Pandemic, A Blessing in Disguise

Hi guys! Kembali lagi bersama JuKo, dan kali ini JuKo ingin membahas tentang sebuah kondisi dan perasaan yang hampir semua dari kalian sedang rasakan sekarang, yaitu..

Bosen! Gabut! Mati gaya! COVID cepetan beres dong!!

Setidaknya satu atau dua dari umpatan tersebut pasti pernah terlintas (atau jangan-jangan hampir setiap hari? Hehe) di otak. 

Di tengah karantina, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), atau pun penetapan Work from Home (WFH) yang sedang dijalankan dan diterapkan di keseharian kalian, rasa jenuh dan bosan pasti kerap terjadi.

Mau bagaimana lagi, yang namanya terkurung di ruang lingkup yang itu-itu saja, pasti aktivitas yang kita lakukan mau tidak mau menjadi terbatas. Kerjaan sudah kelar, temen gak bisa diajak nongkrong, instagram udah di di-scroll sampai bawah. Mau ngapain lagi ini?!

Ets, tapi sebelum kalian mengumpat dan nambah dosa, sadar gak sih kalau sebetulnya COVID-19, atau kerap disebut Corona , itu ada sisi positifnya?

JuKo lagi mabok ya??

Oh tentu JuKo sadar sepenuhnya. Bahkan dengan percaya diri JuKo bisa bilang kalau COVID-19 merupakan sebuah blessing in disguise bagi sebagian orang yang menyadarinya. And no, I’m not talking how nature could prosper, re-grew, etc. I’m talking about you. 

Percaya gak percaya, dunia per-hectic-an ini (you name it, apapun aktivitas dan kewajiban yang selama ini menyibukanmu) sering menghalangimu untuk melakukan berbagai hal, misalnya mencoba hal baru, menyalurkan hobimu, atau apapun itu yang sering terlintas di otak.

Duh, masa iya sih Juk? 

Iya banget! And I’d be glad to give you some ideas (in case being occupied made you forget), such as..

 

  • YouTube!

 

Iya, YouTube. I know what you’re thinking. Masa YouTube sih Juk? Gak lagi pandemik juga sering! Iya, kamu gak salah kok, tapi coba jangan buka rekomendasi ya! Instead, kamu bisa nonton apa yang selama ini kamu tunda-tunda, misalnya berbagai video yang kamu pernah taruh di Watch Later dan akhirnya menjadi penghuni abadi di sana, hal-hal yang kamu sebetulnya ingin tahu tapi penasaran, atau pun tips dan trik yang bisa kamu pelajari dari berbagai aspek, seperti kamera, cara mengedit, dan lain-lain. 

Jika kamu tidak tahu apa yang ingin buka atau kamu bukan tipe orang yang suka menunda untuk menonton sebuah video, maka JuKo juga punya beberapa referensi yang mungkin bisa berguna untukmu, seperti TedTalk (yang menawarkan pembelajaran mengenai APAPUN), VOX dan Great Big Story (yang menawarkan kisah di dunia nyata dari perspektif yang berbeda), Pursuit of Wonder (jika barangkali kamu tertarik akan sesuatu yang tidak biasa, seperti istilah Kafkaesque, Stoicism, atau Nova Effect) atau pun Exploring Alternatives (dimana kamu bisa menemukan orang-orang yang melakukan berbagai hal unik).

 

  • Menulis

 

Percaya tidak percaya, menulis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan fungsi otakmu. Sisi baiknya? Kamu bisa menulis apapun, literally apapun (and I’m not even trying to be Jaksel here, because it’s literally anything)

Kamu bisa menulis ide cerita yang mungkin selama ini tersimpan ini di otakmu namun belum sempat kamu realisasikan atau tuangkan, puisi yang terinspirasi dari kejadian atau film favoritmu, atau bahkan sesimpel diary atau jurnal dari apa saja yang kamu rasakan selama hari ini. You might not realize it, but we’re currently in the middle of a major historical event! 

 

  • That Thing You’ve Been Postponing

 

Kembali lagi ke poin pertama, there has to be a thing that you’ve been wanting to do but can’t because of how busy you are. Belajar bahasa baru? Menonton sebuah seri yang kerap direkomendasikan temanmu? (there’s a reason why Breaking Bad still takes the number spot on IMDB) Menata ulang ruangan mu? This is the right now to those things! 

Kapan lagi kamu bisa bekerja dari rumah sembari melakukan apapun itu yang ingin kamu lakukan? Sekarang. 

Jadi setelah sekian banyak (dan jauh lebih banyak lagi) yang bisa kamu lakukan di kala pandemik ini, apakah kamu masih merasa kalau karantina ini adalah sebuah kutukan? Share your thoughts or any other activity you have in mind in the comment section! (Yo)