Menjalankan program internship di CNNIndonesia.com merupakan salah satu momen penting yang pernah saya alami dalam hidup. Pasalnya, saya dapat belajar banyak hal mengenai pekerjaan dan meniti karier di bidang media, khususnya media daring yang di zaman serba digital ini kerap menjadi andalan masyarakat untuk mencari informasi terkini.

Mulai menjadi ‘anak magang’ dari akhir Juli dan selesai pada akhir Desember tahun 2019, genap lima bulan saya mengikuti internship. Program internship ini pun merupakan salah satu bagian dari Enrichment Program BINUS di mana mahasiswa akan dibekali pengalaman, pengetahuan baru, serta mengasah soft skills dalam dunia kerja profesional agar kelak siap saat ‘bertarung’ langsung di dunia kerja.

Selama magang di CNNIndonesia.com, saya bekerja sebagai SEO Copywriter yang masuk ke dalam Divisi SEO Copywriter, Research dan Timeless. Pekerjaan yang saya lakukan sehari-hari adalah menulis artikel fitur atau soft news melalui kata kunci (keyword) yang sesuai dengan artikel tertentu yang telah terbit terlebih dulu di portal berita CNNIndonesia.com.

Kata kunci atau keyword yang ditentukan sebagai acuan penulisan artikel di portal atau forum daring di luar CNNIndonesia.com diseleksi melalui laman Google Keyword Planner yang merupakan bagian dari Google Ads.

Artikel yang telah rampung kemudian akan melalui proses distribusi atau penyebaran konten ke portal-portal serta forum daring lainnya seperti pada Kaskus, Hipwee, Kompasiana, dengan mengimbuhkan backlinks pada kata kunci yang langsung menuju artikel asli di laman CNNIndonesia.com.

Metode backlinks tersebut merupakan upaya dari optimasi off-page web CNNIndonesia.com agar CNNIndonesia.com memiliki web rank serta jumlah traffic pengunjung yang kuat pada mesin pencari, seperti pada laman pertama di Google. Tak hanya itu, melakukan optimasi laman web dengan off-page ini pun mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kehadiran CNNIndonesia.com sebagai penyedia berita yang dibutuhkan masyarakat luas.

Di samping itu, saya juga kerap membantu kanal lain seperti dalam menulis artikel berita untuk laman CNNIndonesia.com serta melakukan transkrip audio wawancara dalam kanal teknologi, gaya hidup, serta hiburan.

Sebagai intern di CNNIndonesia.com, saya juga rutin melakukan evaluasi kinerja bulanan. Pada saat evaluasi, para intern diberi kesempatan untuk ‘curhat’ seputar masalah serta kemajuan pekerjaan yang dilakukan. Menjadi intern tentu memiliki banyak hal yang hendak dipelajari, dengan ini saya selalu melakukan konsultasi dan pemecahan masalah kepada supervisor di tim SEO Copywriter. Saya juga tak pernah malu untuk terus bertanya hal-hal yang sekiranya saya kurang paham seputar pekerjaan. Saya merasa sangat bersyukur karena tim SEO Copywriter dan karyawan dari kanal lain juga selalu berbaik hati dan terbuka kepada para intern. Hal ini tentu membuat saya beserta intern lainnya merasa nyaman dan antusias untuk selalu belajar seputar dunia media massa dalam lingkungan CNNIndonesia.com.

By: Hardlen Crisabel 2001575164