Untuk beberapa orang, menghadapi sesuatu yang baru bisa menjadi sebuah momok yang menakutkan, sementara untuk orang lain, hal ini bisa menjadi sesuatu yang asyik. Nonetheless, tidak ada pilihan yang benar atau salah. 

Semua orang pada akhirnya akan dihadapkan kepada hal yang belum pernah alami sebelumnya untuk mempelajari dan mengetahui hal-hal yang baru. It’s a part of life. Sama saja seperti ketika kita menyelesaikan bangku SMA dan mulai menatap tahap selanjutnya, yaitu dunia perkuliahan.

Berada di lingkungan yang asing, bertemu dengan teman-teman baru, maupun mengalami pengalaman-pengalaman yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. It might be overwhelming to some, but is there a guide to it? Tentu ada, karena itu disini JuKo akan berbagi tips dan trik dalam menghadapi dunia perkuliahan untuk mahasiswa baru. Sedot gan!

Mengenali Lingkungan Kampus

Tentu dalam menghadapi lingkungan baru, banyak tempat yang masih asing bagi kita. Namun sebagai manusia, kita diberkahi kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat. Karena itu, mengenali lingkungan baru sebetulnya sulit bagi kita, dan tentunya akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

Akan ada kalanya dimana kita mempunyai urusan di ruangan kampus, harus print tugas, ataupun menghampiri teman untuk nongkrong. That is why, first and foremost, kenali lingkungan di sekitarmu!

Don’t Judge a Book by Its Cover

Hari pertama masuk kampus, mengikuti FEP (Freshmen Enrichment Program), dan pastinya bertemu wajah-wajah baru. Mungkin ada yang terlihat bersemangat, terlihat belum mandi, wajah yang terlihat supel, ataupun yang sedang duduk sendirian di bangku ujung. Nah, berdasarkan pengalaman JuKo, bertemanlah dengan semua orang!

Dengan mempunyai koneksi terhadap orang-orang baru, akan lebih mudah bagimu untuk menghadapi lingkungan perkuliahan. Mungkin saja orang yang terlihat seperti kutu buku, akan menjadi komti (ketua kelas di kelasmu),ketua sebuah organisasi, ataupun rekan bisnis di masa depan! Karena itu, bertemanlah dengan semua orang.

Mengikuti Kegiatan dalam Kampus

Ketika sedang mengikuti FEP, akan ada tahap dimana kita ditawarkan untuk mengikuti berbagai jenis organisasi dan himpunan yang sesuai dengan minat dan ketertarikanmu. Kalau dari yang pernah JuKo alami nih, mengikuti kegiatan tersebut akan sangat berpengaruh dalam kehidupan kampusmu!

Tidak hanya belajar hal baru yang belum tentu bisa kamu dapatkan di dalam kelas, kamu juga mendapatkan teman-teman baru, menjadi lebih dekat dengan senior, dan juga bisa mendapatkan poin plus untuk portofolio mu saat bekerja nanti (atau bertemu dengan calon pasanganmu)

Tinggalkan Zona Nyaman

12 tahun tahun yang kita habiskan selama duduk di bangku sekolah pasti meninggalkan banyak jejak, baik manis maupun pahit. Sebagian dari kita juga mungkin mempunyai teman-teman yang pergi ke kampus yang sama. Meski begitu, alangkah baiknya jika tidak hanya bergaul dengan mereka tapi juga berkenalan dengan banyak orang baru.

Hal lain adalah membentuk kebiasaan baik yang baru. Dengan banyaknya aktivitas yang mungkin asing saat kita masih bersekolah, akan ada banyak kegiatan yang dapat menyita waktu kita. Karena itulah, saat kita sudah duduk di bangku kuliah, membentuk mindset dan pola hidup yang baru agar kita tidak ketinggalan akan sangat membantu kita ke depannya. 

Memiliki Hubungan yang Baik dengan Dosen

Dosen adalah raja? Tidak juga, dosen hanyalah manusia yang sama seperti kita. Hanya saja, dengan pengalaman, pengetahuan, dan wewenang yang melampaui kita, JuKo tidak bisa menampik fakta kalau seorang dosen sangatlah berpengaruh terhadap faktor kelulusan seorang mahasiswa. Jadi, bisa bayangkan kan enaknya jika kita memiliki hubungan yang baik dengan dosen?

Tidak hanya itu, memiliki hubungan yang baik berarti akan lebih mudah bagi kita seandainya kita membutuhkan bantuan dari dosen tersebut, misalnya menanyakan sesuatu yang tidak kita mengerti ataupun menanyakan kejelasan sebuah tugas. JuKo mengerti kok kalau di masa muda, jiwa rebel kita pasti masih sangat membara, tapi ada waktu dan tempat untuk semua hal. Tapi untuk kita bersikap membangkang terhadap dosen? Waduh, gak ada untungnya deh!

Kalau JuKo sih, no.

Nah, sekian tips dan trik dari JuKo mengenai hal-hal yang harus kita perhatikan ketika memasuki lingkungan kampus. Mempunyai pertanyaan ataupun hal yang masih belum kamu mengerti? Jangan ragu bertanya kepada kita di kolom komen mau di social media kita ya!

Twitter: http://twitter.com/BINUS_UNIV

Instagram: https://instagram.com/communicationdeptbinus

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCy5KGNpX5oJIfN42N6QU5_g/featured

LINE: @commdeptbinus

By: Yonathan