Salah satu topik utama yang kerap muncul di layar kita selama beberapa minggu terakhir adalah Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Kini, sudah muncul pemenangnya, yakni Joe Biden beserta wakilnya, Kamala Haris.

Namun, adakah efek yang akan kita rasakan di Indonesia dengan terpilihnya Biden?

Faktanya, banyak pihak pengamat dan ahli yang memperkirakan jika kemenangan Joe Biden atas Donald Trump di Pemilihan Presiden Amerika Serikat kali ini akan membawa angin segar kepada Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Direktur PT TRFX Berjangka Ibrahim Assuaibi, seperti dikutip dari Tempo.

Ibrahim mengatakan arus modal asing tersebut akan mulai mengalir masuk ke negara berkembang karena melihat kemungkinan Joe biden akan meredakan ketegangan perang dagang antara AS dan sejumlah mitranya.

“Peluang ini lah yang direspons positif oleh pasar, sehingga akan banyak dana asing ke Indonesia. Masuknya dana asing ke Indonesia akan menguatkan rupiah,” ujar Ibrahim pada tanggal 8 November 2020.

Adapun berdasarkan perkiraan Ibrahim, besarnya dana asing yang akan masuk ke Indonesia akan lebih besar dibandingkan modal asing yang keluar pada saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan kembali diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu.

Salah satu alasan potensi modal besar asing masuk ke Indonesia ditunjang oleh suku bunga surat utang dan obligasi di Indonesia yang menggiurkan. Menurut Ibrahim, suku bunga tersebut relatif lebih tinggi daripada negara lain.

Di lain pihak, Ekonom The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai kalau Biden lebih fleksibel dibandingkan Trump yang lebih tidak menentu. Menurut Bhima, Biden sudah berpengalaman dalam menjalin hubungan multilateral sehingga tensi perang dagang akan menurun. Hal ini berkebalikan dengan Trump, dimana stimulus miliknya lebih ditekankan pada pemangkasan pajak bagi orang kaya, lanjutnya. Tidak hanya, Biden juga pendukung gerakan lingkungan hidup, sehingga diperkirakan akan menyulitkan pasar minyak sawit di Amerika Serikat.

Pengaruh kebijakan Biden memang diperkirakan bisa meningkatkan ekspor ke Negeri Paman Sam. Nyatanya, pengiriman (ekspor) ke Amerika Serikat sebenarnya mengalami penurunan pada masa pemerintahan Trump. Jika memang kebijakan pajak yang dikeluarkan Biden membuat penanaman modal asing (PMA) meningkat, maka hal ini akan mendorong beberapa negara termasuk Indonesia. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia.

By: Yonathan

Source:

https://dunia.tempo.co/read/1401888/apa-dampak-pemilu-amerika-ke-indonesia