Sukses dalam berkarier merupakan impian setiap orang karena bisa dipastikan akan sangat menguntungkan bagi keberlangsungan hidup masa depan. Apalagi bagi fresh graduateyang notaben-nya masih buta akan dunia kerja. Sayangnya, kesuksesan tidak dengan spontanitas dapat dirasakan, butuh perjuangan dan kerja keras untuk meraihnya. Lantas apa yang seharusnya seorang fresh graduate lakukan agar bisa sukses dalam karier?

Steve Jobs dalam pidatonya di depan mahasiswa Stanford University berkata: “Anda harus menemukan apa yang kalian sukai. Dan itu juga berlaku untuk pekerjaan Anda. Pekerjaan akan mengisi sebagian besar hidup Anda, dan satu-satunya cara untuk merasakan kepuasan adalah dengan melakukan apa yang Anda yakini sebagai pekerjaan hebat. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari.”

Dari kalimat itu, Steve mengajak setiap orang untuk melakukan pekerjaan yang mereka sukai. Dengan kata lain, jika kamu menginginkan karier yang sukses, kamu dapat mempertimbangkan untuk fokus memilih sesuatu yang kamu sukai. Tentunya ‘sesuatu yang disukai’ selalu berkaitan dengan ‘passion’Passion merupakan suatu hal yang tidak akan pernah bosan untuk dilakukan, dan sesuatu hal yang dilakukan tanpa memikirkan untung dan rugi.

Ketahui Passion Anda

Kebanyakan dari fresh graduate masih belum mengetahui pekerjaan sesuai dengan minatnya. Menyadari passiondalam diri sedini mungkin akan membuat para fresh graduate lebih cepat menentukan arah kariernya. Hal ini juga bertujuan agar para fresh graduate terhindar dari pekerjaan yang dilakukan karena keterpaksaan. Namun, apabila kamu belum juga menemukan passion padahal sudah harus memasuki dunia kerjamaka saran terbaik adalah dengan mengambil semua kesempatan kerja yang tersedia untuk dijadikan peluang awal dalam mendulang pengalaman serta mengasah kemampuan. Selama proses itu berlangsung, kamu pada akhirnya akan menyadari karier seperti apa yang sebenarnya ingin kamu jalani.

Untuk mengetahui passion yang ada dalam diri, kamu bisa membuat daftar hal-hal yang kamu pikir tidak akan pernah bosan untuk dilakukan. Selain itu, menyadari perubahan apa yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu juga dapat membantu mengenali tentang passion kamu.

Pertahankan Passion Anda

Setelah mengetahui dan mengenali passion dalam diri, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan para fresh graduate adalah mempertahankannya. Passionsering didasarkan pada sifat-sifat umum yang berkembang seiring waktu. Sifat-sifat tersebut harus dipertahankan dengan cara dikembangkan melalui latihan. Sebab, passion yang sebenarnya membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk bisa mengembangkan keterampilan yang akan menuntun dalam keberhasilan karier seseorang.

Jadi, mengenali passion dan terus mempertahankan dengan cara mengembangkannya selama periode berkelanjutan merupakan formula kesuksesan bagi karir seseorang. Di sisi lain, passion bukanlah menjadi patokan bagi para fresh graduate untuk memasuki dunia kerja. Ingat! Passion adalah hal yang sangat dinamis. Bisa saja bekerja pada bidang tertentu yang awalnya tanpa didasari oleh passion justru membawa kamu menemukan minat lainnya.

By: Intan Kusuma Anggraini /2001559620