penasaran? Yuk simak cara berikut ini !

  1. Membuat To-Do List

Biasanya saat kita sedang berada dirumah kita akan malas mengerjakan sesuatu, apalagi mengerjakan sesuatu tanpa rencana pastinya hal tersebut tidak akan efektif. mengapa seperti itu? Karna saat kamu tidak membuat rencana kerja sebelumnya kamu akan kebingungan apa yang harus kamu lebih dulu kerjakan. Atau bisa jadi kamu mengerjakan hal yang tidak seharusnya kamu dahulukan.

  1. Skala Prioritas

Setelah kamu membuat To Do List atau rencana kerja, kamu harus mulai membuat skala prioritas kerja. Kamu harus mengurutkan mana pekerjaan yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dan mana yang bisa kamu kerjakan setelahnya agar lebih efektif. Contohnya, kamu bisa mengurutkan pekerjaan tersebut  lewat deadline, kepentingan dokumen dll. Setelah membuat skala prioritas, kamu akan mengetahui pekerjaan mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Agar tidak melebihi deadline yang di tentukan

  1. Batas waktu mengerjakan project

Saat kamu mengerjakan sesuatu, ada baiknya kamu memberi target berapa lama kamu akan mengerjakan project tersebut. Misal kamu menargetkan 2 jam mengerjakan tugas, 1 jam untuk mengerjakan forum, dan lain sebagainya. Mengapa harus di targetkan? Agar kamu menyelesaikan project atau pekerjaan dengan cepat dan tepat karna sudah menargetkan berapa lama pekerjaan tersebut akan terselesaikan.

  1. Jangan Menunda

Jangan menunda untuk mengerjakan pekerjaan atau project yang kamu miliki jika kamu tidak ingin kebingungan nantinya. Karna saat kamu menunda-nunda suatu pekerjaan kamu malah akan kebingungan dan kerepotan jika sudah menumpuk dan mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Belum lagi kalau pekerjaan atau project tersebut sudah deadline.

  1. Istirahat yang cukup

Saat jam istirahat, sebaiknya kamu memanfaatkan setiap menitnya dengan sebaik mungkin. Mengapa? Karna saat kamu memiliki pekerjaan yang cukup banyak. Pastinya kamu juga memerlukan istirahat yang cukup. Atau, kamu juga bisa beristirahat 5-10 menit setelah kamu mengerjakan suatu project. Agar kamu tidak cepat lelah dan bosan dengan banyaknya pekerjaan yang kamu miliki.

Nah, itu dia 5 cara memaksimalkan waktu saat self quarantine agar menjadi lebih efektif saat bekerja. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Dan jangan lupa untuk selalu mengunjungi communication.binus.ac.id untuk mendapatkan tips dan info menarik lainnya..

By: Arllen Firdhanya Casal

Referensi:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengatur-waktu-kerja/

https://www.duniakaryawan.com/cara-mengatur-waktu/