Magang adalah sebuah periode pengalaman kerja yang ditawarkan oleh pemberi kerja kepada siswa ataupun fresh graduate dimana yang berkaitan dipaparkan kepada lingkungan kerja secara langsung. Hal ini didasari oleh pengalaman saya selama melakukan Program Internship yang berlangsung selama 4 bulan di PT. CATUR MITRA SEJATI SENTOSA sejak tanggal 23 September 2019 sampai dengan tanggal 23 Januari 2020.

Posisi saya sendiri selama proses kegiatan magang berlangsung adalah sebagai Digital Marketing and E-commerce Intern yang berada di bawah naungan Digital Marketing. Peran dari Digital Marketing adalah merencanakan dan mengelola platform media sosial perusahaan di Instagram, serta menyalurkan produk di website Jubelio Omni di berbagai marketplace. Salah satu objektifnya adalah untuk menjual produk-produk dari marketplace ternama seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan Bukalapak, dimana kami menggunakan strategi pemasaran, brand awareness dengan berbagai macam produk, ataupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Saya juga bertanggung jawab membuat caption untuk pemenang giveaway per periode dan merencanakan serta mengelola platform media sosial. Selain itu, saya juga mengikuti rangkaian kegiatan Mitra10 dan berdiskusi dengan tim Marketing Communication terkait kerjasama dalam acara Gemerlap Cahaya Desember, dimana kami membagikan Flash Deal Bukalapak dan aneka diskon lainnya.

Tidak berhenti sampai di situ, saya juga membuat konten untuk media sosial mengenai tips mengenai cara mengubah penampilan dapur menjadi dapur impian sembari melakukan channeling produk ke web Jubelio yang ada di Mitra10. Pengalaman magang ini membuat saya belajar bagaimana bekerja secara professional. Sungguh life changing experience!

Penulis : Joey

Editor : Yonathan