Mahasiwa Binus selain mendapat kesempatan belajar di kelas atau belajar melalui online, mereka terbiasa melakukan penelitian di akhir semester. Seperti mahasiswa pada umumnya, penulisan skripsi adalah salah satu hal yang wajib dilalui selain juga pilihan pengerjaan Tugas Akhir. Rizky Aprilio, memiliki pengalaman internship di sebuah perusahaan dengan focus pengelolaan freelancers job, namun Rizky menjadikan pengalaman internship nya ini sebagai bahan penelitian. Dengan dibantu oleh dosen pembimbing skripsi; Dr. Ulani Yunus, hasil penelitian Rizky telah menjadi satu karya publikasi ilmiah yang diterima untuk dipresentasikan di Konferensi Internasional.

Dalam karyanya ini, Dr. Ulani dan Rizky menyebutkan bahwa di tengah Pandemik CoVID-19, terdapat peluang bagi masyarakat Indonesia, untuk menekuni pekerjaan secara lepas yang disebut dengan Freelancer. Peluang ini dapat membantu mereka yang terkena PHK dan juga yang ingin mendapat penghasilan tambahan. Melalui keahlian menulis, desain, menjadi administrator online, dll maka para freelancers dapat meraih penghasilan layaknya pegawai tetap sebuah kantor. Syarat utama agar klien terus menggunakan jasa freelancer, maka freelancer harus memiliki dua label utama, yaitu trusted and verified. Trusted artinya dapat dipercaya sesuai harapan klien dan verified artinya melakukan koordinasi dengan tim management pengelola.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan sumber data: wawancara, observasi dan literatur. Informan yang diwawancara adalah CEO pemilik web Freelancer, Freelancer nya dan klien pengguna pekerjaan Freelancer tersebut. Web seperti ini beluam banyak di Indonesia, namun telah marak di tingkat dunia. (UY1/7/20)