Dimana pun pasti ada yang namanya aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis, misalnya tidak boleh bersendawa di meja makan, jangan menikung pacar teman (hehe), atau pun mengikuti peraturan ganjil genap di jalan protokol. 

Kebanyakan peraturan dibuat untuk kebaikan kita sendiri, baik untuk menghindari kekacauan ataupun sesuai namanya, agar sesuatu dapat menjadi lebih teratur. Nah, di tiap tempat pasti memiliki aturan-aturannya sendiri yang harus kita patuhi.

Lantas bagaimana dengan lingkungan tempat kerja? Di tempat sakral dimana kita mengais mencari sesuap nasi, pasti ada juga aturan-aturan yang kita patuhi. Meski tiap kantor mempunyai ketentuan yang berbeda, namun ada beberapa hal yang wajib tidak boleh kamu lakukan (hampir) dimana pun kamu bekerja.

Penasaran apa saja? Lets get it on!

Jam Karet

Ini adalah sebuah budaya Indonesia yang “diwajarkan” namun sama sekali tidak wajar. Telat merupakan sebuah kebiasaan di negara +62 yang sangat sering dilakukan, namun seharusnya sebisa mungkin dihindari. Bayangkan saja, telat 20 menit dengan petinggi perusahaan atau klien penting? Cari mati namanya. 

Karena itu usahakan untuk mengadopsi yang namanya disiplin. Sifat disiplin adalah hal kecil yang bisa membawamu berkembang jauh. It’s those little things that can take you far. Karena itu lain kali jika GPS sudah memberikanmu estimasi waktu, usahakan untuk sampai di destinasimu lebih cepat. 

Terdistract oleh Gadget

Ya memang, di era terknologi ini semua hal bisa dilakukan lewat sebuah smartphone, and that’s one of the biggest reason why smartphone is a major distraction. Ingat, kita tidak dibayar untuk bermain game di facebook, chatting, ataupun mencari tahu gosip terkini kecuali memang tugas kita mengharuskan kita untuk melakukan hal tersebut.

Selain menjadi salah satu sarana yang kerap membuat kita terdistract, gadget juga membuat kita sulit untuk fokus karena perhatian kita terbelah antara gadget dan pekerjaan yang harus dilakukan. Hal ini tentu menjadi sebuah downside yang sangat besar karena akan membuat kita lebih lelah secara mental karena fokus silih berganti sehingga pada akhirnya mengurangi keproduktifitasan kita.

Menunda Pekerjaan

Don’t do today what you can do tomorrow”, adalah sebuah pepatah yang sangat harus dihindari di lingkungan kerja, apalagi sampai tertanam di mindset-mu. Menunda sesuatu tidak akan pernah berakhir baik karena hanya akan menambah load pekerjaanmu. Kualitas pekerjaan pun akan menurun karena pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan dengan lebih baik selama beberapa hari harus dipersingkat menjadi beberapa jam sama. 

Kebiasaan ini juga tidak menutup kemungkinan kalau kamu akan telat mengumpulkan pekerjaanmu yang pada akhirnya akan menurunkan citra dan reputasi di mata co-worker atau bahkan atasanmu. Sebaliknya, menyelesaikan tugas tepat waktu dapat menaikkan kredibilitasmu.

Bersikap Terlalu Nyaman

Tidak jarang kita lupa bahwa kita sedang beradadi sebuah tempat kerja yang menuntut etika dan sifat profesional yang tinggi, terlebih ketika kita bekerja di sebuah startup atau lingkungan kerja yang cenderung “santai” dibandingkan sebuah korporat. Alhasil, ada kalanya kita memakai outfit yang tidak sesuai, bersuara terlalu keras, atau bahkan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.

Karena itu, ada baiknya jika selalu menjaga sikap profesional kita dimanapun kita berada. Bukan berarti kita harus jaim, namun ada waktu dan tepat untuk segala sesuatu, dan agaknya hal-hal yang disebutkan di atas tidak sepantasnya untuk dilakukan di areal kerja.

Menggosipkan Teman Kerja

As fun as it sounds, don’t. Just don’t. Pasti ada kalanya teman kerjamu memulai sebuah percakapan dengan “Eh tau gak sih?”, yang biasanya berujung seseorang menjadi inti topik dari obrolan. Apapun “berita hangat” yang kamu coba sampaikan, lebih baik simpan untuk dirimu sendiri karena melakukan hal ini justru akan membuat terlihat seperti seorang antagonis.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa kehilangan kepercayaan dari orang-orang di sekitarmu dan mengurangi waktu produktifmu sendiri. Momen-momen yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan pekerjaanmu malah dibuang untuk sesuatu yang tidak berfaedah is truly a big no.

Nah, dari poin-poin di atas, yang manakah yang masih sering kamu lakukan di kantor? Sebisa mungkin hal-hal tersebut harus dihindari untuk menjaga lingkungan kantor tetap kondusif dan menjadikan diri kita sebagai salah satu contoh karyawan teladan. Jika tidak ada contoh, jadilah seorang contoh.