Kesempatan Magang Membuahkan Pengalaman yang Terkenang

Universitas Bina Nusantara memiliki sebuah program 3+1 dimana mahasiswanya diwajibkan untuk melakukan internshipsesuai dengan jurusannya masing-masing. Saya sendiri adalah seorang mahasiswa yang mengambil peminatan Marketing Public Relations. Sebagai mahasiswa yang akan menjalani program magang, saya bersemangat sekali untuk melamar ke beberapa perusahaan. Beberapa hari setelah saya mencoba melamar pada salah satu perusahaan, saya mendapatkan berkabar bahwa saya diterima sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverage sebagai bagian event organizer.

Menjelang hari pertama saya melakukan internship di perusahaan tersebut, saya sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Perasaan saya campur aduk, ada rasa senang yang disertai rasa gugup karena ini adalah pengalaman pertama saya melakukan internship. Program 3+1 ini sendiri berjalan dalam kurun waktu empat bulan,

Pada hari pertama internship,masing-masing mahasiswa magang memperkenalkan diri kepada karyawan yang bekerja di ruang tersebut. Setelah itu, supervisormemberi arahan pada mahasiswa magang terkait tugas, tanggung jawab, serta peraturan yang perlu ditaati ketika magang. Tugas pertama yang saya dapat adalah untuk membuat sebuah konsep acara kelas memasak untuk anak agar dapat dipresentasikan kelak pada saat meeting.

Sejujurnya, Saya cukup merasa tidak percaya diri ketika mempersiapkan materi kelas memasak anak ini karena khawatir apakah konsep ini akan diterima oleh para karyawan. Bahkan pada saat persiapan untuk melakukan presentasi di depan karyawan saya hampir tidak fokus karena merasa gugup. Meski begitu, saya tetap berusaha untuk menstabilkan pikiran saya.

Dengan adanya kesempatan untuk berbicara di depan banyak orang, tentu ini menjadi sebuah pengalaman yang berkesan bagi saya. Ditambah lagi pada saat saya membuka presentasi, para karyawan tertawa kepada saya karena wajah saya terlihat cukup gugup dan kebingungan. Untungnya, setelah itu saya dapat mengendalikan suasana presentasi dengan baik.

Selama kegiatan internshipsaya membangun hubungan baik dengan semua karyawan, salah satunya dengan Pak Oki. Pertama kali saya melihat beliau. terlintas dalam pikiran saya jika beliau adalah orang yang tidak banyak berbicara dan tidak suka bersosialisasi. Setelah saya mengenal Pak Oki, rupanya apa yang saya pikirkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Pak Oki rupanya adalah orang yang sangat senang berbagi cerita terkait pengalaman hidup dan karirnya. Dari apa yang sudah Pak Oki ceritakan, saya dapat memetik banyak pelajaran. Setelah itu, saya dipercaya untuk menjadi telemarketing untuk menjawab semua panggilan customeryang membutuhkan informasi terkait perusahaan, dan mengawasi media sosial milik perusahaan.

Setelah jam makan siang, mahasiswa magang diminta untuk membantu karyawan yang sedang mempersiapkan acara untuk akhir pekan dengan mendekorasi beberapa bagian bunga yang terbuat dari bahan plastik. Setelah itu, mahasiswa magang melakukan diskusi terkaitĀ  rencana kegiatan kelas memasak karena kami memerlukan beberapa riset dari sisi peserta serta mendiskusikan suasana kegiatan yang perlu dibangun.

Menurut saya, tugas yang diberikan cukup mudah karena banyak karyawan yang membantu dan membimbing kami, para mahasiswa magang. Hal ini membuat saya menyimpulkan bahwa dengan perilaku yang ramah dan sopan membuat, para karyawan akan senang hati membantu mahasiswa magang.

Pak Andre, supervisorsaya, memberikan tugas kepada mahasiswa magang untuk membuatkan promosi bagi komunitas otomotif yang akan mengadakan sebuah acara serta membuat surat untuk dibagikan kepada komunitas yang lain. Mahasiswa magang juga ditugaskan untuk mengurus komunitas yang melakukan reservasi. Dari tugas ini, saya mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan orang, memahami berbagai karakter yang ada, dan juga memahami berbagai macam jenis customer.

Pak Andre adalah seseorang yang memiliki sifat bijak dan juga cukup terbuka, sehingga mahasiswa magang tidak sungkan untuk memberi masukan ataupun saran terkait tugas-tugas yang sudah diberikan. Kesempatan magang yang saya dapat ini menjadi sebuah kenangan yang tidak terlupakan, mulai dari berbagai tugas yang diberikan, sampai orang-orang di dalam perusahaan yang baik, ramah, yang dengan senang hati membimbing mahasiswa magang.

Pada hari terakhir internship, Pak Andre dan Pak Oki menyampaikan salam kepada mahasiswa magang untuk tidak sungkan menyapa jika bertemu, dan datang kemari jika membutuhkan sesuatu.

Penulis: Aiman

Editor: Yonathan