Hampir semua kampus pasti mempunyai tempat kuliner unik yang sangat digandrungi oleh mahasiswanya. Begitu pun dengan BINUS (Bina Nusantara)! Entah karena rasanya, tempatnya yang strategis, atau karena tempat tersebut nyaman untuk ditempati berjam-jam, namun tempat-tempat ini telah memiliki spot tersendiri di hati mahasiswa Binus.

Jika kamu masih baru dan belum familiar dengan lingkungan di sekitar Binus, ayo ikut tur singkat dengan JuKo untuk mengetahui 7 tempat makan yang iconic di Binus!

 

  • Ciz n Chic

 

Ciz n Chic
Ciz n Chic

JuKo akan memulai list dengan salah satu tempat makan favorit JuKo, Ciz n Chic. Dengan 2 cabang yang keduanya berlokasi di Jalan U, Ciz n Chic adalah restoran yang sangat khas dengan masakan keju dan ayam (you don’t say?). Mulai dari Chic Melted Cheese, Chic Cordon Bleu, hingga Chic Schnitzel, ada berbagai varian yang harus kamu coba. 

Namun jangan khawatir, jika kamu bukanlah orang yang menyukai keju dan ayam, masih ada berbagai varian menu lain yang juga menyediakan ikan dan sapi seperti Beef Stroganoff dan Fish n Chips yang bisa kamu coba dengan saus pilihan kamu, seperti saus BBQ dan saus black pepper.

 

  • Rocky Rooster

 

Rocky Rooster
Rocky Rooster

Bermulai dari hanya satu gerai, Rocky Rooster telah melebarkan sayapnya dan sudah mempunyai empat gerai lain yang lokasinya cukup berdekatan, yaitu di sekitar Binus Anggrek dan Syahdan, sudah cukup untuk membuktikan keenakan dari ayam goreng tepung ini. 

Berspesialisasi dengan ayam goreng tepung, kamu bisa menikmatinya dengan berbagai sambal dan saus pilihan, seperti sambal matah, saus keju, ataupun saus black pepper. Berdasarkan pengakuan dari mahasiswa Binus dan sesuai dengan slogan dari Rocky Rooster sendiri, jangan ngaku anak Binus kalau belum coba Rocky!

 

  • 9 Square

 

9 Square
9 Square

9 Square telah menjadi pilihan bagi banyak mahasiswa Binus untuk ngadem, mengerjakan tugas, atau pun bersantai karena posisinya yang sangat strategis. Berlokasi di deretan samping Binus Anggrek, 9 Square menyediakan banyak pilihan menu, mulai dari camilan yang menarik seperti Cheese Tofu dan ubur-ubur Sinchuan, hingga makanan berat layaknya Nasi Ayam Goreng Cabe Rawit dan Sapi Lada Hitam.

Mempunyai beberapa lantai, kamu bisa mengunjungi 9 Square sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya ketika kamu sekedar mau makan atau mengerjakan tugas, lantai 1 dan 2 yang dilengkapi dengan wifi siap untuk mengakomodasi kebutuhanmu. Sementara untuk kamu yang ingin bersantai atau membutuhkan tempat untuk menghabiskan waktu, tersedia lantai 3 dimana kamu bisa bermain billiard dengan teman-temanmu!

 

  • Warung Bambu

 

Warung Bambu
Warung Bambu

Ada alasan tersendiri kenapa ucapan “Bambu, yuk” sering keluar dari mulut mahasiswa Binus. Lokasinya yang terletak persis di sebelah parkiran mobil Binus Anggrek menjadikan tempat ini salah satu tongkrongan dan tempat makan favorit Binusian. 

Terdiri dari beberapa gerai yang menjadi satu, tempat ini menjadi salah satu pilihan utama ketika jam makan siang ataupun ketika mahasiswa hanya ingin menghabiskan waktu untuk menunggu jeda antar kelas. Menu nya pun berbagai macam sesusai dengan seleramu, mulai dari Mie Ayam, Nasi Goreng Kulit, Udang Saus Padang, atau pun Es kelapa yang di cocok di siang hari kota Jakarta yang tanpa ampun.

  • Bakmi Effata

 

Bakmi Effata
Bakmi Effata

Jika kamu sedang malas untuk pergi keluar dan memilih untuk makan di dalam kampus, Bakmi Effata bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang sedang lapar. Sesuai dengan namanya, Bakmi Effata menjual Mie Ayam yang bisa kamu pesan atau makan di tempat di basement Binus Anggrek.

Dengan kuahnya yang gurih dan cara masak mie di atas rata-rata, maka tidak heran kalau Bakmi Effata menjadi favorit bukan hanya di kalangan mahasiswa, tetapi juga dosen dan staff Binus.

 

  • Ayam Blenger PSP

 

Blenger PSP
Blenger PSP

Nah bagi kamu pecinta pedas, kamu harus cobain Ayam Blenger PSP. Kamu bisa memilih tingkat kepedasannya disediakan antara level 0 sampai level 10, kemudian memilih topping yang kamu inginkan mulai dari keju mozarella sampai telur,kulit ayam, atau bahkan pete! Satu level di PSP sendiri berarti 10 cabe rawit, jadi kalau level 10, duh JuKo aja gak berani bayangin.

Meski begitu, karena popularitasnya yang tinggi, Ayam Blenger PSP sangatlah ramai dan kerap dipadati oleh ojek online sehingga untuk makan di tempat kadang tidak menjadi pilihan. Untungnya, lokasinya yang dekat kampus Syahdan, tepatnya di Jl. KH Syahdan, dan dibukanya tempat makan tambahan persis di depannya bisa membuat dine in menjadi pilihan. Meski begitu, tetap pakai masker ya!

  • Waroeng Western
Waroeng Western
Waroeng Western

Pernah gak sih kepikiran fusion antara menu barat dengan bumbu Indonesia? Nah, bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu  tidak perlu jauh-jauh mencari atau bahkan mencoba membuatnya (JuKo sudah pernah dan rasanya bikin JuKo merenung semalaman), karena Waroeng Western sudah hadir di daerah Binus!

Berlokasi di Jl. KH Syahdan, tepatnya satu deretan dengan Binus Center, Waroeng Western menyediakan masakan western dengan cita rasa bangsa. Mulai dari Chop Steak Cabe Garam, Dori Balado, Steak Ayam Bumbu Sate, dan masih banyak lagi pilihan lainnya, dijamin kamu bisa merasakan cita rasa baru dari paduan 2 kuliner yang berbeda genre. Kalau kesukaan JuKo sih, Dori Matah Bali. Cobain dan kasih tahu JuKo menu kesukaanmu JuKo ya!

By: Yonathan