Nama saya Muhammad Axel Nandisyah, dan saya adalah seorang mahasiswa Bina Nusantara angkatan 2021 dari fakultas Marketing Communication. Pada semester lalu, saya melaksanakan program 3 + 1, dimana saya memutuskan untuk memilih track internship. 

Menurut pendapat saya sebagai mahasiswa, internshipmerupakan sebuah hal yang sangat penting. Program internshipdari Bina Nusantara memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar bagaimana menghadapi dunia kerja. Dengan adanya program ini, mahasiswa bisa mendapatkan gambaran serta pengalaman di dalam dunia kerja yang akan sangat berguna kedepannya.

Pada bulan Agustus, saya berkesempatan untuk melakukan interview dengan perusahaan multinational startupyang bergerak di bidang digital agencyyang bernama AnyMind Group. Beberapa saat sebelum interview dilakukan , saya merasa sangat tegang dan gugup karena itu merupakan pengalaman pertama saya melakukan interview untuk sebuah perusahaan. Saya berusaha melewati tahapan tersebut sebaik mungkin.

Dua hari kemudian, saya mendapatkan e-mail bahwa saya bisa mulai bekerja di Anymind Group sebagai interndi divisi account strategypada tanggal 12 Agustus 2019. Account strategy merupakan salah satu divisi di Anymind Group yang memiliki tugas untuk memantau dan mengoptimasi iklan yang dijalankan melalui digital platforms seperti Google Ads, Instagram Ads, Google SEO, dan lain – lain. Profesi Account strategyjuga dikenal dengan nama performance marketer.

Hari pertama saya masuk kerja adalah sebuah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya masih betul – betul ingat dengan perasaan tegang yang saya rasakan. Saya mendapatkan pengalaman beserta ilmu yang sangat berguna bagi saya. Hal  tersebut sangat baik untuk pengembangan diri saya sebagai seorang mahasiswa. Terlebih lagi, bidang saya kerjakan saat magang memiliki tren yang sangat positif untuk beberapa tahun yang akan datang dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Saya memiliki beberapa pengalaman menarik saat magang, mulai dari meeting dengan beberapa atasan saya dari kantor pusat sehingga saya bisa memahami bagaimana cara kerja orang – orang asing, sampai belajar memahami perbedaan budaya yang ada. Periode internship saya AnyMind Group memberikan pengalaman yang cukup berkesan sebagai tempat pertama saya belajar mengenai dunia pekerjaan.

Penulis: Muhammad Axel Nandisyah

Editor  : Yonathan