PT. Dyandra Promonsindo merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Professional Exhibition Organizer di Indonesia. Event yang dijalankannya sudah sangat banyak, tidak jarang memberikan hasil yang memuaskan kepada klien dan juga masyarakat. Event yang dilangsungkan dalam jangka waktu satu tahun pun tidak sedikit, contohnya seperti Indonesia International Motor Show, Synchronize Festival, Kompas Travel Fair, Muslim Festival, dan masih banyak lagi acara yang dikomandoi oleh tim Dyandra Promosindo. Hal ini dikarenakan kinerja karyawan Dyandra Promosindo luar biasa agar dapat menghasilkan acara yang spektakuler.

Tentu banyak orang yang bertanya tanya, “bagaimana sih tim dari Dyandra Promosindo ini membuat konsep dan konten dari sebuah acara?” sampai pertanyaan nyeleneh seperti “tim Dyandra pada tidak istirahat ya? Soalnya eventnya selalu padat dalam satu tahun”. Sering kali hal itu dilontarkan kepada karyawan Dyandra, dan hal tersebut menjadi pertanyaan saya juga pada saat hendak bergabung sebagai mahasiswa internship di Dyandra Promosindo.

Selama mengikuti kegiatan internship selama 4 bulan di Dyandra Promosindo, banyak hal yang saya alami dan pelajari, dan perlahan menjawab sebuah pertanyaan yang sebelumnya saya sendiri tanyakan. Rupanya pada saat saya melakukan kegiatan internship dan memegang beberapa event yang diselenggarakan, ada beberapa momen yang tidak seperti saya bayangkan. Misalnya ketika membuat konsep dan konten, kita tidak harus duduk di dalam sebuah ruangan yang tertutup seperti ruang meeting, dikarenakan kita membutuhkan ide dan kreatifitas dalam membuat sebuah konten untuk disuguhkan kepada masyarakat, karena itu kami melakukan meeting di sebuah coffee shop, di dalam fun room, atau pun di taman sekitaran kantor.

Memang tuntutan pekerjaan dapat dikatakan berat, tetapi karena fleksibilitas saat menentukan ide-ide tersebut, hal itu membuat pekerjaan terasa mudah dan nyaman. Begitu pula untuk waktu istirahat, dimana Dyandra Promosindo memiliki jam kerja yang sama dengan kantor pada umumnya. Akan tetapi dikarenakan kondisi dan situasi kantor yang sangat menyenangkan dan penuh dengan tawa, hal itu membuat sebuah pekerjaan tidak terasa terlalu berat sehingga dapat kami dapat berpikir dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Ada pula kejadian unik pada saat saya melakukan kegiatan event, dimana acara tersebut mengalami keterlambatan jam mulai dikarenakan salah satu pengisi konten acara belum sampai di lokasi. Tentu sebagai mahasiswa magang, saya sedikit panik karena jadwal menjadi tidak sesuai dengan rundown, akan tetapi tim acara yang lainnya berusaha menenangkan saya dengan mengajak bercanda dan memikirkan solusinya.

Pada titik itu saya sempat merasa heran, tetapi pelajaran yang bisa saya ambil adalah pada kondisi seperti ini, kita tidak boleh panik ataupun gegabah menghadapi masalah. Kita harus tenang sehingga dapat berpikir dengan jernih sehingga dapat menemukan solusi dari sebuah masalah.

Penulis : Muhammad Fariz Ramadhan

Editor : Yonathan