Public Relations atau PR mungkin masih terdengar awam di telinga Sebagian orang, tetapi hasil pekerjaan PR sebenarnya sering kita lihat di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, pernah gak sih kalian suka banget sama artis Korea sampai-sampai kebawa mimpi? Nah, apa yang kita lihat di televisi atau internet tentang artis Korea tersebut adalah salah satu contoh hasil pekerjaan seorang public relations membangun image-nya sampai dikenal oleh masyarakat luas. Contoh lainnya, pernah gak sih kalian saking sukanya sama sebuah brand, sampai-sampai kalau mau beli suatu produk bilangnya malah brand tersebut? Nah, kedua contoh tersebut adalah hasil dari keberhasilan branding yang dilakukan oleh praktisi PR.

Wah, jadi public relations bukan sesuatu yang asing sebenarnya ya?

Bener banget! Pekerjaan PR ada di semua sektor, mulai dari entertainment industry, start-up, e-commerce, lembaga pemerintahan, NGO, media, bahkan di industri perhotelan atau Food and Beverage sekalipun, semuanya membutuhkan PR!

Lalu apa aja sih yang dipelajari di Public Relations?

Public relations adalah salah satu cabang dari Ilmu Komunikasi, jadi tentu saja kalian akan belajar bagaimana berkomunikasi melalui berbagai media, baik yang konvensional seperti televisi, radio, koran, ataupun yang digital, seperti sosial media. Pekerjaan PR difokuskan kepada bagaimana membangun image yang positif bagi sebuah perusahaan, organisasi, atau individu. Nah, karena pekerjaan PR sangat dekat dengan internet, kalian juga akan banyak belajar tentang digital storytelling. Selain itu, di PR kalian juga akan belajar tentang bagaimana sih caranya mengahadapi krisis komunikasi, seperti sekarang contohnya ketika kita menghadapi pandemi COVID-19. Seru kan belajar PR?

Hmm..jadi kalau kita belajar PR, kesempatan kerja akan terbuka lebar donk?

Tepat sekali! Industri public relations adalah salah satu industri yang akan selalu dibutuhkan dan terus berkembang. Praktisi PR bekerja dengan teknologi, namun sangat sulit digantikan oleh teknologi. Karena itu, profesi PR adalah salah satu pekerjaan yang “aman” di era industry 4.0 ini. Malahan, karena PR adalah industri yang sangat dinamis, profesi ini terus berkembang sesuai dengan tuntutan jaman. Jadi yuk kenalan lebih jauh dengan PR di Program Marketing Communication. Kalian bisa memilih dua (2) peminatan, yaitu Corporate Communication atau Brand Communication. Sampai ketemu di ruang kelas ya! (YS).